Manusia Dalam Perspektif Al-Quran (Suatu Tinjauan Pendidikan Islam)

Baharuddin Baharuddin

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa manusia dalam kaitannya dengan pendidikan. Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang memliki potensi untuk dapat berkembang ke arah yang positif sekaligus memiliki potensi untuk berkembang ke arah yang negatif. Demikian pula keberadaan manusia di dunia yang dilengkapi dengan dua unsur, yaitu unsur jasad dan ruh, realitas yang mendasari dan prinsip yang menyatukan apa yang kemudian dikenal sebagai manusia bukanlah perubahan jasadnya melainkan keruhaniannya. Hal itu dapat dicapai jika potensi yang ada dalam dirinya diarahkan kepada yang positif melalui pendidikan.

 

Abstract : Humans In Al-Quran Perspective (An Overview of Islamic Education). This study aims to analyze humans about education. Humans are creatures of God who can develop positively and have the potential to create an adverse order. Likewise, human existence in a world equipped with two elements, namely the aspects of the body and spirit, the underlying reality, and the principle that unites what became known as a human being was not a change in his body but his spirituality. This can be achieved if the potential in him is directed to the positive through education.

 

Kata Kunci : Manusia,  Perspektif al-Qur’an, Pendidikan Islam

 

Full Text:

PDF

References

Daftar Pustaka

Ahmad Ibnu Muhammad al-Fayuny, Al-Mishbah al-Munir fi Gharib al-Syarh al- Kabir li al-Rafi’i, Kairo: Dar al-Fikr, t.th

Aly, Hery Noer, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. II, Jakarta : Logos Wacara Ilmu, 1999

Ibnu Manzur, Ibnu Mukarram, Lisân al-‘Arab, Jilid VI, Mesir: Dar al-Shadr, 1969

Langgulung, Hasan, Azas-Azas Pendidikan Islam, Edisi Revisi, Cet. I, Jakarta: PT. Al-Husna Dzikra, 2000

Marimba, ,Ahmad D., Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al-Ma’arif, 1980), h. 46

Mastuhu, M.Ed., Memberdayakan Sistim Pendidikan Islam, Cet. II, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999

-------, Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam, Cet. II, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999

Muhanna, Ahmad Ibrahim, Al-Tarbiyah fi al-Islam, Kairo: Dar al-Sya’bi, 1982

Nasution, Harun, “Konsep Manusia Menurut Islam”, dalam Saiful Muzani, (ed.), Islam Rasional, Gagasan dan Pemikiran Prof Dr. Harun Nasution, Cet. VI, Bandung: Mizan, 2000

Raghib, Abu al-Qasim bin Muhammad al-Ashfahani al-, Mufradat fi Gharib Al-Quran, Mesir: Mushthafa Bab al-Halabi, 1961

Shihab, M. Quraish, Membumikan Alquran, Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan bermasyarakat, Cet. XX, Bandung: Mizan, 1999

-------,M. Quraish, Wawasan Alquran, Tafsir Maudhu’i Atas Pelbagai Persoalan Ummat, Cet. VII, Bandung: Mizan, 1998

Sulaiman, Fathiyah Hasan, Madzahib fi al-Tarbiyah: Bahtsun fi al-Madzhab al-Tarbawy ’Inda al-Ghazali, Terj. Oleh: Hery Noer Ali, Muhammad Athiyah al-Abrasyi, Al-Tarbiyah al-Islamiyah, Mesir: Dar al-Fikr, t.th

Refbacks

  • There are currently no refbacks.