GAMBARAN KEPEDULIAN ORANG TUA PADA ANAK PENYANDANG RETARDASI MENTAL
Abstract
ABSTRACT
This study aims to provide a specific and in-depth overview of the conditions or obstacles experienced by individuals with mental retardation as well as forms of caring and the role of parents in the development of children's intelligence. This research was conducted at the end of March to April 2020 using a qualitative approach with the type of case study and the subjects in this study were 2 people. The instrument used to obtain data was the interview method, filling out the Checklist for Problems (DCM), and direct observation. The results of this study explain that subjects who bear mental retardation have the highest problems in the social field and school curriculum adjustments, and the role and care of parents who are devoted to the maximum can help clients to overcome these obstacles and live their daily lives.
Keywords: parental role, mental retardation
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara spesifik dan mendalam mengenai kondisi atau hambatan-hambatan yang dialami individu penyandang retardasi mental serta bentuk kepedulian dan peran orang tua pada pengembangan intelegensi anak. Penelitian ini dilaksanakan akhir Maret hingga April 2020 dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus (cause study) dan subjek pada penelitian ini berjumlah 2 orang. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah metode wawancara, pengisian Daftar Cek Masalah (DCM), serta pengamatan langsung. Hasil pada penelitian ini menjelaskan bahwa subjek yang menyandang retardasi mental memiliki permasalahan tertinggi pada bidang sosial dan penyesuaian kurikulum sekolah, dan peran serta kepedulian orang tua yang dicurahkan secara maksimal mampu membantu subjek untuk mengatasi hambatan tersebut serta menjalani kehidupan sehari-harinya.
Kata kunci: peran orang tua, retardasi mental
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Kemenkes RI. (2014). Penyandang disabilitas anak. Infodatin: pusat informasi kementrian kesehatan RI, Diakses dari http://www.kemkes.go.id/resources/ download/pusdatin/infodatin/infoda tin_disabilitas.pdf.
Khoiri, H. (2012). Penerimaan orang tua terhadap anak retardasi mental ditinjau dari kelas sosial. Developmental and Clinical Psychology. Vol. 1, No. 1. h. 9-14.
Kusumaningrum, R.A. (2014). Gambaran orang tua yang memiliki anak retardasi mental dengan perkembangan sosial baik dan buruk di SLB-BC Mitra Amanda Banyudono Boyolali. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Pratiwi, I.C., Handayani O.W.K., dan Raharjo B.B. (2017). Kemampuan kognitif anak retardasi mental berdasarkan status gizi. Public Health Perspective Journal. Vol. 2 No. 1. h. 19-25.
Rahmadayanti, Atmaja N.S., Udiyani B.P., dan Ritna. (2020). Studi fenomenologi pengalaman orang tua dalam memandirikan anak usia (0-18 tahun) dengan retardasi mental sedang Di SLB Negeri Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu 2019. Jurnal Keperawatan Suaka Insan, Vol. 5 Edisi I, Juni.
Rinaldi, Rizky M. dan Retnowati S. (2018). Program “Mindful Parenting” untuk meningkatkan kesejahteraan subjektif ibu yang memiliki anak retardasi mental. Gadjah Mada Journal Of Professional Psychology, Vol. 2, No. 2: h. 100-115.
Utami, Y.R. (2009). Penyesuaian diri dan pola asuh orang tua yang memiliki anak retardasi mental. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta
Zuchdi, D., & Afifah, W. (2019). Analisis konten etnografi & grounded theory dan hermeneutika dalam penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jiva.v1i1.1172
Article Metrics
Abstract view : 591 timesPDF - 932 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIVA: Journal of Behaviour and Mental Health
Program Studi Psikologi Islam
Institut Agama Islam Negeri Manado
Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.
All publication by Jurnal JIVA' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.