Penilaian Ranah Afektif Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Aplikasi Whatsapp Group

Muhammad Zul Fadli, Rachma Nika Hidayati

Abstract

Abstrak : Evaluasi pembelajaran merupakan bagian terpenting dalam proses kegiatan belajar mengajar, baik yang berupa konsep, nilai sikap dan juga keterampilan dari bahan ajar yang disampaikan. Evaluasi pembelajaran yang berupa penilaian dapat dilakukan guru baik menggunakan paper atau tercetak maupun secara online melalui berbagai macam aplikasi seperti WhatsApp Group. Seluruh mata pelajaran dapat melakukan hal yang sama, tak terkecuali pendidikan agama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penilaian ranah afektif dalam evaluasi pembelajaran yang berlaku dikelas online. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskritif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penilaian ranah afektif dalam kelas online pembelajaran pendidikan agama Islam melalui WhatsApp Group berjalan dengan baik, hal ini ditunjukkan dengan prosentase keberhasilan guru dalam melaksanakan penilaian ranah afektif mata pelajaran pendidikan agama Islam.

Abstract : Assessment of The Effective Realm of Islamic Religious Education Learning Through Whatsapp Group App. Learning evaluation is an essential part of the learning process, both in concepts, attitude values, and the teaching materials' skills. Evaluation of learning in the way of assessment can be done by teachers either using paper or printed or online through various applications such as WhatsApp Group. All subjects can do the same, no exception to Islamic religious education. This study aims to find out the process of assessing the affective realm in the evaluation of learning that applies in the online class. This research uses qualitative research methods with case study methods. Data are collected through interviewing, observing, and analytical techniques. The results showed that assessing the affective realm in the online class of Islamic religious education learning through WhatsApp Group went well; this was demonstrated by the percentage of teachers' success in carrying out the affective field assessment of Islamic religious education subjects.

 Kata Kunci : Evaluasi, WhatsApp Group, Pendidikan Agama Islam.

 

Full Text:

PDF

References

Daftar Pustaka

Sujono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada. 2006.

Kifer I, Edwar. An Approach to The Construction of Affective Evaluation Instruments. Journal of Youth and Adolescene, Volume 6, Nomor 3. 1997

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/kemendikbud-gandeng-swasta-siapkan-sistem-belajar-daring. (diakses tanggal 24-04-2020: 15.00)

Indaryani, Eka, Seminar.uad.ac.id/index.php/quantum. 2018.

Jihad, Asep dan Abdul Haris, Evaluasi Pembelajaran, Cet 2, Yogyakarta: Multi Pressindo 2008.

Miswanto. Jurnal Madaniyah, Evaluasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter. Vol. VII, No. 1. 2014

Mukhtar, Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: CV. Misaka Galiza. 2003

Mursal. Pendidikan Afektif Dalam Perspektif Hasan Langgulung. dalam Jurnal Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman. Volume 12. Nomor 1. Januari - Juni 2013.

Nuriyah, Nunung. Evaluasi Pembelajaran, Jurnal Edueksos, Vol. 3, No. 1. 2014

Spinger. Affevtive Domain. In: From Principles of Learning to Strategies for Instruction, Volume 4, Nomor 2. 2005.

Subali, Bambang. Prinsip Asesmen Dan Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: UNY Press. 2016

Sukiman, Sistem Penilaian Pembelajaran, Yogyakarta: Media Akademi. 2017

Supardi. Penilaian Auntentik Pembelajaran Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik, Jakarta: Rajagrafindo Persada. 2015

Supratiknya. Penilaian Hasil Belajar Dengan Teknik Non Tes, Yogyakarta: Universatis Sanata Dharma. 2012

Ulfa, Itsna Rifiana. Implementasi Instrumen Penilaian Sikap di SDN Gunung Saren Bantul, Palapa: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, Volume 7, Nomor 2. 2019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.