LIBRARY MANAGERS’ STRATEGY IN INCREASING STUDENTS' READING INTEREST AT MIN 1 MANADO
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis strategi pustakawan dalam meningkatkan minat baca siswa di MIN 1 Manado dan mengungkap faktor penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dalam menganalisis data. Data primer diperoleh dari responden penelitian yaitu pustakawan, dan guru, sedangkan buku, artikel jurnal, dan dokumen digunakan sebagai data sekunder. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, serta dianalisis dengan teknik analisis induktif. Penelitian ini menemukan bahwa dalam meningkatkan minat baca siswa, pengelola perpustakaan membentuk kelompok belajar yang menjadwalkan kunjungan ke perpustakaan dan membuat tempat baca (pojok baca) di setiap kelas. Selain itu, kegiatan membaca dilakukan dengan mengadakan storytelling, berkunjung ke perpustakaan untuk membaca selama 1 jam, memberikan technical reading, serta memberikan penghargaan kepada siswa yang rajin berkunjung dan meminjam buku di perpustakaan. Kegiatan dan program membaca yang telah disebutkan sebelumnya menarik minat siswa untuk aktif membaca. Selain itu, pengelola perpustakaan bekerjasama dengan wali kelas dan guru mata pelajaran, serta alumni (1 alumni, 1 buku cerita) dalam meningkatkan minat baca siswa. Terakhir, ditemukan faktor penghambat peningkatan minat baca siswa adalah keterbatasan jumlah koleksi buku, minimnya jumlah pengelola perpustakaan, dan kecilnya ruang perpustakaan. Oleh karena itu, diperlukan peran pemerintah terutama dalam hal penambahan koleksi buku, perekrutan tenaga perpustakaan, dan perluasan ruangan perpustakaan.
Full Text:
PDFReferences
Adams, Marilyn Jager. “Advancing Our Students’ Language and Literacy: The Challenge of Complex Texts.” American Educator 34, no. 4 (2011): 3–11. https://eric.ed.gov/?id=EJ909920.
———. Beginning to Read: Thinking and Learning about Print. Cambridge, MA: MIT Press, 1990.
Adhabi, Essa Ali R., and Christina B. Lash Anozie. “Literature Review for the Type of Interview in Qualitative Research.” International Journal of Education 9, no. 3 (September 20, 2017): 86–97. https://doi.org/10.5296/ije.v9i3.11483.
Aziz, Safrudin. Perpustakaan Ramah Difabel: Mengelola Layanan Informasi Bagi Pemustaka Difable. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Bafadal, Ibrahim. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Bastiano, U. S. Pembinaan Minat Baca. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2014.
Bayeck, Rebecca Yvonne. “The Intersection of Cultural Context and Research Encounter: Focus on Interviewing in Qualitative Research.” International Journal of Qualitative Methods 20 (January 1, 2021): 1–8. https://doi.org/10.1177/1609406921995696.
Ciesielska, Malgorzata, Katarzyna W. Boström, and Magnus Öhlander. “Observation Methods.” Qualitative Methodologies in Organization Studies 2 (December 11, 2018): 33–52. https://doi.org/10.1007/978-3-319-65442-3_2.
Cohen, Louis, Lawrence Manion, and Keith Morrison. “Observation.” In Research Methods in Education, 8th ed., 542–62. Routledge, 2017.
Damanik, Erond Litno. “Blended Learning: An Innovative Approach on Social Sciences at Indonesian Higher Education.” Education Quarterly Reviews 3, no. 1 (March 30, 2020): 52–65. https://doi.org/10.31014/aior.1993.03.01.117.
Darmono, Agus. Manajemen & Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: PT. Grasindo, 2004.
Dickerson, Katie. “Reimagining Reading: Creating a Classroom Culture That Embraces Independent Choice Reading.” Penn GSE Perspectives on Urban Education 12, no. 1 (2015). https://eric.ed.gov/?id=EJ1056721.
Faiqoh, Fadhilah, Sidrotun Naim, Deden Rahmanudin, Feb Amni Hayati, and Sabil Mokodenseho. “The Effect of Reward and Punishment Policy on the Productivity of BPJS Health Employees Kotabumi Branch Office.” Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 6, no. 1 (June 9, 2022): 49–60. https://doi.org/10.29240/jsmp.v6i1.4223.
Fitriana, Meida. “Students’ Reading Strategies in Comprehending Academic Reading: A Case Study in an Indonesian Private Collage.” International Journal of Language Education 2, no. 2 (2018): 43–51. https://eric.ed.gov/?id=EJ1245042.
Gambrell, Linda B. “Getting Students Hooked on the Reading Habit.” The Reading Teacher 69, no. 3 (November 2015): 259–63. https://doi.org/10.1002/trtr.1423.
