Penerapan Evaluasi Ranah Afektif Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kotamobagu
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan, problematika, dan solusi evaluasi ranah afektif siswa pada pembelajaran berbasis kurikulum 2013 di MTs Negeri 2 Kotamobagu. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumen. Hasil penelitian yaitu: 1) Implementasi evaluasi ranah afektif di MTs Negeri 2 Kotamobagu secara umum sudah dilaksanakan namun belum maksimal 2) Problematika evaluasi ranah afektif di MTs Negeri 2 Kotamobagu, guru belum memahami dengan baik tentang pengukuran ranah afektif siswa, sehingga penilaian hanya berdasarkan pengamatan di dalam kelas, tanpa ada catatan tentang sikap siswa selama pembelajaran. 3) Solusi terhadap problematika evaluasi ranah afektif siswa di MTs Negeri 2 Kotamobagu berkaitan dengan teknik evaluasi, maka kepala madrasah menginstruksikan kepada guru untuk membuat laporan evaluasi sikap. Untuk mengatasi permasalahan berkaitan dengan pelanggaran terhadap ranah afektif siswa, maka guru melakukan bimbingan terhadap siswa di MTs Negeri 2 Kotamobagu.
Abstract : Research objectives to analyze the application, problems, and solutions to evaluation domain affective on learning based Kurikuum 2013 in MTs Negeri 2 Kotamobagu. Using techniques data collection observation, interviews and documents. The results are: 1) The implantation of the evaluation affective domain in MTS Negeri 2 Kotamobagu in generalization have been implementation, but unoptimized. 2) The problems of evaluation affective domain in MTs Negeri 2 Kotamobagu is teachers understand about measuring affective domain studen, that is implementation of assessment base direct observation in the classroom, without have note a students on the learning process. 3) The Solutions of problems to evaluation affective domain students in MTs Negeri 2 Kotamobagu relating to a technique evaluation, so the head madrasah instructed the teachers to make a report evaluation of attitude. To solve the problem pertaining to a violation of domain affective students, the teacher do guidance of students in MTs Negeri 2 Kotamobagu.
Kata Kunci : Evaluasi, Ranah Kognitif, Kurikulum 2013
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Al-Qur’an Transliterasi Latin Terjemah Indonesia, Jakarta: Suara Agung, 2015
A.M. Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007
Arikunto, Suharsimi, Pengantar Evaluasi Pembelajaran Bandung, Alfabeta, 2003
Asrul, dkk, Evaluasi Pembelajaran Bandung: Citapustaka Media, 2014
Darmadji, Ahmad, “Urgensi Ranah Afektif Dalam Evaluasi Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum”,
Departemen Agama RI, Al-Qur’an Transliterasi Latin Terjemah Indonesia, Jakarta: Suara Agung, 2015
Jenkins, Peggy Joy, Memupuk dan Mengembangkan Nilai-Nilai Spritual pada Anak Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2010
Jurnal Unisia, Vol. XXXIII (74) Tahun 2014
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Untuk Sekolah Menengah Pertama Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, 2016
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Untuk Sekolah Menengah Pertama Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, 2016
Marwan bin Musa, Abu Yahya, Tafsir Al Qur'an Hidayatul Insan, Jilid 1.
Nurdin, Syafruddin dan Adriantoni, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers, 2016
Purwanto,Ngalim, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Prenada Media Group, 2006
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta, 2013
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif Bandung: Alfabeta, 2003
Sukanti, “Penilaian Afektif Dalam Pembelajaran Akuntansi, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia”, Vol. IX (1) Tahun 2011
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 1
Wawancara dengan AM Kepala MTs Negeri 2 Kotamobagu pada tanggal 3 Juli 2018
Wawancara dengan wakil kepala Madrasah Inisial DSP di MTs Negeri 2 Kotamobagu pada tanggal 5 Juli 2018
Wawancara dengan guru Inisial LU di MTs Negeri Kotamobagu, pada tanggal 9 Juli 2018
Refbacks
- There are currently no refbacks.