THE URGENCY OF HALAL LABELS IN COSMETICS AGAINST MUSLIM CONSUMER PREFERENCES IN PEKALONGAN

Amira Nurkhasani, Hendri Hermawan Adi Nugraha

Abstract

Abstrak: Penelitian ini memfokuskan pada orientasi tindakan dari konsumen Muslimah di Pekalongan terhadap pemilihan kosmetik berlabel halal. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Adapun hasil temuan dari penelitian ini adalah konsumen muslimah di Pekalongan menyadari nilai-nilai keagamaan salah satunya sebagai bentuk syariat islam dan memaknai kosmetik berlabel halal sebagai kosmetik yang aman untuk kulit karena tidak menimbulkan iritasi, mereka selektif dalam memilih kosmetik dikarenakan kulitnya sensitive. Label halal yang ditemukan pada produk kosmetik label halal menjadi sebuah representasi simbolik Islam. Proses internalisasi dengan adanya faktor pengaruh dari lingkungan (teman-teman informan) yang menggunakan produk kosmetik berlabel halal sehingga mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk kosmetik berlabel halal. Setelah adanya persepsi tersebut maka timbullah keyakinan dan sikap masyarakat dengan adanya label halal, dan pada akhirnya keyakinan dan sikap tersebut mempengaruhi pembelian masyarakat.

Abstract: The Urgency of Halal Labels in Cosmetics Against  Muslim  Consumer Preferences in Pekalongan. This study focuses on the orientation of the actions of Muslim cusumers in the Pekalongan towards the selection of cosmetics labeled halal. The method in this study is to use a qualitative method with a phenomenological approach. The findings of this study are Muslim consumers in Pekalongan are aware of religious values, one of which is a form of Islamic law and interpret cosmetics labeled halal as cosmetics that are safe for the skin because they do not cause irritation, they are selective in choosing cosmetics because their skin is sensitive. Halal labels found on cosmetic products with halal labels become a symbolic representation of Islam. The internalization process with the influence of environmental factors (friends of informants) who use cosmetic products labeled halal so that it affects consumer decisions to buy cosmetic products labeled halal. After this perception, people's beliefs and attitudes arise with the existence of a halal label, and in the end these beliefs and attitudes affect people's purchases.


Full Text:

PDF

References

Aprizawarman, Eko. Perilaku Konsumen Muslim Terhadap Label Halal Pada Produk Pangan Di Kota Padang, Universitas Andalas, 2014.

Asriah, Dewi, Pengaruh Pencantuman Label Halal terhadap Perilaku Pembelian Produk di Masyarakat, (Skripsi Program Ekonomi Islam IAIN Raden Intan Lampung, Lampung), 2013.

Berger, Peter L. dan Thomas Luckman, Tafsir Sosial atas Kenyataan, Jakarta: LP3ES, 1990.

Berger, Peter L., Teori Konstruksi.

Borzooei dan Asgari, The Halal Brand Personality and It’s Effect on Purchase Intention. Jurnal Malaysia Vol 5. No 3, (Malaysia: Universiti Teknologi MARA), 2013.

https://bps.go.id , web diakses pada 2 Maret 2022

Iranita, Pengaruh Labelisasi Halal Produk Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji, 2013.

Larasati, A., Ikhwan Hamdani, dan Santi Lisnawati. Pengaruh Label Halal Terhadap Produk Kecantikan, (Al Maal : Journal of Islamic Economics and Banking. Vol. 1, No.1), 2019.

Rafita, Helsy Z., Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik. (Skripsi Program Ekonomi Syariah UIN Raden Intan, Lampung), 2017.

Tjiptono, Fandy, Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi Offset, 2001.

Utami, Wahyu B, Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Membeli, (Skripsi Program Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta), 2013.

UU No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.

Wawancara Pribadi dengan Saudari WL dan IS, Pekalongan, 12 Maret 2022

Wawancara Pribadi dengan Saudari AN, IM dan HM, Pekalongan, 12 Maret 2022

Wawancara Pribadi dengan Saudari AR, NN dan NH, Pekalongan, 12 Maret 2022

Weber,Max, Die Protestantische Ethik and the Spirit of Capitalism.

Widodo, Tri, Pengaruh Labelisasi Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Indomie (Studi Kasus Mahasiswa universitas Muhammadiyah Surakarta), 2015.

Yasinta, Pengaruh Label Halal Terhadap Minat Beli Kosmetik Perawatan dan Riasan Pada Mahasiswi Prodi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang, 2015.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.