Herlina, Herlina. Ilmu Perpustakaan Dan Informasi. Palembang: IAIN Rafah Press, 2006.
Hiebert, Elfrieda H. “The Forgotten Reading Proficiency: Stamina in Silent Reading.” In Stamina, Silent Reading, & The Common Core State Standards, edited by Elfrieda H. Hiebert, 1–26. Santa Cruz, CA: Text Project, 2014.
Idris, Muh, and Sabil Mokodenseho. “Model Pendidikan Islam Progresif.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 7, no. 2 (July 13, 2021): 72–86. https://doi.org/10.18860/jpai.v7i2.11682.
Kasper, Maile, Krista Uibu, and Jaan Mikk. “Language Teaching Strategies’ Impact on Third-Grade Students’ Reading Outcomes and Reading Interest.” International Electronic Journal of Elementary Education 10, no. 5 (2018): 601–10. https://www.iejee.com/index.php/IEJEE/article/view/509.
Koth, Laurie J. “Motivation Through Routine Documentation.” American Secondary Education 45, no. 1 (2016): 59–69. http://www.jstor.org/stable/45147879.
Lasa HS. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Pinus, 2009.
Naim, Sidrotun, and Sabil Mokodenseho. “Implementation of the Virtual Learning Models during the Covid-19 Pandemic: Students’ Perspectives and Its Lessons.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 8, no. 3 (September 20, 2022): 617–28. https://doi.org/10.33394/jk.v8i3.5570.
Nur, Hamiyah, and Mohammad Jauhar. Pengantar Manajemen Pendidikan Di Sekolal. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya, 2015.
OECD. PISA 2018 Results (Volume II). PISA. Paris: PISA, OECD Publishing, 2019. https://doi.org/10.1787/b5fd1b8f-en.
Perpustakaan Nasional RI. Standar Nasional Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2011.
Poerwadarminta, W. J. S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. 3rd ed. Jakarta: Balai Pustaka, 2007.
Prastowo, Andy. Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Yogyakarta: Diva Press, 2012.
Robbins, Stephen P., and Timothy A. Judge. Perilaku Organisasi. 12th ed. Jakarta: Salemba Empat, 2008.
Rossman, Gretchen B., and Sharon F. Rallis. Learning in the Field: An Introduction to Qualitative Research. 3rd ed. Thousand Oaks, CA.: Sage Publication, Inc., 2012.
Saleh, A. R. Ibnu Ahmad. Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: PT. Hidakarya Agung, 2006.
Saleh, Abdul Rahman. “Peranan Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Kegemaran Membaca Dan Menulis Masyarakat.” Jurnal Pustakawan Indonesia 8, no. 1 (2006): 43–49.
Sinaga, Dian. Mengelola Perpustakaan Sekolah. Bandung: Bejana, 2011.
Stanley, Mandy. “Qualitative Descriptive: A Very Good Place to Start.” In Qualitative Research Methodologies for Occupational Science and Therapy, edited by Shoba Nayar and Mandy Stanley, 37–52. New York & London: Routledge Tylor & Francis Group, 2015.
Suherman, Suherman. Perpustakaan Sebagai Jantung Sekolah: Referensi Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Bandung: Literate Publishing, 2013.
Supriyanto. Peran Perpustakaan Dan Pustakawan Dalam Meningkatkan Minat Dan Budaya Baca. Jakarta: Tribun, 2006.
Sutarno, N. S. Perpustakaan Dan Masyarakat. Jakarta: Sagung Seto, 2006.
Sutarti, Tatik. “Efforts to Increase Students Reading Interest on Educational Reference Through Classical Guidance and Counseling Experiential Learning Model.” Journal of Education, Teaching and Learning 2, no. 1 (2017): 59–64. https://www.learntechlib.org/p/209156/.
Suwarno, Wiji. Perpustakaan Dan Buku. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Thomas, David R. “A General Inductive Approach for Analyzing Qualitative Evaluation Data.” American Journal of Evaluation 27, no. 2 (June 30, 2006): 237–46. https://doi.org/10.1177/1098214005283748.
Utami, Larasati Dyah. “Tingkat Literasi Indonesia Di Dunia Rendah, Ranking 62 Dari 70 Negara.” Tribunnews.com, April 22, 2021. https://www.tribunnews.com/nasional/2021/03/22/tingkat-literasi-indonesia-di-dunia-rendah-ranking-62-dari-70-negara?page=2.
Wekke, Ismail Suardi, and Sabil Mokodenseho. “Religious Teaching and Learning in Minority Muslim of Manado Indonesia.” In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, Science, and Technology (ICEST 2017), 187–89. Atlantis Press, 2017. https://doi.org/10.2991/ICEST-17.2017.62.
———. “Tolerance,
Refbacks
- There are currently no refbacks.