Pengembangan Religiusitas di Taman Pendidikan Al-Quran

Syarifuddin Mahfudh, Prasetio Rumondor

Abstract

Abstrak: Pengembangan religiusitas pada anak usia dini sangatlah penting untuk penanaman sadar agama sejak dini. Pada zaman globalisasi ini, anak sangat mudah dimasuki pengaruh-pengaruh negatif dari berbagai sumber seperti tontonan televisi yang kurang mendidik, sosial media, dan lingkungan yang sangat mempengaruhi religiusitas anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pengembangan religiusitas anak di Taman Pendidikan al-Qur’an Fathul ‘Ulum di Grojogan Wirokerten Banguntapan Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian berupa upaya pengembangan religiusitas dan tingkat keberhasilan dalam pengembanganya. Tehnik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya pengembangan religiusitas pada anak usia dini yaitu dengan menanamkan pengetahuan agama, nilai akhlak pada kegiatan TPA, menanamkan sadar agama dalam keseharian, yaitu memberikan punishment dengan unsur religiusitas, pengetahuan agama untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, dengan membiasakan sejak dini bagaimana cara menjadi Muslim yang taat sehingga menjadi modal yang optimal untuk pengembangan pendidikan selanjutnya.

 

Abstract: The development of religiosity in early childhood is essential for cultivating religious awareness from an early age. In this era of globalization, it is straightforward for children to be accessed by negative influences from various sources such as uneducated television shows, social media, and the environment, which significantly affects early childhood religiosity. This study aims to determine efforts to develop children's religiosity in the Fathul 'Ulum Al-Qur'an Education Park in Grojogan Wirokerten Banguntapan Bantul. This research uses a qualitative approach. The study object is in the form of efforts to develop religiosity and the level of success in its development data collection techniques using observation, interview, and documentation methods. The results of this study indicate that efforts to develop religiosity in early childhood are by instilling religious knowledge, moral values in TPA activities, instilling an awareness of religion in everyday life, namely giving punishment with elements of religiosity, spiritual knowledge to be applied in everyday life, by getting used to it since early on how to become a devout Muslim so that it becomes optimal capital for further educational development.

 

Kata Kunci:   Pengembangan Religiusitas, Pendidikan Agama Islam Taman Pendidikan Al-Qu’ran (TPA)

Full Text:

PDF

References

Daftar Pustaka

Aam, Masduki., dkk. Kesenian Tradisional Provinsi Banten. Bandung: BPNB Jabar, 2005.

Aslamiyah, Siti Suwaibatul, dan Aidatul Fitriyah. “Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Religiusitas Peserta Didik.” Akademika XII, no. 2 (3 Desember 2018).

Asmani, Jamal Ma’mur. Manajemen Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakrata: Diva Press, 2009.

Budianto, H. M.., dkk, Panduan Praktis Pengelolaan (TKA-TPA-TQA). Yogyakarta: Lembaga Dakwah & Pendiddikan Al-Qur’an, 2006.

Darajat, Zakia. dkk., Metode Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.

Hardiyanti, Puput Tri, dan Nanang Nuryanta. “Pengaruh Religiusitas Lingkungan Sekolah Terhadap Konsep Diri Siswa-Siswi Di MAN Pakem Sleman.” Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam XIII, no. 2 (2016).

Jasuri. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Usia Dini.” Madaniyah V, no. 1 (31 Januari 2015).

Maimun, Agus & Fitri, Agus Zainal. Madrasah Unggulan Lembaga Pendidkan Alternatif di Era Kompetitif. Malang: UIN-MALIKI PRESS, 2010.

Mansyur. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Mas’udi, Masdar F. Pergulatan Pesantren. Jakarta: P3M, t.th.

Rahmat, Jalaluddin. Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada, 2002.

Rahmawati, Heny Kristiana. “Kegiatan Religiusitas Masyarkat Marginal di Argopuro.” Community Development: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam I, no. 2 (Desember 2016).

Risaldy, Sabil, dan Meity. Panduan Mengatasi Permasalahan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Luxima Metro Media, 2014.

Rhohmah, Laelatul. “Pengembangan Religiusitas Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Studi Kasus Di SMP N 20 Semarang.” Conference on Islamic Studies FAI 2019 I, no. 1 (16 Februari 2020).

Rumondor, Prasetio, dan Rohit Manese. “Eksistensi Masjid Di Perkotaan dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam.” Dalam The development of Islamic Thought on Multiple Perspectives. Pemekasan: Al-Khairaat Press, 2020.

Rumondor, Prasetio, dan Ridwan Nur Sineke. “Pola Interaksi Guru PAI Dengan Siswa Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Di SMA Negeri 1 Belang.” AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam) II, no. 2 (3 September 2020).

Safriadi, Safriadi, Ismail Darimi, dan Irman Siswanto. “Strategi Pembinaan Religiusitas Anak dalam Keluarga.” Takammul : Jurnal Studi Gender dan Islam Serta Perlindungan Anak IV, no. 2 (31 Desember 2015).

Shata, Nuzhatul Imani, dan Ni Made Ari Wilani. “Pengaruh Religiusitas Terhadap Kecerdasan Emosi Pada Siswa Perempuan SMA Muhammadyah 1 Denpasar.” Jurnal Psikologi Udayana Edisi Khusus (27 Februari 2019).

Siradj, Sa’id Aqiel., dkk. Pesantren Masa Depan. Cirebon: Pustaka Hidayah, 2004.

Windiharta, Bima Suka. “Pendampingan Orang Tua Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religiusitas Pada Anak Didik Di Desa Tambi Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah.” Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah II, no. 1 (2018).

Wulandari, Retno, Burhannudin Ichsan, dan Yusuf Alam Romadhon. “Perbedaan Perkembangan Sosial Anak Usia 3-6 Tahun dengan Pendidikan Usia Dini dan Tanpa Pendidikan Usia Dini Di Kecamatan Peterongan Jombang.” Biomedika VIII, no. 1 (Februari 2016)

Yusuf, M. Jamil. “METODE IQRA’: Kajian Inovasi Pembelajaran Al-Qur’an.” JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling III, no. 2 (3 Juli 2017).

Wawancara Pribadi dengan Giyanti Witaningsih. Bantul, 30 Mei 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.