KODE ETIK PENDIDIK DALAM PERPEKTIF IMAM GHOZALI
Abstract
Abstrak: Guru merupakan sosok sebagai pembimbing dalam segala aspek baik dalam aspek spiritual, sosial, akhlak, dan lain-lainnya. Maka kalangan masyarakat banyak menaruh harapan lebih pada sosok guru, untuk kesuksesan pada anak-anak yang dititipkan pada sang gurunya. Oleh karenanya seorang guru haruslah mempunyai hukum sebagai landasan dalam menjalankan kehidupannya. Salah satu ulama yang memberikan hukum bagi kalangan pendidik adalah Imam Ghozali. Penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan, dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang menggunakan teknik pengumpulan data meliputi pada buku, journal, kitab, internet, serta bacaan-bacaan yang relevan pada judul. Salah satu hukum yang dikemukakan oleh Imam Ghozali adalah kode etik pendidik. Imam Ghozali, memebrikan kode etik sebanyak delapan yang harus diaplikasikan oleh pendidik meliputi; menunjukkan, memberikan kasih sayang kepada peserta didiknya, meneladani pada prilaku, serta sifat-sifat Rosulullah, selalu memberikan nasihat pada peserta didiknya, memberikan pangajaran dengan cara alus, serta mencegah peserta didiknya dari perbuatan keji dengan akhlak yang lembut, tidak diperkenankan untuk melecehkan pada mata pelajaran diluar kompetensi yang dimilikinya, harus dapat mempersingkat pada pelajaran menurut tingkat pemahaman pada peserta didiknya, untuk peserta didiknya yang tingkat pemahaman yang rendah, maka guru memberikan pelajaran yang jelas dan sesuai. Sehingga seorang guru haruslah berkomitmen untuk mengamlakan ilmunya sepanjang hidupnya, serta perkataannya tidak membohongi pada perbuatannya.
?
Kata Kunci: Kode Etik, Pendidikan, al-Ghazali
?
Abstract: The teacher is a figure as a guide in all aspects, both spiritual, social, moral, and others. So many people put more hope in the figure of the teacher, for the success of the children entrusted to the teacher. Therefore a teacher must have law as a foundation in carrying out his life. One of the scholars who gave law to educators was Imam Ghozali. The author uses the library research method, with a qualitative approach, namely research that uses data collection techniques including books, journals, scriptures, the internet, as well as relevant readings on the title. One of the laws put forward by Imam Ghozali is the code of ethics for educators. Imam Ghozali, gave eight codes of ethics that must be applied by educators including; showing, giving love to their students, emulating the behavior and characteristics of the Prophet, always giving advice to their students, giving lessons in a nice way, and preventing students from heinous acts with gentle morals, not allowed to harass the eyes lessons beyond their competence, must be able to shorten the lesson according to the level of understanding of the students, for students who have a low level of understanding, the teacher provides clear and appropriate lessons. So that a teacher must be committed to practicing his knowledge throughout his life, and his words do not lie to his actions.
?
Keyword: Code of Ethics, Education, al-Ghazali
Full Text:
PDFReferences
Akip, Muhamad. ?Akhlak Guru Terhadap Murid Dalam Proses Pendidikan Di Era Milenial Perspektif Imam Ghazali.? Syria Studies 20, no. 20 (2020): 170?78. https://doi.org/https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v18i2.242.
Alimudin. ?KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSPEKTIF AL-GHAZALI A.? Tajdid Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 6, no. 1 (2022): 86?98. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.52266/.
Anam, Khoirul, and Amri. ?Pendidik Dalam Perspektif Pendidikan Islam Khoirul.? Akademika 16, no. 1 (2020): 86?94. https://doi.org/https://doi.org/10.56633/jkp.v16i1.173.
Arista, Rizki Noura. ?Konsep Pendidikan Menurut Al-Ghazali Dan Relevansinya Dalam Pendidikan Di Indonesia.? Jurnal Tawadhu 3, no. 2 (2019): 883?92.
Azhari, Devi Syukri, and Mustapa. ?Konsep Pendidikan Islam Menurut Imam Al-Ghazali.? Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 4, no. 2 (2021): 271?78. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.2865.
Bakar, Bahrun Abu. Ringkasan Ihya Ulumuddin. Cet III. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2014.
