PEACE RESOLUTION IN EDUCATION

Muh. Idris

Abstract

Abstrak: Resolusi Perdamaian dalam Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis resolusi perdamaian dalam pendidikan. Perdamaian tidak bisa dilihat sebagai substansi yang berdiri sendiri dan parsial. Kekerasan melibatkan banyak faktor yang sangat mungkin saling terkait, sehingga penanganannya membutuhkan kesabaran yang luar biasa. Beberapa kasus konflik dan kekerasan yang terjadi di Indonesia memberikan gambaran yang cukup jelas. Melalui penelitian dapat disimpulkan bahwa Pendidikan adalah solusi terbaik untuk membantu manusia melihat bagaimana seharusnya manusia dan bagaimana seharusnya hidup. Pendidikan harus menjadi cara hidup dalam penemuan cara hidup yang benar. Pendidikan dapat melakukan sesuatu untuk perdamaian setidaknya dalam dua cara: Pertama, Pendidikan mengambil strategi konservasi bahwa Pendidikan perlu diarahkan untuk merawat, memelihara, mempertahankan "aset agama dan budaya" pengetahuan, nilai, dan adat istiadat dari waktu ke waktu oleh sejarah dalam rangka mempertahankan harkat dan martabat manusia dan Kedua, Pendidikan mengambil strategi restorasi yaitu Pendidikan diarahkan untuk memperbaiki dan memulihkan aset-aset agama dan budaya yang telah mengalami pencemaran, pembusukan, perusakan.

Abstract: This study aims to analyze peace resolution in education. Peace cannot be seen as an independent and partial substance. Violence involves many factors that are very likely to be interrelated, so handling it requires tremendous patience. Several cases of conflict and violence that occurred in Indonesia provide a reasonably clear picture. Through research, it can be concluded that Education is the best solution to help humans see how humans should be and live. Education must be a way of life in the discovery of the right way of life. Education can do something for peace in at least two ways: First, Education takes a conservation strategy that Education needs to be directed to care for, maintain, maintain "religious and cultural assets" of knowledge, values, and customs from time to time by history in order to maintain dignity. Moreover, human dignity and Second, Education adopts a restoration strategy, namely Education is directed to repair and restore religious and cultural assets that have been polluted, decayed, and damaged.

Keywords: Resolution, Conflict, Peace, Education

 

 

 

 

Full Text:

PDF

References

Arsyad, Azhar, "Peranan Pendidikan Rohani Dalam Mewujudkan Perdamaian Dunia" dalam Azhar Arsyad (Ed), Islam dan Perdamaian Global, Yogyakarta: Madyan, 2002

Azra, Azyumardi, Paradigma Baru Pendidikan Nasional Rekonstruksi dan Demokratisasi, Jakarta : Penerbit Buku Kompas, 2002

Baharuddin dan Moh. Makin, Pendidikan Humanistik (Konsep, Teori dan Aplikasi Praksis dalam Dunia Pendidikan, Jogjakarta : Ar-Ruz-Media Group, 2007

Effendy, Bachtiar dan Soetrisno Hadi, Agama dan Radikalisme di Indonesia, Jakarta: Nuqtah, 2007

Fadjar, A. Malik, Pendidikan, Agama, Kebudayaan dan Perdamaian, Malang: UIN Malang, 2004

Fadjar, A. Malik, Holistika Pemikiran Pendidikan, Jakarta : PT. Raja Grafindo, 2005

Gunawan, Heri, Pendidikan Islam: Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2014

Harahap, Syahrin, Islam dan Modernitas : Dari Teori Modernisasi Hingga Penegakan Kesalehan Modern, Jakarta : Prenadamedia Group, 2015

Hilmi, Masdar, Pendidikan Islam dan Tradisi Ilmiah, Malang : Madani, 2016

Madjid, Nurcholish, Islam : Doktrin dan Peradaban, Jakarta : Yayasan Paramadina, 2000

Nizar, Syamsul, SEjarah Sosial & Dinamika Intelektual Pendidikan Islam Nusantara, Jakarta: Penerbit Kencana, 2013

Rahardjo Mudjia (ed), Quo Vadis Pendidikan Islam: Pembacaan Realitas Pendidikan Islam, Sosial dan Keagamaan, Malang : Malang Press, 2006

Shihab, M. Quraish, Secercah Cahaya Ilahi Hidup Bersama Al-Qur’an, Bandung : Mizan, 2014

Surasman, Otong, Pendidikan Agama Islam, T.t : Emir, 2016

Suyudi, Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an : Integrasi Epistemologi Bayani, Burhani, dan Irfani, Yogyakarta : Mikraj, 2005

Tolkhah, Imam. Dan Ahmad Barizi, Membuka Jendela Pendidikan : Mengurai Akar Tradisi dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004.

Umar, Nasaruddin, Deradikalisasi Pemahaman Al-Qur’an & Hadis, Jakarta : Kompas Gramedia, 2014

Wulandari, Taat, Menciptakan Perdamaian Melalui Pendidikan Perdamaian di Sekolah, Dalam Jurnal, Mozaik, Volume V, Nomor 1. Januari 2010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.