REORIENTASI DAN PRAKSIS PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PERSPEKTIF PEMIKIRAN AZYUMARDI AZRA

Wisnu Muhammad Hamzah, Muh Idris, Yusno Abdullah Otta

Abstract

Permasalahan yang akan dibahas dalam tesis ini yaitu (1) Bagaimana Konsep Pendidikan Multikulutral Perspektif Azyumardi Azra, (2) Bagaimana Praksis Pendidikan Multikultural Perspektif Pemikiran Azyumardi Azra. Penelitian pada tesis ini merupakan penelitian studi tokoh. Jenis penelitian ini dengan jenis kajian pustaka (library research) yakni proses mencari dan menyusun secara sistematis dan data yang diperoleh dari pustaka, baik dari sumber primer, sumber sekunder, dan dari data pendukung.

Penelitian ini menunjukkan: (1) Pandangan pendidikan multikultural menurut Azyumardi Azra adalah pendidikan tentang keragaman kebudayaan masyarakat Indonesia dalam membentuk keikaan di tengah kebhinnekaan. Dari pandangan Azyumardi Azra tersebut, lahirlah konsep pendidikan yaitu revitalisasi titik temu bangsa. yaitu wawasan kebangsaan, Pancasila, NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika. (3) Praksis Pendidikan multikultural menurut Azyumardi Azra adalah dilakukan melalui tiga ranah pendidikan, yaitu pendidikan formal, informal, dan nonformal. Pendidikan multikulutral di dalam ruang lingkup nonformal adalah dimulai dari keluarga, ayah dan ibu mengajarkannya dari rumah. Dalam ruang lingkup formal adalah dengan mengintegrasikan nilai-nilai Pendidikan multikultural dalam setiap mata pelajaran. Dalam ruang lingkup informal adalah dilakukan dengan melalui karang taruna, ormas, dan forum-forum dalam masyarkat lainnya.

Kata Kunci : Konsep Pendidikan Multikulutral, Praksis Pendidikan Multikulutral

Full Text:

PDF

References

Al-Arifin, Hidayatullah, Ahmad, Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Praksis Pendidikan di Indonesia, Jurnal Pembangunan Pendidikan, Volume 1, No 1, Juni 2012

Aly, Abdullah, Pendidikan Islam Multikultural di Pesantren, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011

Azra, Azyumardi, Identitas dan Krisis Budaya, Membangun Multikulturalisme Indonesia, Jakarta: FE UI, 2007

______________, Pendidikan Multikultural Dan Pancasila: Tribut Untuk Profesor Tilaar, dalam 10 Windu Prof. Dr. H.A.R Tilaar, M.Sc.Ed, Pendidikan Nasional Arah Kemana? Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara, 2012

_____________, Merawat Kemajemukan Merawat Indonesia, Yogyakarta: Institute Pluralism and Multiculturalism Studies (Impluse) dan Kanasius, 2007

______________, Revitalisasi Wawasan Kebangsaan Melalui Pendidikan Multikultural, dalam Jurnal LEDALERO, Vol. 18, No. 2, Desember 2019.

______________, Pendidikan Agama: Membangun Multikulturalisme di Indonesia, Kata pengantar dalam Zakiyuddin Baidhawy, Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural, Jakarta: Erlangga, 2005

______________, Wawasan Multikultural Dan Kebangsaan, dalam Makalah Handout untuk Program Pascasarjana IAIN Ambon, 18 Desember 2013

Baidhawy, Zakiyuddin, Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural, (Jakarta: Erlangga, 2005

Banks, James, A, Multiethnic Education: Theory and Practice, cet. 2, Bostom: Allyn and Bacon 1988

Dawam, Ain al-Rafiq, Emoh Sekolah, Yogyakarta: Inspeal Ahimsa Karya Press, 2003

Hasan, Iqbal, M, Pokok-pokok Materi Peneltian Dan Aplikasinya, Jakarta: Ghalia Indoensia, 2002

Harto, Kasinyo, Model Pengembangan Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural, Palembang: Rajawali Press, 2015

Idris, Muh, Azyumardi Azras Thought On Multicultural Education, Jurnal MIQOT Vol. 4, No. 1, Januari-Juni, 2020

Ibrahim, Rustam, Pendidikan Multikulutral (Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam), Jurnal ADDIN, Vol. 7, No. 1, Februari 2013

Kurniawan, Syamsul dan Mahrus, Erwin, Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011

Mahfud, Choirul, Pendidikan Multukultural, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010

Muslimin, Pendidikan Multikultural Sebagai Perekat Budaya Nusantara: Menuju Indonesia Yang Lebih Baik, dalam Prosiding Seminar Internasional Multikultural dan Globalisasi, Universitas Negeri Gorontalo, 2012

Nata, Abuddin, Tokoh-tokoh Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Grafindo Persada, 1998

___________, Ilmu Pendidikan Islam Dengan Pendidikan Multidisipliner, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2009

Puspita Yenny, Pentingnya Pendidikan Multikulutral, Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang 05 Mei 2018

Sumber Media Sosial

Azra, Azyumardi, Pembicara Seminar Nasional, Forum Titik Temu: Kerjasama Multikultural Berdasarkan Dokumen Persaudaraan Manusia untuk Mewujudkan Perdamaian, Keadila dan Persatuan 10 Oktober 2019, dilihat dalam Channel Youtube Cak Nur Society pada tanggal 15 Januari 2021

_____________, wawancara via email pada tanggal 09 September 2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.