PERAN EKOLOGI MADRASAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KERJA KERAS SISWA DI MAN 1 KERINCI

Mira Zuzana, Ican Mandala

Abstract

Lingkungan kehidupan sosial menjadi indikator yang menentukan kualitas kepribadian individu. Teori Bronfenbrenner menyatakan bahwa kontribusi ekologi memiliki kedudukan yang penting dalam membentuk karakter generasi muda.  Instansi pendidikan merupakan suatu upaya yang dilakukan dalam mendukung pembentukkan karakter generasi muda (peserta didik), terutama pada Madrasah Aliyah. Perhatian madrassah tidak hanya fokus pada kurikulum dalam mencapai tujuan tersebut, melainkan juga pada lingkungan peserta didik yang meliputi tenaga pendidik dan seluruh elemen yang berinteraksi dalam madrasah tersebut. Lingkungan madrasah yang memiliki karakteristik kompetensi maka akan berdampak dalam pembentukkan karakter kerja keras peserta didik. Dorongan untuk berkerja keras akan terbentuk dengan sendirinya pada setiap individu peserta didik. Maka peserta didik akan berupaya menyesuaikan diri dengan lingkungan interaksinya sesuai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan di Marasah Aliyah Negeri 1 Kerinci dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh tersebut kemudian di analisis dengan menggunakan tahap, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini diperoleh hasil bahwa ekologi pendidikan Madrasah memiliki peran dalam membentuk karakter kerja keras pada peserta didik. Keterlibatan berbagai komponen tidak dapat terlepas dalam upaya pembentukkan karater peserta didik di MAN 1 Kerinci. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berkontirbusi dalam pembetukkan karakter kerja keras peserta didik pada ekologi madrasah.

Full Text:

PDF

References

Abdul, Majid, and Dian Andayani. “Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: PT.” Remaja Rosdakarya, 2012.

Agusta, Ivanovich. “Teknik Pengumpulan Dan Analisis Data Kualitatif.” Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor 27, no. 10 (2003).

Asbari, Masduki, Wakhida Nurhayati, and Agus Purwanto. “Pengaruh Parenting Style Dan Personality Genetic Terhadap Pengembangan Karakter Anak Di Paud Islamic School.” JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD 4, no. 2 (2019): 148–63.

Bronfenbrenner, Urie. The Ecology of Human Development: Experiments by Nature and Design. Harvard university press, 1979.

Bronfenbrenner, Urie, T Husen, and T N Postlethwaite. “International Encyclopedia of Education.” Ecological Models of Human Development 3 (1994): 37–43.

Dewantara, KI Hajar. Bagian Utama Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Pustaka Taman Siswa, 1977.

Ekowarni, Endang. “Kenakalan Remaja: Suatu Tinjauan Psikologi Perkembangan.” Buletin Psikologi 1, no. 2 (2016): 24–27.

Guru. “Observasi,” n.d.

Hakim, Lukmanul. “Analisis Perbedaan Antara Kurikulum KTSP Dan Kurikulum 2013.” Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran 17, no. 2 (2017): 280–92.

Harini, Sri. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013.” Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora 4, no. 2 (2018).

Hasbi. Wawancara Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, n.d.

HM, Arifin. “Kapita Selekta Pendidikan Islam Dan Umum.” Jakarta: Bumi Aksara, 1991.

Imaningtyas. Biologi Untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Gelora Aksara Pratama, 2018.

Indonesia, Departemen Agama Republik. “Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS Serta Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.” Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Depag RI, 2007.

Izzaty, Rita Eka. “Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini: Sudut Pandang Psikologi Perkembangan Anak.” Jurnal Pendidikan Karakter 1, no. 1 (2012): 1–9.

Jalil, Abdul. “Karakter Pendidikan Untuk Membentuk Pendidikan Karakter.” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 2 (2016): 175–94.

Jamil, Mhd. “Wawancara,” n.d.

Jamin, Ahmad. “Filsafat Pendidikan Islam.” ALFABETA, 2014.

Kamar, Karnawi, Masduki Asbari, Agus Purwanto, Wakhida Nurhayati, Eva Agistiawati, and Rachma Nadhila Sudiyono. “Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Praktek Pola Asuh Orang Tua Berdasarkan Genetic Personality.” JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 6, no. 1 (2020): 75–86.

Khusairi, Halil, and Ican Mandala. “Perkawinan Adat: Analisis Hukum Dan Sistem Perkawinan Di Kerinci Dalam Perspektif Hukum Islam.” Istinbath 21, no. 2 (2022): 227–42.

Lestari, Dara Ayu. “Wawancara,” n.d.

Mandala, Ican. “Human Rights and Persons with Disabilities: Design of Buk-Smart-Logi Learning Media (Technology Smart Books) as an Islamic Education Learning Media Innovation.” Jurnal HAM 13, no. 3 (2022): 509. https://doi.org/10.30641/ham.2022.13.509-518.

Marzuki. Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Penerbit Azmah, 2017.

Muchtar, Dahlan, and Aisyah Suryani. “Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 3, no. 2 (2019): 50–57.

Mujahidah, Mujahidah. “Implementasi Teori Ekologi Bronfenbrenner Dalam Membangun Pendidikan Karakter Yang Berkualitas.” Lentera: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi 17, no. 2 (2015): 145304.

Mulyaningsih, Indrati Endang. “Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 20, no. 4 (2014): 441–51.

Nurfirdaus, Nunu, and Nursiti Hodijah. “Studi Tentang Peran Lingkungan Sekolah Dan Pembentukan Perilaku Sosial Siswa SDN 3 Cisantana.” Educator 4, no. 2 (2018): 113–29.

“Observasi Man 1 Kerinci,” n.d.

Permadi, Indra. “Pendidikan Karakter Anak Menurut Teori Ekologi Dalam Psikologi Perkembangan,” n.d. https://www.kompasiana.com/indrapermadi3159/607d3aff44b5781b206352c2/pendidikan-karakter-anak-menurut-teori-ekologi-dalam-psikologi-perkembangan.

Salim, Ahmad. “Manajemen Pendidikan Karakter Di Madrasah: Sebuah Konsep Dan Penerapannya.” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 1, no. 02 (2015): 1–16.

Salsabila, Unik Hanifah. “Teori Ekologi BronfenBrenner Sebagai Sebuah Pendekatan Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Al-Manar: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam 7, no. 1 (2018): 139–58.

Sekar. “Wawancara,” n.d.

Subianto, Jito. “Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas.” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8, no. 2 (2013).

Suka, Angelina Simai, Saemah Rahman, and Shahlan Surat. “Persepsi Guru Tentang Pengaruh Ekologi Mikrosistem Terhadap Pembentukan Tingkah Laku Disruptif Dalam Kalangan Murid Sekolah Rendah.” Jurnal Dunia Pendidikan 3, no. 1 (2021): 581–91.

Yuliawan, Dhedhy, and Taryatman Taryatman. “Pendidikan Karakter Dalam Kajian Teori Ekologi Perkembangan.” Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 7, no. 1 (2020).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.