URGENSI PENDIDIKAN AKHLAK : TINJAUAN ATAS NILAI DAN METODE PERSPEKTIF ISLAM DI ERA DISRUPSI

Amiruddin Amiruddin

Abstract

Abstrak : Urgensi Pendidikan Akhlak Tinjauan Atas Nilai dan Metode Perspektif Islam di Era Disrupsi. Penelitian ini bertujuan menganalisis pentingnya pendidikan akhlak di era disrupsi saat ini. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan kepustakaan (library research), sumber utama berupa buku dan laporan hasil penelitian, yang dianalisi dengan analisis isi (content analysis) diproses dalam tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Akhlak pada era disrupsi begitu penting guna mencegah masifnya sisi negatif perkembangan teknologi informasi yang mengarah pada terjadinya penyebaran berita hoax, perundungan maya, penipuan, ujaran kebencian, prostitusi online, eksploitasi seksual, pornografi, perdagangan anak dan lain-lain. Sehingga bentuk penerapan Nilai dan Metode Pendidikan Akhlak di era disrupsi dalam perspektif Islam antara lain; pertama, generasi muda perlu dikenalkan pemahaman secara menyeluruh tentang konsep akhlak. Kedua adalah keteladanan, generasi muda mengalami krisis keteladanan, yaitu bisa dari orang tua atau guru tempat seseorang menimbah ilmu, Ketiga, menghindar diri dalam kesenangan dan kemewahan (hedonisme dan konsumerisme). Keempat, memperkuat hubungan antara pendidik dengan peserta didik. Kelima, menerapkan beragam metode dalam mempelajari Pendidikan akhlak. Keenam, mampu mengontrol lingkungan, bukan hanya lingkungan nyata, namun juga lingkungan maya.

Full Text:

PDF

References

Daftar Pustaka

Achmadi, Islam sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan, Yogyakarta : Aditya Media, 1992.

Amin, Ahmad, Kitab Al-Akhlaq. Kairo, Kalimat.org, 2011.

Anshari, Endang Syafruddin , Wawasan Islam Pokok-pokok Pemikiran Tentang Islam, Jakarta: Raja Wali, 1990.

Arifin, M, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 1991.

-------, Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum), Jakarta : Bumi Aksara, 1998.

Asmaran As, Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: Rajagrafindo Persada, Cet. Ke 3, 2002.

Azmi, Muhammad, Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Pra Sekolah, Yogyakarta : CV. Venus coomperatioan, 2006.

Hafizh, Muhammad Nur Abdul, Mendidik Anak Bersama Rasullullah, Penterjemah Kuswa Dani, Bandung : Albayan, 1997.

Handayani, Ana Sri, Humaniora dan Era Disrupsi Teknologi Dalam Konteks Historis, Jember University Press; Jember. Vol. 1, No 1, Oktober 2020.

Hasan, Chalijah, Dimensi-Dimensi Pendidikan, Surabaya : Al-Ikhlas, 1994.

Al-Jumbulani, Ali, Perbandinan Pendidikan Islam, Jakarta : Rineka Cipta, 2002.

Madjid, Nurcholis, Islam Doktrin dan Peradaban, Jakarta : Yayasan Wakaf Paramadina, 1995.

Masy’ari, Anwar, Akhlak Al-Quran, Surabaya : Bina Ilmu, 2007.

Al-Maududi, Abdul A’la, Dasar-dasar Islam, Bandung : Pustaka, 1994.

Al-Munawar, Said Agil Hussin, Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’ani dalam Sistem Pendidikan Islam, Jakarta : Ciputat Press, 2005.

Muthohar, Sofa, Antisipasi Degradasi Moral di Era Global, Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, IAIN Walisongo, Semarang, 2019.

Al-Nahlawi, Abdurrahman, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat, Jakarta : Gema Insani Press,

Nata, Abudin, Akhlak Tasawuf, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 1997.

Partono, Pendidikan Akhlak Remaja Keluarga Muslim di Era Industri 4.0, LP3M IAIN Faqih Asy’ariah, Kediri ; Dirasah, Vol.3, No.1, Februari 2020.

Rony, Aswil, dkk, Alat Ibadah Muslim Koleksi Museum Adhityawarman, Padang : Bagian Proyek Pembinaan Permuseuman Sumatera Barat, 1999.

Salahuddin, Anas, Filsafat Pendidikan, Bandung : CV. Pustaka Setia, 2011.

Sari, Milya dan Asmendri, Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA, Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, UIN Imam Bonjol Padang, Vol. 6 (1) 2020.

Shihab, M. Quraish, Wawasan Al-Qur‟an: Tafsir Maudhui atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung, Mizan, 1996.

Suharto, Toto, Filsafat Pendidikan Islam, Yogyakarta: Ar-Ruz, 2006.

Suseno, Franz Magnis, Etika Dasar: Masalah-Masalah Pokok Filsafat Moral, Yogyakarta : Kanisius, 1987.

Suwaid, Muhammad Nur Abdullah Hafizh, Prophetic Parenting, ed. Farid Abdul Aziz Qurusy, Pro U-Media 2012.

T.A. Mirzaqon dan Budi Purwoko, Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing. (Jurnal BK Unesa 8(1). 2017).

Thoha, Chabib, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 1996.

-------, dkk., Reformulasi Filsafat Pendidikan Islam, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 1996.

Ulwan, Abdullah Nasih, Pendidikan Anak Dalam Islam Jilid 2, Jakarta: Pustaka Amani, 2002.

-------, Tarbiyyatul Awlad Fil Islam Jilid 1, Beirut: Darusalam, 1992.

Wahyudi, Paradigma Pendidikan Anak Dalam keluarga Di Era Digital (Perspektif Pendidikan Islam) Yogyakarta: UII, Ri’ayah, V.4 (01) 2019.

Wahyudi, Tian, Strategi Pendidikan Akhlak Bagi Generasi Muda DI Era Disrupsi, ¬TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, Vol.3 No 2. 2020.

Zakaria,Teuku Ramli, Pendekatan-Pendekatan Pendidikan Nilai dan Implementasi dalam Pendidikan Budi Pekerti, Jakarta : Gramedia Widia Sarana Indonesia, 1994.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.