THE PERCEPTION OF CONSUMERS ON MUSLIM FASHION BRAND IN INDONESIA

Bintang Ika Purwanti, Hendri Hermawan Adinugraha

Abstract


Muslim clothing is the way Muslim women wear their clothes according to Islamic law, namely clothing that is not tight (shaping the curves of the body) and the user of the clothing is a Muslim woman who is obedient to the teachings of her religion in dress procedures. Currently, Muslim clothing is a concern among the clothing industry in Indonesia. In its development, the brand of Muslim clothing has also become one of the consumer's assessments or perceptions of a product. A good brand is one of the assets for the company because the brand has an impact on every consumer perception, where the public will have a positive impression of the product and the company. The purpose of this study is to describe how Indonesian consumers perceive Muslim fashion brands. The type of research used is qualitative research using library research methods. Sources of data used in this study are primary and secondary data sources. While the data analysis technique used in this research is content analysis. The results of this study indicate that brands are extrinsic stimuli that affect consumer perceptions of a product.


Keywords


Clothing; Muslim; Brand; Perception; Fashion; Consumer; Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Abdillah, R. D. Y. S. Y. (2015). Pengaruh Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Konsumen Produk Busana Muslim Dian Pelangi Di Malaysia). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 21(1), 85795.

Ain, N., & Ratnasari, R. T. (2015). Pengaruh Citra Merek Melalui Sikap Konsumen Terhadap Niat Beli Ulang Pada Produk Busana Muslim Zoya di Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 2(7), 553. https://doi.org/10.20473/vol2iss20157pp553-569

Alatas, M. Y. (2018). Sikap Dan Persepsi Konsumen Terhadap Merek Jilbab Syafirah Muslimah Di Tangerang Selatan: Pendekatan Semantic Differential. Indonesia Journal Of Economics Application, 1(1).

Amir, T. (2005). Dinamika Pemasaran Jelajahi dan Rasakan. PT Raja Grafindo Persada.

Diga Paragus Putra. (2014). Persepsi Konsumen Terhadap Produk-Produk Lokal yang Menggunakan Merek Asing. Manajemen.

Faried, A. I. (2019). Implementasi Model Pengembangan Industri Halal Fashion Di Indonesia. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 4(2), 9–19.

Firmansyah. (2008). Marketing Politik-Antara Pemahaman dan Realitas. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Hasan, I. (2008). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayah, N. (2020). Pengaruh Harga, Gaya Hidup, Religiusitas, Dan Norma Subyektif Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Muslim (Studi Kasus Pada Konsumen Refa’z Hijab). IAIN Pekalongan.

Ikrima, A., & Wibowo, L. A. (2015). Analisis Kinerja Citra Merek dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Merek (Survei pada Member Busana Muslim Shafira di Kota Bandung). Jurnal Ilmu Manajemen & Bisnis, 6(2), 5–8.

Imancezar, R. G. (2011). Analisis Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Konsumen, Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Distro Districtsides di Semarang). Universitas Diponegoro Semarang.

Ismail, M. (2013). Strategi Pemasaran Untuk Membangun Citra dan Loyalitas Merek. Bogor: IPB.

Khairawati, S. (2017). Perusahaan Produsen Kerudung Rabbani Di Wilayah Yogyakarta. Jurnal Administrasi Bisnis, 62(1).

Kussudyarsana, K. (2016). Persepsi Konsumen atas Merek Lokal dan Asing Pada Kategori Produk Hedonik dan Utilitarian. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 48. https://doi.org/10.23917/benefit.v1i1.2365

Pawirosumarto, S. (2016). Ubud dan Ubud 333 - 348 MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, Volume VI, No. 3, Okt 2016. Ilmiah Manajemen, VI(3), 333–348.

Permana, S. M., & Oktavian, H. J. (2014). Country of origin, brand image. Jurnal Manajemen, 28(03), 365–380.

Pitaloka, A. F. dan N. W. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Penjualan Online Shop Busana Muslim. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 4(7).

Putri, A. Z., & Permatasari, I. R. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Moslem Fashion di Elzatta Kawi Malang. J A B Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(1), 225–229.

