Sistem Manajemen Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Pelaksana Pendidikan Islam di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Utara
Abstract
Abstrack : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem manajemen Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dalam meningkatkan kinerja aparatur pelaksana pendidikan Islam. PTSP merupakan produk inovasi dari reformasi birokrasi pelyanan publik yang dilaksanakan secara terpadu dan terintegrasi untuk semua jenis layanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan lokasi penelitian di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Utara. Penelitian ini menunjukkan perbedaan antara kondisi pelayanan sebelum dan sesudah penerapan sistem manajemen PTSP. Di mana kondisi pelayanan sebelumnya yang masih kaku, lambat, berbelit-belit, dan belum terfokus, sekarang menjadi lebih mudah, cepat, transparan dan lebih terfokus. Dengan adanya kebijakan regulasi, standar pelayanan, kepastian hukum, komitmen dan budaya organisasi sebagai faktor pendukung pada sistem manajemen PTSP.
Abstract : One-Door Integrated Service Management System (PTSP) In Improving The Performance of Islamic Education Implementing Apparatus In The Ministry of Religious Affairs of Northern Minahasa Regency. This research aims to analyze the management system of One Door Integrated Service (PTSP) in improving the performance of the Islamic education implementing apparatus. PTSP is the product of innovation from the reform of the public service bureaucracy implemented in an integrated and integrated manner for all types of services. This research uses a descriptive qualitative approach, with a research site at the Ministry of Religious Affairs Office of North Minahasa Regency. This research shows the difference between service conditions before and after the implementation of the PTSP management system. Where previous service conditions were still rigid, slow, convoluted, and unfocused, it is now becoming more comfortable, faster, transparent, and more focused with regulatory policies, service standards, legal certainty, commitment, and organizational culture as supporting factors in PTSP management system.
Kata Kunci: Sistem Manajemen, PTSP, Kinerja, Aparatur, Pendidikan Islam.
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Alfisyahrin, Muhammad Peningkatan Pelayanan Publik di Indonesia, Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Idonesia, 2018
Buku layanan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara tahun 2019
Deddy, Mulyadi, dkk, Administrasi Publik Untuk pelayanan Publik, Bandung: Alfabeta, 2018
Dwiyanto, Agus, dkk, Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia, Yogyakarta; Gadjah Mada Univesity Press, 2006
Fattah Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan, (Bandung; PT Remaja Rosdakarya,2006
Hasibuan, Malayu SP, “Mamajemen Sumber Daya Manusia”, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007
Juni, Donni Priansa, “Manajemn Pelayanan Prima fukos pada organisasi publik dan Peningkatan Kualitas Aparatur”, Bandung: Alfabeta, 2017
Kabupaten Minahasa Utara Dalam Angka 2020 (rilis info Mei)
Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Utara, laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 20017.
Keputusan Menteri Agama Nomor 109 tahun 2017 tentang Standar Pelayanan Pada Kementerian Agama, Penetapan Maklumat pelayanan
Lexy, J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009
Miles, M.B., & Humberman, A.M. Analisis data Kualitatif, Jakarta: Multi Karya Grafika. 1992.
Pelayanan Publik di Indonesia durutan 129, http://bisnis.liputan6.com/read/2079787/pelayanan-publik-Indonesia-di-urutan-129, diakses tanggal 23 Juni 2020
Standar Operasional Prosedur Layanan Pejabat Pengelola Informasi dan Publik/PPID Kementerian Agama
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2012
Von, Ludwig Bertalanffy, “General System Theory: Foundations, Development, Applications”, dalam Husain Usman, Manajemen Teori, Praktek, dan Riset Pendidikan, Jakarta; PT Bumi Aksara, 2006
Wahidmurni, Cara Mudah Menulis Proposal dan Laporan Penelitian Lapangan, Malang: UM Pres, 2008
Wawancara dengan Danang Sulistiyo, Staf penyelenggara Pendidikan Islam, Kantor Kemnetrian Agama Minahasa Utara, 25 Juni 2020
Wawancara Pribadi dengan Drajab Dehu, Analis Protokoler hubungan Masyarakat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Minhaasa Utara, 25 Juni 2020
Wawancara Pribadi dengan Noval Besse, Kepala Sub Bagian tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Utara, 30 Juni 2020
Wawancara pribadi dengan Selvi Asram, Kepala Seksi Pendidikan Islam dan Bimbingan Masyarakat Islam, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Utara, 26 Juni 2020
Refbacks
- There are currently no refbacks.