PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PAI KELAS XI DESAIN GRAFIS DI SMK BINA BANUA BANJARMASIN

Alfin Maulana Anwar

Abstract


Penguatan (reinforcement) merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki seorang guru di dalam pembelajaran. Penguatan ini berguna untuk memberikan motivasi kepada peserta didik untuk merangsang motivasi dan keaktifan sehingga prestasi serta kualitas belajar akan meningkat. Pemberian penguatan memiliki pengaruh yang berupa sikap positif terhadap proses belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pemberian penguatan (reinforcement) dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI Desain Grafis di SMK Bina Banua Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatakan kualitatif-diskriptif, yaitu penelitian yang mengambarkan kejadian-kejadian secara detail. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian reinforcement dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMK Bina Banua Banjarmasin setelah dilihat dari proses pelaksanaannya, yakni dari tujuan pemberian penguatan (reinforcement), komponen pemberian penguatan (reinforcement), dan cara pemberian penguatan (reinforcement).

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jiep.v7i1.1897

Article Metrics

Abstract view : 1116 times
PDF - 2508 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
All publication by  JIEP: Journal of Islamic Education Policy' are licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License .