Rangkuti, F. (2002). The Power od Brands: Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek Plus Analisis Kasus dengan SPSS. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Riyanti, S. (2017). Kesan Kualitas Dan Loyalitas Merek Terhadap Keputusan Konsumen Membeli produk Zoya. Jurnal Syariah P-ISSN 242-4420 e-ISSN 2528-6935, 3(2).

Safitri, A. W. (2017). Peran Perusahaan Zoya Terhadap Tingkat Loyalitas Pelanggan Busana Muslim Di Bandar Lampung. IAIN Raden Intan Lampung.

Sari, D. N., Fauzi DH, A., & Devita, L. D. R. (2018). Pengaruh trend fashion terhadap keputusan pembelian (survei pada konsumen wanita butik Ria Miranda cabang Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 60(1), 82–89.

Sari, M., & Asmendri. (2018). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 15.

Setianingsih, R. (2019). Pengembangan Produk Melalui Konsep Halal Fashion. IAIN Pekalongan.

Setyana, A. (2015). Pengaruh Brand Image Toko Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Toko Busana Muslim Karita Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah). IAIN Purwokerto.

Simamora, B. (2008). Pnduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Subakti, A. G., Tenironama, D., & Yuniarso, A. (2018). Analisis Persepsi Konsumen. THE Journal : Tourism and Hospitality Essentials Journal, 8(1), 31. https://doi.org/10.17509/thej.v8i1.11687

Sugiarti, A. (2016). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Member Membeli Busana Muslim di Toko Rabbani Asysa Bengkulu.

Suheri, S. (2018). Persepsi Masyarakat Terhadap Pemakai Pakaian Gamis (Studi Deskriptif Tentang Persepsi Masyarakat Lingkungan XV dan VIII Kelurahan Mabar Kecamatan Medan Deli Terhadap Pengguna Pakaian Gamis). Persepsi : Communication Journal, 1(1), 45–54. https://doi.org/10.30596/persepsi.v1i1.2505

Supranto. (2007). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Suryosubroto. (2003). Manajemen Pendidikan Sekolah. Jakarta: PN Rineka Cipta.

Susanty, A., & Adisaputra, N. B. (2011). Pengaruh Brand Image Speedy Telkom. J@Tip Undip, VI(3), 147–154.

Yuliana, H. (2019). Persepsi Terhadap Busana Muslim Syar’i Pada Masyarakat Desa Pagar Agung Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu. IAIN Bengkulu.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/tjebi.v6i2.1673

Article Metrics

Abstract view : 2523 times
PDF - 963 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tasharruf: Journal Economics and Business of Islam

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Tasharruf: Journal Economics and Business of Islam is indexed by:

JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen
       



       

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

________________________________________________________
Tasharruf: Journal Economics and Bussiness of Islam is published by Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado

Jl. Dr. S. H. Sarundajang Kawasan Ring Road I Malendeng Manado, Sulawesi Utara, Indonesia 95128
Email: [email protected]

ISSN Print: 2528-0317 ISSN Online: 2528-0325

 

barbartoto

slot gacor

slot toto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

toto slot

toto slot

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

toto slot

toto slot

barbartoto

barbartoto

Strategy Mahjong Ways 2 Membangun Wild Confidence untuk Menemukan Versi Terbaik Diri Sendiri di Tahun 2025

Putaran Gratis Mahjong Ways 2 Masuk Tren Media Sosial Jadi Simbol Kebebasan Baru di Dunia Virtual

Strategy Mahjong Ways 2 dan Budaya Fokus di Tengah Era Multitasking yang Melelahkan

Strategy Mahjong Ways 2 Diperbincangkan di Forum Digital sebagai Metafora Hidup yang Tak Bisa Ditebak

Mahjong Ways 3 dan Wild Harmony di Tengah Kehidupan Urban yang Penuh Tantangan dan Inspirasi

Strategy Mahjong Ways 2 dan Semangat Hidup Minimalis yang Mulai Mendominasi Tren Perkotaan

Mahjong Ways 3 Menyusup ke Dunia Mode dari Warna, Pola, hingga Filosofi Desain Modern

