Perilaku Keagamaan Siswa Muslim di SMPN 1 Dan SMPN 2 Airmadidi (Studi Kasus Siswa Muslim Mayoritas dan Minoritas di Sekolah Negeri)
Abstract
Abstrak : Perilaku keagamaan merupakan serangkaian tingkah laku seseorang yang dilandasi oleh ajaran-ajaran agama Islam, penelitian ini di lakukan pada siswa muslim di SMPN 1 dan SMPN 2 Airmadidi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku keagamaan siswa muslim dan bagaimana peran guru dalam pembentukan perilaku keagamaan siswa muslim di SMPN 1 dan SMPN 2 Airmadidi. Jenis penelitian yang dipakai adalah kualitatif bersifat deskriptif. Penelitian ini menyimpulkan perilaku keagamaan dalam artian pelaksanaan sholat siswa muslim di sekolah minoritas maupun di sekolah mayoritas tidak jauh berbeda. Peran guru di sekolah minoritas memberikan motivasi, sedangkan di sekolah bahwa guru tidak sama sekali sering memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih giat shalat.
Abstract : Religious Behavior Of Muslim Students In Airmadidi SMPN 1 And SMPN 2 (Case Studies Of Majority And Minority Muslim Students In Public Schools). Religious behavior is a series of one's behavior that is based on the teachings of Islam. This research was conducted on Muslim students at SMPN 1 and SMPN 2 Airmadidi. This study aimed to determine the religious behavior of Muslim students and how the teacher's role in shaping the religious behavior of Muslim students at SMPN 1 and SMPN 2 Airmadidi. The type of research used is descriptive qualitative. This study concludes that religious behavior in terms of prayer for Muslim students in minority and majority schools is not much different. Teachers' role in minority schools provides motivation, whereas in schools, teachers do not often motivate students to be more active in praying.
Kaca Kunci : Perilaku Keagamaan, Minoritas, Mayoritas.
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Ahmad, Abu dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar, Cet. 2, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004
Ansyori, H.M. Hafi, Dasar-Dasar Ilmu Jiwa Agama, Surabaya: Usaha Nasional, 1999
Azyumardi Azra, Islam Subtantif: Agar Umat Tidak Jadi Buih, Bandung: Mizan, 2000
Daradjat, Zakiah, Ilmu Jiwa Agama., Cet I, Jakarta: Bulan Bintang, 1970
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga, Jakarta: Balai Pustaka, 2005
Djalaluddin, Psikologi Agama: Memahami Perilaku dan Mengaplikasikan Prinsip-Prinsip Psikologi., Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015
Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta: Rine, 2010
F Najiyah, 2017, Religiusitas, http://digilib.uinsby.ac.id/17533/5/Bab%202.pdf diakses 12 Februari 2019
Fadjar, A. Malik, Mencari Dasar Filosofi Pendidikan Islam; Sebuah Tinjauan Terhadap Pendidikan Kemuhammadiyahan dan Al-Islam, Di Seputar Percakapan Pendidikan Dalam Muhammadiyah, Yogyakarta: Pustaka SM, 1994
Fakhriza, Perilaku Keagamaan Anak, Jurnal pembentukan Perilaku Keagaman, Portal Jejak Pendidikan, 2017
Gerungan, W.A, , Psikologi Sosial, Bandung: PT. Eresco, 1991
Idris, Muh., Konsep Pendidikan Humanis Dalam Pengembangan Pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Manado: STAIN Manado, 2014
Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi 3, Jakarta: Balai Pustaka, 2002
Langgulung, Hasan, Teori-Teori Kesehatan Mental., Jakarta: Al-Husna, 1996
Mahfudz, Shalahuddin, Pengantar Psikologi Umum., Surabaya: PT Bina Ilmu, 1986
Mubarok, Achmad, Solusi Krisis Keruhanian Manusia Modern-Jiwa dalam Al-Qur’an., Jakarta: Paramadina, 2000
Mufron, Ali, Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta, Aura Pustaka, 2013
Rahman, Abd, Fiqh Sosial; Individu dan Masyarakat dalam Interaksi., Cet. I; Makassar: Alauddin University Press, 2012
Ramayulis, Pengantar Psikologi Agama., Jakarta: Kalam Mulis, 2002
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pres, 2011
Soekamto, Soerjono, Kamus Sosiologi., Jakarta: Rajawali, 1985
Soimin, Aris, Excellent Teacher, Cet. 1, Semarang: Dhara Prize, 2013
Strauss, Anselm dan Juliet Corbin, Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif., Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, Cet. XXV, 2017
Suleman, Frangky, Keberagaman Budaya dan Agama di Kota Manado, Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi, Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2017
Sumandi, Psikologi Pendidikan, cet. VII; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1995
Suyono, Ariyono, Kamus Antropologi, Jakarta: Akademi Persindo, 1985
Usman, Uzer M, Menjadi Guru Professional, Bandung: Remaja Rosdayakarya, 1990
Walgito, Bimo, Psikologi Sosial, Yogyakarta: Universitas Gaja Madah, 1978
-------, Psikologi Sosial., Yogyakarta: Andi Offset, 1994
Widoyoko, S Eko Putro, Evaluasi Program Pembelajaran, Cet, VII; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015
Refbacks
- There are currently no refbacks.