PENGARUH PENDEKATAN SUPERVISI KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (MAK) MADANI MANADO

Armin Abdullah, Rahmathias Jusuf

Abstract

Kegiatan supervisi lebih banyak mengandung unsur pembinaan, ini dilakukan agar kondisi pekerjaan yang sedang disupervisi dapat diketahui kekurangannya bukan semata-mata mencari kesalahan saja, sehingga apa yang ditemukan dalam supervisi dapat diberitahu bagian-bagian yang membutuhkan perbaikan. Pendekatan survey melalui penyebaran angket penelitian dilakukan pada populasi dan sampel yang berjumlah 20 untuk menemukan peristiwa relatif, dan distributif dalam hubungan antara variabel menguji hipotesis penelitian bahwa terdapat pengaruh pendekatan supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) Madani Manado. Terdapat 2 variabel yaitu Pendekatan Supervisi Kepala Madrasah sebagai variabel independen (X) dan Kinerja guru sebagai variabel dependen (Y). Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pendekatan supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) Madani Manado. Hubungan pengaruh ini dalam kategori kuat sebesar 0.612. Sementara kontribusi yang diberikan oleh pendekatan supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru adalah sebesar 37,5 %. Dalam hal ini Ha diterima, semakin efektif pendekatan supervisi kepala madrasah maka semakin meningkat kinerja guru di Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) Madani Manado.

Full Text:

PDF

References

Basuki. 2020. Evaluasi dan Supervisi Standar Kepala Sekolah dalam Peningkatan Proses Pembelajara, Jurnal Pendidikan Guru Vol. 1 No. 2

Tubagus, Munir. 2020. Development of Learning Management System-Based Blended Learning Model using Claroline in Higher Education, iJIM ‒ Vol. 14, No. 6

Muslim, Sri Banun, 2013. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru, Bandung, Alfabeta

Nabila, Irfani. 2018. Kompetensi Supervisi Kepala Madrasah, Jurnal Islamic Education Manajemen,Vol. 3 No. 1

Sinambela, Lijan Poltak. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif; Untuk Bidang Ilmu Administrasi, Kebijakan Public, Ekonomi, Sosiologi, Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya, Yogyakarta: Graha Ilmu

Pramesti, Getut. 2021. Mudah dan Menyenangkan Mengolah Data dengan SPSS Statistika 26, Jakarta: Gramedia

Ardianto dan Kadir. 2021. Aplikasi Statistik dalam Penelitian dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS, Yogyakarta: Budi Utama

Sabandi, Ahmad. 2013. Supervisi Pendidikan Untuk Pengembangan Profesionalitas Guru Berkelanjutan dalam Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang Vol. 13 No. 2

Maralih. 2014. Peranan Supervisi Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan, Jurnal Keilmuan dan Pendidikan Qathruna UIN Banten Vol. 1 No. 1

I. M. Ariasa Giri. 2016. Supervisi Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah dalam Jurnal Penjaminan Mutu Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar Vol. 2 No. 1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.