Penanaman Nilai-Nilai Moral Melalui Metode Movie Learning dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas IX MTs N 2 Kotamobagu
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa berbagai isu dan permasalahan dalam ruang lingkup pendidikan terutama mengurai tentang fenomena “Degradasi Moral Siswa Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kotamobagu”. Dari segi seriousness, hal tersebut dianggap sangat gawat untuk ditindak lanjuti, guna pembuatan analisa dalam pencegahan degradasi moral siswa sehingga penanaman nilai-nilai moral dalam proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Selain itu, dari sisi growth, hal ini dianggap cukup cepat menyebar dan berpotensi meningkat karena proses dalam pembelajaran di sekolah saling mempengaruhi satu sama lain. Penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dalam penelitian dengan skala pengukuran atau rating scale melalui observasi untuk memperoleh dan mengumpulkan data penelitian. Penyebaran angket dilakukan sebagai identifikasi penilaian skala kecenderungan perubahan nilai moral siswa pada tahapan pre-test dan post-test. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data mengukur tingkat kecerdasan moral yang terdiri dari Moral Knowing, Moral Feeling dan Moral Acting siswa dalam pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kotamobagu. Hasil penelitian menunjukan perubahan secara signifikan pada tahapan pre-test dan post-test dengan tingkat kecenderungan nilai moral siswa pada presentase 66,675 % menjadi 80,425% sering berperilaku sesuai dengan nilai-nilai moral dalam proses sosial-pendidikan di MTs N 2 Kotamobagu.
Abstract: Building Moral Values Through A Method Of Movie Learning At Aqidah Akhlak Learning Students Grade Ix Mts N 2 Kotamobagu. This research aims to analyze various issues and problems in the scope of education, especially unraveling the phenomenon of "Moral Degradation of Grade IX Students Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kotamobagu". In terms of seriousness, it is considered very difficult to follow up to analyze the prevention of students' moral degradation so that the planting of moral values in the learning process can be carried out correctly. Also, in terms of growth, this is considered to spread quite quickly and potentially increase because learning in schools affects each other. The authors used a qualitative descriptive approach in research with a measurement scale or rating scale through observation to obtain and collect research data. The questionnaire's spread is carried out as identification of the scale assessment of the tendency to change students' moral values at the pre-test and post-test stages. Instruments used in data collection measure the level of moral intelligence consisting of Moral Knowing, Moral Feeling, and Moral Acting students in learning at Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kotamobagu. The results showed a significant change in the pre-test and post-test stages with the level of a trend of students' moral grades at 66.675% to 80.425%, often behaving by moral values in the socio-educational process in MTs N 2 Kotamobagu.
Kata Kunci: Moral, Aqidah Akhlak, Learning and Movie Learning
Pendahuluan
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Bafadal, I. Pendidikan Akhlak Dalam Perpektif Islam, dalam Jurnal Edukasi Islami Pendidikan Islam, Vol. 06 No. 1, STAI Al Hidayah Bogor.2017
Dewi, Zurahmi. Penanaman Karakter dalam Program Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 18 Padang, dalam Journal of Civic Education, Volume 1, No. 4, Universitas Negeri Padang (UNP). 2018.
Eka Wahyuni, Dian dan Aliffatul Hasanah, Sitti. Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal dalam Era MEA, Mahasiswi Program Studi PGSD, Universitas Jember dalam Seminar Nasional Pendidikan. 2016
Furqon Hidayatullah, M. Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas, Surakarta: Yuma Pustaka, 2009
Hamdani. Strategi Belajar Mengajar, Bandung : Pustaka Setia. 2011
Jusuf, Rahmathias. Pendidikan Multikultural Dan Pendekatan Quantum Dalam Pembelajaran, dalam Jurnal IQRA Institut Agama Islam Negeri Manado Vol. 10 No. 2. 2016
Karim, Nurdin. Pendidikan Karakter dalam Jurnal Shautut Tarbiyah 16 (1) h, 69 STAIN Sultan Qaimuddin Kendari. 2010
Munadhi, Yudhi. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru, Jakarta: Gaung persada, 2008
Muslich, Mansur. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Mulltidimensional, Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Nadwa. Karakter Pendidikan untuk Membentuk Pendidikan Karakter. Ditulis dalam Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 6, Nomor 2 , Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus, 2012
Nashir, Haidar. Understanding The Ideology Of Muhammadiyah, Surakarta: Muhammadiyah University Press. 2015.
Nasution, Teknologi Pendidikan, Jakarta:Bumi Aksara. 2011.
Omeri, Nopan. Pentingnya Penddikan Karakter dalam Dunia Pendidikan, Ditulis dalam Jurnal Manajer Pendidikan, Universitas Bengkulu Volume 9, Nomor 3. 2015
Presiden RI, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab II Dasar, Fungsi, Dan Tujuan Pasal 3
Priyambodo, Erfan dan Sulistiyani. The Effect of Multimedia Based Learning (MBL) in Chemistry Teaching and Learning on Students’ SelfRegulated Learning (SRL). di http://journal.uad.ac.id/Home/Vol 8/No 4/Priyambodo diakases 27 agustus 2020. 2014
S, Kurt. 2010. Technology use in elementary education in Turkey: A case study. New Horizons in Education, Ataturk University Turkey, Vol.58, No.1
Setiawan, Eko. Konsep Pendidikan Akhlak Anak Perspektif Imam Al Ghazali, dalam Jurnal kependidikan, Vol. 5, No. 1, IAIN Purwokerto, 2017.
Sidiq, Umar. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: Nata Karya, 2019.
Sudjana, Nana. Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru, 2005
Sulhan, Najib. Pendidikan Berbasis Karakter, Surabaya: Jepe Press Media Utama, 2010
Vinacke. The Psycholgy of Thinking, Toronto: Mc Graw Hill Book Company Inc, 1992
Zamroni. Strategi dan Model Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pendidikan dan Pembelajaran, Yogyakarta: PHK-I UNY, 2010
Refbacks
- There are currently no refbacks.