The Role of Islamic Education Management In Realizing Quality Educational Institutions

Muh Idris, Nasruddin Yusuf

Abstract

Abstrak : Peran Manajemen Pendidikan Islam dalam Mewujudkan Lembaga Pendidikan  yang Bermutu. Tulisan ini menganalisis peran manajemen pendidikan Islam dalam mewujudkan lembaga pendidikan yang bermutu. Manajemen Pendidikan Islam adalah suatu proses pengelolaan lembaga pendidikan secara islami dengan cara menyiasati sumber-sumber belajar dan hal-hal lain yang terkait untuk mencapai tujuan pendidikan Islam secara efektif dan efisien. Pendidikan Islam dengan berbagai jalur, jenjang, dan bentuk yang ada seperti pada jalur pendidikan formal dan jalur pendidikan non formal. Kesemuanya itu perlu pengelolaan atau manajemen yang sebaik-baiknya, sebab jika tidak, maka gambaran negatif tentang pendidikan Islam yang ada pada masyarakat akan tetap melekat dan sulit dihilangkan. Oleh karena itu manajemen pendidikan Islam punya peran penting dalam perubahan dan pembaruan lembaga pendidikan Islam yang dapat ditempuh melalui: a) restrukturisasi dan refungsionalisasi organisasi; b) sosialisasi budaya organisasi moderen; dan c) reformulasi strategi organisasi dalam mengelola perubahan dan pembaruan.

 

Abstract :  This paper analyzes the role of Islamic education management in realizing quality educational institutions. Management of Islamic Education is a process of managing Islamic educational institutions by way of dealing with learning resources and other related matters to achieve the goals of Islamic education effectively and efficiently. Islamic education with various paths, levels, and existing forms, such as formal education and non-formal education channels. All of which need management or management as well as possible. If not, then the gloomy picture of Islamic education in society will remain attached and difficult to remove. Therefore the management of Islamic education has an essential role in the change and renewal of Islamic education institutions, which can be pursued through a) organizational restructuring and functionalization; b) socialization of modern organizational culture; and c) reformulation of the organizational strategy in managing change and reform.

 

Kata Kunci: Pembaharuan Pendidikan, Manajemen, Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References

Daftar Pustaka

Bush, Tony dan Marianne Coleman, Ladership and Strategic Management in Education, T.t, t.pn, t.th

Duhou, Ibtisam Abu, School-Based Management, diterjemah Noryamin Aini, dkk, Manajemen Berbasis Sekolah, Jakarta: Logos Wacana Ilmu dan Pemikiran, 2002

Fadjar A. Malik, “Profesionalisme dan Networking: Upaya Revitalisasi Pendidikan Muhammadiyah, dalam Said Tuhuleley dan M. Afnan (Peny.), Mencari Format Baru Pengembangan Perguruan Tinggi Muhammadiyah, Jakarta: Majelis Diktilitbang PP.Muhammadiyah, 2003

-------, Holistika Pemikiran Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005

-------, Pidato (Mendiknas) ketika berkunjung ke IPB Bogor pada final pemilihan Rektor baru 2002-2007, http://www.polarhome.com/pipermail/nusantara/2002-Desember/000728. html. Tangal 09 Mei 2007

.

-------, Tinta Yang Tidak Pernah Habis, Jakarta: INTI, 2008

Hudijono, Anwar dan Anshari Thayib, Darah Guru Darah Muhammadiyah, Jakarta: Kompas, 2006

Idris, Muhammad, Manajemen Berbasis Sekolah, Jurnal Iqra’ Vol. 3. Tahun 2007

Rosyada, Dede, Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2007

Sidi, Indra Djati, Menuju Masyarakat Belajar Menggagas Paradigma Baru Pendidikan, Jakarta: Paramadina, 2001

Sutjipto, Kesaksian Seorang Rektor: Siapa Menyuruh Mahasiswa Turun Ke Jalan (Bunga Rampai Sketsa Pendidikan), Jakarta: PT Global Mahardika Netama & UNJ, 2004

Wawancara dengan A.Malik Fadjar di Sekolah Pascasarjana UIN, tanggal 14 Maret 2008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.