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

toto 4d

toto 4d

toto 4d

toto slot

slot toto

slot thailand

toto slot

toto slot

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

slot777

slot88

toto slot

slot 4d

slot 4d

idn slot

slot777

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

cara main mahjong ways 2 bikin menang besar

strategi menang jitu di mahjong ways 2

rahasia jackpot di game mahjong ways 2

trik jitu raih kemenangan besar di starlight princess

starlight princess cara jitu dapatkan kemenangan besar strategi licik

strategi menang besar gates of olympus hanya dalam 15 menit

analisis mendalam mahjong wins 5 putaran naga

strategi mahjong wins 5 barbartoto anti bangkrut

jurus ampuh menang besar mahjong wins 3 ritme cepat

bongkar kode manis sweet bonanza barbartoto kunci scatter

mendapatkan scatter hitam di mahjong wins dan raih maxwin rp99626626

permainan pragmatic play maxwin miliaran

situs slot mahjong ways 2 viral indonesia

hujan maxwin orionid permainan slot mahjong wins

sensasi perjalanan menuju permainan pragmatic play untuk membuahi maxwin miliaran di indonesia menjadi memanas

jadi bahan perbincangan situs slot mahjong ways 2 menjadi viral di populasi indonesia saat ini

hujan maxwin orionid 21 oktober 2025 memberikan kesempatan permainan slot mahjong wins berkembang pesat di indonesia

pola serangan coach shin tae yong yang bisa memecahkan slot mahjong ways 2 di barbartoto terungkap

berita perselingkuhan aris seleb jule geger karena kedapatan bermain slot mahjong ways 2 secara diam diam

dari hobi iseng ke perjalanan spiritual rahasia mahjong ways 2 yang menyentuh banyak hati

fenomena mahjong ways 3 ketika hiburan digital jadi sumber inspirasi dan healing di tengah kesibukan modern

inspirasi tak terduga dari mahjong ways 2 bagaimana game ini mendorong mindfulness di era digital

mahjong ways 3 dan fenomena healing culture dari tekanan hidup ke rasa syukur lewat setiap putaran

mahjong ways 3 dan gaya hidup digital nomad kisah inspiratif di balik kebebasan finansial generasi z

mahjong ways 3 viral lagi warga net ceritakan wild moment saat putaran gratis bikin hidup berubah

putaran gratis mahjong ways 2 jadi tren baru di dunia kreatif menginspirasi seniman muda lokal

strategy mahjong ways 2 yang disukai generasi milenial antara fokus kreativitas dan makna kemenangan

strategy mahjong ways 2 yang mengubah rutinitas malam jadi momen refleksi dan produktivitas tak terduga

wild feeling mahjong ways 3 saat game jadi metafora kehidupan tentang kesabaran dan keberanian

refleksi diri dari wild mahjong ways dan perubahan rtp live

pola wild mahjong ways beri pelajaran hidup yang tak diajar di sekolah

volatilitas tinggi mahjong wins 3 vs kemenangan konsisten mahjong ways

fenomena digital strategi wild mahjong ways dan rtp live

waktu terbaik analisis pola wild mahjong ways dan rtp live

wild mahjong ways dan rtp live simpan filosofi tentang kesabaran

mahjong ways dan pola wild punya nilai logika menarik

pelajaran fokus dari kombinasi mahjong ways dan rtp live

pola wild mahjong ways cermin fokus dan kesempatan dalam hidup

mahasiswa temukan pola fokus dari strategi wild mahjong ways

wild mahjong ways dan rtp live cermin menghadapi tekanan hidup

strategi wild mahjong ways dan rtp live tentang kesabaran dan konsistensi

makna psikologis pola wild mahjong ways dalam kehidupan sehari hari

pelajaran hidup dari wild mahjong ways dan rtp live tentang kesempatan

refleksi diri dari wild mahjong ways dan perubahan rtp live

komunitas digital bahas wild mahjong ways dan dinamika rtp live

rahasia stabilnya rtp live dan pola wild mahjong ways

wild spirit mahjong ways 3 saat hiburan menjadi pengingat tentang harapan dan ketekunan

fenomena mahjong ways 3 di dunia nyata saat game jadi cerminan ambisi kesabaran dan keberanian

kisah tak terduga di balik putaran gratis mahjong ways 2 yang jadi viral di media sosial

mahjong ways 3 bukan sekadar hiburan tapi cerminan pola pikir positif dan spirit kompetitif anak muda