Fahruddin, Ahmad Hanif, and Eva Nur Tita Sari. ?Implementasi Kode Etik Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Sukodadi Lamongan.? Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam 13, no. 2 (2020): 152?69. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v13i2.643.
Ghazali, Al. ?Ihya?Ulum Ad-Din.? An-Nasir Serikat An-Nur Asia, n.d.
???. Ihya Ulumuddin. Semarang: Toha Putra, n.d.
Hero, Hermus, and Maria Ermalinda Sni. ?Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Inpres Iligetang.? JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) 1, no. 2 (2018): 129?39. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1568.
Ikhsanuddin, Muhammad, and Amrulloh Amrulloh. ?Etika Guru Dan Murid Perspektif KH. Hasyim Asy?ari Dan Undang-Undang Guru Dan Dosen.? Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (2019): 331?55. http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jpi/article/view/2005/1072%0Ahttp://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jpi/article/view/2005.
Jamalullael, Jaiz, Zeni Alifta, Sariyani, Muhamad Hilmi Musyafa, and M. Milahul Umam. ?Mengintensifkan Peran Guru Madrassah Tsanawiyah (Studi Analisis Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak Di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Jambon Grobogan) Jaiz.? Attractive : Innovative Education Journal 4, no. 1 (2022): 102?13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.51278/aj.v4i1.339.
Kandiri, Arfandi. ?GURU SEBAGAI MODEL DAN TELADAN DALAM MENINGKATKAN MORALITAS SISWA.? Edupedia Jurnal Pendidikan Dan Pedagogi Islam 06, no. 01 (2021): 02?08. https://doi.org/10.35316/edupedia.v6i1.1258.
Mustofa, Ali. ?Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam.? CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman 5, no. 1 (2019): 24?42. https://doi.org/10.37348/cendekia.v5i1.71.
Nailatsani, Fathinahaya. ?KODE ETIK GURU MENURUT PERSPEKTIF ISLAM? 13, no. 1 (2022): 24?38. https://doi.org/https://doi.org/10.24952/paedagogik.v13i1.3522.
Nata, Abuddin. Pemikiran Para Tokoh Islam. Jakarta: Grafindo Persada, 2000.
Nazili, Muhammad Abi Hakkin, Khojir, and Rumainur. ?Etika Pendidik Dalam Pendidikan Islam ( Analisis Kitab Manhaj As-Sawi Syarah Usul Thariqah As-.? Borneo Journal of Islamic Education I, no. 1 (2021): 13?38. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjie/article/view/3146.
Qiptiyah, Titin. ?Pendidikan Akhlak Pada Anak ?Perspektif Al-Qur?an Dan Hadist.?? CHILDHOOD EDUCATION: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 2 (2020): 108?20. https://doi.org/https://doi.org/10.53515/CJI.2020.1.2.108-120.
Rahman, Muhammad, and Sofan Amri. Kode Etik Profesi Guru. Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2014.
Rasiman, Iman, Amilya Nurul Erindha, and Amilya Nurul Erindha. ?Peran Guru Dalam Membentuk Moral Anak Di TPQ Bani Adnan Wonocolo Surabaya.? JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School 2, no. 1 (2021): 46?52. https://doi.org/https://doi.org/10.47400/jiees.v2i1.34.
Subakri, Subakri. ?Peran Guru Dalam Pandangan Al-Ghazali.? Jurnal Pendidikan Guru 1, no. 2 (2020): 63?75. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v1i2.165.
Suriani. ?PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA PENDIDIK ATAS KEKERASAN YANG DILAKUKAN TERHADAP PESERTA DIDIK.? Citra Justicia 20, no. 1 (2019): 1?6. http://www.jurnal.una.ac.id/index.php/cj/article/view/72.
Susanto, Edi. ?KONSEP INTERAKSI GURU PAI DAN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN? 3, no. 1 (2021): 31?50. http://jurnal.stitmugu.ac.id/index.php/misbahul/article/view/34.
Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2009.
Wahyuddin, Wahyuddin. ?ANALISIS KASUS HUKUM GURU DI INDONESIA? 2, no. 1 (2021): 68?77. https://jurnal.stainmajene.ac.id/index.php/qisthosia/article/view/165.
Yuhana, Asep Nanang, and Fadlilah Aisah Aminy. ?Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor Dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa.? Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7, no. 1 (2019): 80?96. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357.
Refbacks
- There are currently no refbacks.