HUKUM MEMAKAI CADAR MENURUT IMAM MAZHAB

Rahmawaty Rahmawaty

Abstract

Bercadar merupakan isu yang relevan dalam Islam, dan pandangan tentang praktik ini bervariasi di antara empat mazhab utama dalam Islam, yaitu Mazhab Syafi'i, Mazhab Hanbali, Mazhab Maliki, dan Mazhab Hanafi. Pandangan mazhab-mazhab ini memiliki pengaruh besar dalam menentukan praktik bercadar wanita Muslim di berbagai komunitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan memahami pandangan empat mazhab utama Islam, Mazhab Syafi'i, Mazhab Hanbali, Mazhab Maliki, dan Mazhab Hanafi, tentang hukum bercadar bagi wanita Muslim. Tujuan khususnya adalah untuk membandingkan dan kontrastkan pandangan mereka, serta mengidentifikasi faktor-faktor budaya dan sejarah yang memengaruhi pandangan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Data diperoleh dari berbagai sumber teks hukum Islam, seperti Al-Quran dan hadis-hadis Nabi Muhammad, serta literatur yang memaparkan pandangan empat mazhab tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mazhab Syafi'i dan Mazhab Hanbali menganggap bercadar sebagai kewajiban (fard) bagi wanita Muslim, dengan dasar interpretasi teks-teks hukum Islam yang mengikat. Sementara itu, Mazhab Maliki dan Mazhab Hanafi memandang bercadar sebagai sunnah (perbuatan yang dianjurkan), memberikan fleksibilitas lebih besar dalam praktik bercadar. Faktor-faktor budaya dan sejarah di wilayah masing-masing mazhab juga mempengaruhi pandangan mereka tentang bercadar.

Full Text:

PDF

References

Amiruddin, & Hafid. (2022). Cadar Perempuan Madura; Konstruksi Makna dan Motif Penggunaan Cadar bagi Perempuan Madura. Al-Manhaj: Journal of Indonesian Islamic Family Law, 4(2), 190–209. https://doi.org/10.19105/al-manhaj.v4i2.7317

Hakim, A. (2020). Cadar dan Radikalisme Tinjauan Konsep Islam Radikal Yusuf Qardhawi. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 13(1), 103–116. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/ijtimaiyya/article/view/5808/3724

Ilham, L. (2021). Fenomena Dan Identitas Cadar: Memahami Cadar dalam Kajian Sejarah, Al-Qur’an, Hadis, dan Ijma’. MISYKAT Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadist Syari Ah Dan Tarbiyah, 6(2), 157. https://doi.org/10.33511/misykat.v6n2.157-182

Masruri, A., & Tangernag, S. A. K. (2021). PANDANGAN ULAMA KLASIK DAN KONTEMPORER TENTANG JILBAB | Masruri | Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam. Andragogi, 3(3), 431–447. https://jurnalptiq.com/index.php/andragogi/article/view/238/159

Mubakkirah, F. (2020). MENYOROT FENOMENA CADAR DI INDONESIA Fadhliah Mubakkirah. MUSAWA, 12(1), 30–48.

Narsum, A. J., Rifai, M., Saputri, I., Ni’matuz, Zuhra, & Nurdin. (2022). Perdebatan Seputar Isu Jilbab dalam Kitab Tafsir al-Misbah. Gunung Djati Conference Series, 9, 24–33.

Nasir, M. (2019). Sudut Pandang Feminis Muslim tentang Menutup Aurat Muslim Feminist Viewpoint about Closing the Aurat. Jurnal Al-Qadau, 6(1), 1–14.

Purkon, A. (2023). Batasan Aurat Perempuan Dalam Fikih Klasik Dan Kontemporer. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(3), 1046–1061.

Risti, A. N., Hadisiwi, P., & Prihandini, P. (2022). Pengalaman komunikasi mahasiswi bercadar dalam menghadapi stigma masyarakat. Jurnal Manajemen Komunikasi, 6(2), 221. https://doi.org/10.24198/jmk.v6i2.32106

Sari, R. P. (2023). Cadar dalam konteks kekinian perspektif filsafat hukum islam. Borneo: Journal of Islamic Studies, 4(1), 10–21.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Susanti, S., & Fahyuni, E. F. (2021). Konsep Jilbab Dalam Prespektif Al-Qur’an. Tadrib, 7(1), 124–138. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/6285

Syihab, M., & Faruqi, A. (2022). PEMAHAMAN CADAR, HIJAB, DAN BURQA DALAM PERSPEKTIF ISLAM. JIQTA: Jurnal Ilmu Al- Qur’an Dan Tafsir, 2(1), 72–84.

Wirastho, E., & An-Nabilah, A. (2021). IMPLEMENTASI JILBAB DALAM AL-QUR’AN SURAT AL-AHZAB AYAT 59 (Studi Kompara f Kitab Tafsir Fi Zhilalil Qur’an dan Kitab Tafsir al-Misbah). Al-Karima, 5(1), 15–24.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.