mahjong ways 3 dan gaya hidup digital era sekarang antara keseimbangan diri dan sensasi visual yang memukau

mahjong ways 3 jadi sorotan lagi cerita menegangkan di balik wild spin yang bikin emosi naik turun

mahjong ways 3 kembali viral cerita pemain yang mengaku dapat insight kehidupan dari setiap wild harmony nya

putaran gratis mahjong ways 2 bikin heboh komunitas online netizen ceritakan momen ajaib mereka sendiri

putaran gratis mahjong ways 2 bikin heboh lagi pemain ceritakan momen damai setelah kemenangan tak disangka

putaran gratis mahjong ways 3 disebut bawa energi positif netizen rasanya seperti dapat keajaiban kecil

rahasia di balik mahjong ways 3 yang jadi inspirasi kreator konten dari musik lofi sampai short video viral

rahasia strategy mahjong ways 2 yang bikin banyak orang penasaran apa yang membuatnya begitu spesial

strategy mahjong ways 2 bagaimana satu putaran gratis bisa mengubah hari biasa jadi luar biasa

strategy mahjong ways 2 bikin banyak orang tercengang ternyata kemenangan bukan soal keberuntungan semata

strategy mahjong ways 2 dan fenomena digital escape saat game jadi tempat menemukan diri sendiri

strategy mahjong ways 2 jadi bahan perbincangan setelah disebut mirip filosofi hidup zen modern

strategy mahjong ways 2 yang menginspirasi gaya hidup baru fokus disiplin dan sentuhan keberuntungan

wild energy mahjong ways 3 tren baru di kalangan anak muda yang suka tantangan dan adrenalin

wild journey mahjong ways 3 bagaimana satu game bisa mengajarkan arti sabar timing dan intuisi hidup

wild sensation mahjong ways 2 mengapa banyak orang merasa game ini membuat mereka lebih tenang dan fokus

cara pemain mahjong ways baca pola wild dan rtp live

filosofi wild mahjong ways ubah cara pandang hidup

hubungan pola wild mahjong ways dan akurasi rtp live

komunitas digital bahas wild mahjong ways dan dinamika rtp live

konsep wild mahjong ways cermin hadapi peluang dan risiko

makna tersembunyi pola wild mahjong ways dan dinamika rtp live

pekerja kantoran terinspirasi pola wild mahjong ways atur waktu

pemain mahjong ways gunakan pola wild hadapi rtp live

rahasia stabilnya rtp live dan pola wild mahjong ways

pola wild mahjong ways inspirasi berpikir tenang dalam hidup

rahasia sabar dan berani pemain mahjong ways jadi inspirasi hidup

inspirasi kehidupan dari wild mahjong ways dan rtp live

anak muda belajar disiplin dari filosofi mahjong ways dan pola wild

bocoran setting betting mahjong wins 2

emas saat rtp mahjong 96 persen mengantarkan maxwin rp 77474747

karawang mendapatkan maxwin mahjong rp86636636 setelah rtp live 95 persen

fitur metropolitan wild mahjong wins 3

mahjong wins 3 dan bonus scatter x50 memberikan rp 85858585

cara mindful playing mahjong ways anti kalah streak

cara unik baca pola bunga mahjong ways

raih cuan rp81118811 ketika scatter x100 muncul tanpa bonus tambahan

roti pekalongan menemukan pola mahjong sederhana yang berbuah maxwin rp98989989

slot777

slot 4d

toto 4d

idn slot

slot 4d

idn slot

barbartoto

slot777

idn slot

analisis mendalam mahjong wins 5 putaran naga

bongkar kode manis sweet bonanza kunci scatter kritis

cara main mahjong ways 2 bikin ketagihan dan menang besar

jurus ampuh menang besar mahjong wins 3 dengan taktik cluster winsritme cepat

rahasia jackpot di game mahjong ways 2 bongkar pola waktu dan kunci

starlight princess cara jitu dapatkan kemenangan besar strategi licik

strategi mahjong wins 5 barbartoto anti bangkrut konsisten jangka panjang

strategi menang besar gates of olympus hanya dalam 15 menit

strategi menang jitu di mahjong ways 2 bongkar taktik terbaik untuk kemenangan

trik jitu raih kemenangan besar di starlight princess bongkar strategi pembeli