KONTRIBUSI SERTIFIKASI TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN BAHAN AJAR GURU PAI SEKOLAH DASAR DI KOTA MANADO

Sumarni Musa

Abstract

Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan tentang bagaimana konstribusi sertifikasi terhadap penguasaan bahan ajar guru pendiidkan agama Islam sekolah dasar di kota Manado. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian campuran dengan mengkombinasikan metode kualitatif dan kuantitatif untuk mendapapatkan data melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, penyebaran isntrumen penelitian, dokumentasi, dan triangulasi. Penelitian ini juga melakukan analisis data dan pengecekan keabsahan data. Dari penelitian ini diperoleh penjelasan bahwa sertifikasi berkonstribusi terhadap guru pendidikan agama Islam Sekolah Dasar di Kota Manado yang telah berstatus PNS maupun Non PNS. Data ini sesuai dengan hasil uji variabel kostribusi sertifikasi yang menunjukan bahwa perhitungan angket variabel konstribusi sertifikasi  mempunyai nilai rata-rata 4,82 untuk guru pendidikan agama Islam yang berstatus pegawai negeri sipil dan 4,55 untuk guru pendidikan agama Islam dengan status non pegawai negeri sipil. Kemudian pada bagian lain sertifikasi berkonstribusi terhadap penguasaan bahan ajar guru pendidikan agama Islam Sekolah Dasar di Kota Manado yang telah berstatus PNS maupun Non PNS. Data menunjukan keduanya berada pada level yang sama-sama menguasai bahan ajar guru. Namun keduanya memiliki perbedaan nilai rata-rata dari uji variabel penguasaan bahan ajar guru pendidikan agama Islam. Nilai rata-rata 4,17 untuk guru pendidikan agama Islam dengan status pegawai negeri sipil dan 4,32 untuk guru pendidikan agama Islam dengan status non pegawai negeri sipil.

 

Kata kunci: konstribusi, sertifikasi, bahan ajar. 

 

 

Full Text:

PDF

References

A. Alquran

Kementerian Agama RI, Al-Hikmah, Al-Qur’an dan Tejemahnya, Bandung: CV Diponegoro, 2015

B. Buku dan Jurnal

A. Sumana, Profesionalisme Keguruan, Yokyakarta: Kanisius , 1994

Abubakar Asnandar. Dampak Sertifikasi Guru Terhadap Kualitas Pendidikan Pada Madrasah Aliyah di Kota Kendari. Jurnal “Al-Qalam” Volume 21 Nomor 1 Juni 2015

Amri, Sofan dan Khoiru Ahmadi, Konstruksi Pengembangan Pembelajaran “Pengaruh Terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2010

Andriani, Dwi Esti, Mutu guru dan Implikasinya Terhadap Mutu Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan No. 01/Th.V/April/2002

Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik “Dalam Interaksi Edukatif” Edisi Revisi Cetakan Ke-3, Jakarta: Rineke Cipta, 2010

Drajat, Manpan Drajat dan M. Ridwan Effendi, Etika Profesi Guru, Bandung, Alfabeta, 2017

Jalal, Fasli, Sertifikasi Guru Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Bermutu. 2007. http://www.sertifikasiguru.org

Khalifah, Mahmud Khalifah dan Usmah Quthub, Menjadi Guru yang Dirindu, Surakarta: Ziyad, t.th

Komalasari, Kokom, Pembelajaran Kontekstual “Konsep dan Aplikasi, Cetakan Pertama, Bandung: Refika Aditama, 2010

Kusnandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Rajawali Pers, 2011

Maisah dan Yamin, Standarisasi Kinerja Guru, Jakarta: Gaung persada, 2010

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi, Bandung. PT. Remaja Rosda Karya, 2008

Mulyasa, E., Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung : Rosdakarya, 2007

Murwati, Hesti, Pengaruh Sertifikasi Profesi Guru Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru di SMK Negeri se-Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi (BISE)Vol.1 No. 1 Tahun 2013.

Muslich, Masnur Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik, Jakarta: Bumi Aksara, 2007

Payong, Marselus R, Sertifikasi Profesi Guru Konsep Dasar, Problematika, dan Implementasinya, Jakarta: PT Indeks, 2001

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media, 2014

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2017

Sujanto, Bedjo, Cara Efektif Menuju Sertifikasi Guru. Cetakan Pertama, Depok: Raih Asa Sukses, 2009

Taufik, Dede, “Dasar Hukum dan Latar Belakang Sertifikasi Guru”, http://www.nadiguru.web.id/2016/06/dasar-hukum-dan-latar-belakang-sertifikasi-guru-2016.html

Triman dan Suprayitno. 2013. Pengaruh Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru Dengan Supervisi Akademik Dan Internal Locus Of Control Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 13, No. 1, 40 April 2013: 40 – 4

W. Creswell, John, Research Design “Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran”. Edisi Ke Empat, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016

W.S Wingkel, Psikologi Pendidikandan Evaluasi Belajar, Jakarta: Gramedia, 1983

Wijaya, Cece dan A. Tabrani Rusyan, Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar, BandungL: Rasda Karya, 1991

C. Undang-Undang

Undang-Undang SISDIKNAS (UU RI No20 Th,2003), Jakarta: Sinar Grafika, 2009.

Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005

D. Obsevasi, Wawancara dan Dokumentasi

Hasil observasi mulai dari awal penelitian hingga bulan Maret, 2022

Wawancara pribadi dengan 12 Guru PAI SD Kota Manado, 24, 25, 26, 27, 28 dan 31 Januari 2022

Wawancara Kepala Sekolah SD Manado, Maret 2022

Data hasil dokumentasi diambil pada Januari-Maret 2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.