PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PENDIDIKAN INDONESIA

Ahmad Junaedy Abu Huraerah, Abdurrahman Wahid Abdullah, Alimuddin Rivai

Abstract

This journal discusses about the influence of Information and Communication Technology (ICT) on education in Indonesia. The use of ICT in education has been evolved and  it is used as a tool to enhance the quality of education and opening access for the public. However, the use of ICT also has both positive and negative impacts that need to be considered. This research indicates that ICT has a significant influence in education, enabling easy and fast access to various types of information from around the world, facilitating communication among individuals, fostering innovation and research ideas, and changing the way we interact with others worldwide. However, the use of ICT also has negative effects such as internet misuse and gadget addiction. To maximize the use of ICT in education, cooperation between the government, schools, and the community is essential. Fast and affordable internet access must be ensured, and an optimal curriculum that incorporates ICT usage needs to be developed. Training on ICT usage in teaching should also be provided to teachers and lecturers, while supervision of ICT usage in the school or campus environment needs to be enhanched.

 

Keywords: Influence, Technology of Information, Education.

Top of Form

 

 

Abstrak

Jurnal ini membahas pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap pendidikan di Indonesia. Penggunaan TIK dalam pendidikan telah berkembang pesat dan digunakan sebagai alat untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memperluas akses bagi masyarakat. Namun, penggunaan TIK juga memiliki dampak positif dan negatif yang perlu dipertimbangkan. Penelitian menunjukkan bahwa TIK memiliki pengaruh signifikan pada pendidikan, memungkinkan akses mudah dan cepat ke berbagai jenis informasi dari seluruh dunia, memfasilitasi komunikasi antar individu, mendorong inovasi dan ide penelitian, dan mengubah cara kita berinteraksi dengan orang lain di seluruh dunia. Namun, penggunaan TIK juga memiliki dampak negatif seperti penyalahgunaan internet dan kecanduan gadget. Untuk memaksimalkan penggunaan TIK dalam pendidikan, diperlukan kerja sama antara pemerintah, sekolah, dan masyarakat. Akses internet yang cepat dan terjangkau harus dijamin, dan kurikulum yang optimal yang mencakup penggunaan TIK perlu dikembangkan. Pelatihan tentang penggunaan TIK dalam pembelajaran juga perlu diberikan kepada guru dan dosen, sementara pengawasan penggunaan TIK dalam lingkungan sekolah atau kampus perlu ditingkatkan.

Full Text:

PDF

References

Abidin, D. Z. (2015). Kejahatan dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Processor, 10(2), 509–516.

Anderson, T., & Rivera Vargas, P. (2020). A critical look at educational technology from a distance education perspective. Digital Education Review, 2020, Num. 37, p. 208-229.

Ariani, R., & Festiyed, F. (2019). Analisis landasan ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan dalam pengembangan multimedia interaktif. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2).

Autor, D. H. (2015). Why are there still so many jobs? The history and future of workplace automation. Journal of Economic Perspectives, 29(3), 3–30.

Azzahra, S. A. (2022). Pengaruh Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Pendidikan Indonesia Di Era Digital.

Baktiono, T. E. (2020). Pemanfaatan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Dilansir Dari Situs.

Benitez, Jose, Gautam Ray, and J. H. (2018). Impact Of Information Technology Infrastructure Flexibility On Mergers And Acquisitions. MIS Quarterly: Management Information Systems, 42(1), 25–43.

Brynjolfsson, E., & McAfee, A. (2014). The second machine age: Work, progress, and prosperity in a time of brilliant technologies. WW Norton & Company.

Carstens, K. J., Mallon, J. M., Bataineh, M., & Al-Bataineh, A. (2021). Effects of Technology on Student Learning. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 20(1), 105–113.

Dewi, N. K. R., Tegeh, I. M., & Sudhita, I. W. R. (2013). Pengembangan Media Presentasi Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013 di SD Negeri 2 Sawan. Jurnal Edutech Undiksha, 1(2).

Hasibuan, N. (2016). Development of Islamic Education with Educational Technology Implications. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(2), 189–206.

Huda, I. A. (2020). Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhadap kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125.

Junco, R., Heiberger, G., & Loken, E. (2011). The effect of Twitter on college student engagement and grades. Journal of Computer Assisted Learning, 27(2), 119–132.

Kristanto, A. (2016). Aplikasi teknologi pendidikan di sekolah. Jurnal TEKPEN, 4(1), 13–16.

Kuncoro, A. A. (2022). Dampak Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan.

Kurniawan, H., & Hasanah, E. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Inovasi dan Kreativitas Guru di Masa Pandemi di SD Muhammadiyah Bantul Kota. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 56–66.

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100.

Mahedy, K. S. (2009). Peranan Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 6(2).

Munawaroh, S. (2006). Peranan Trips (Trade Related Aspects of Intelectual Property Rights) terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual di Bidang Teknologi Informasi di Indonesia. Dinamik, 11(1).

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187.

Saddhono, K., Mulyaningsih, I., Sudarsana, I. K., & Manurung, R. T. (2019). Indonesian Language Teachers’ Attitudes Toward ICT Utilization In Learning For Elementary School In Surakarta. Journal of Physics: Conference Series, 1254(1), 12062. IOP Publishing.

Saputra, D. (2020). Fenomena informasi palsu (hoax) pada media sosial di tengah pandemi covid-19 dalam perspektif Islam. Mau’idhoh Hasanah: Jurnal Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 2(1), 1–10.

Sari, W. S., Dewi, I. N., & Setiawan, A. (2012). Multimedia Presentasi Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Pengenalan Pancaindra dalam Mendukung Mata Pelajaran IPA Tingkat Sekolah Dasar. Semantik 2012, 24–29.

Sudibyo, L. (2011). Peranan dan Dampak Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal WIDYATAMA Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, 20(2), 175–185.

Suryadi, S. (2015). Peranan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran dan perkembangan dunia pendidikan. Informatika, 3(3), 133–143.

Tatas, H. L., Dini Anggraheni, S. S., & Adiprana Yogatama, S. S. (2022). Kahoot as An Alternative Interactive Learning Media in Digital Era. ELTLT 2021: Proceedings of the 10th UNNES Virtual International Conference on English Language Teaching, Literature, and Translation, ELTLT 2021, 14-15 August 2021, Semarang, Indonesia, 106. European Alliance for Innovation.

Taufiq, M. (2017). Pengaruh Teknologi Informasi Dalam Keprofesian Dan Implikasinya Dalam Dunia Pendidikan: Pengaruh Teknologi Informasi Dalam Keprofesian Dan Implikasinya Dalam Dunia Pendidikan. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 176–185.

Triyono, & Febriani, R. D. (2018). Pentingnya Pemanfaatan Teknologi Informasi oleh Guru Bimbingan dan Konseling. Jurnal Wahana Konseling, 1(2), 74–83.

Van Dijk, J. A. G. M. (2012). The evolution of the digital divide-the digital divide turns to inequality of skills and usage. In Digital enlightenment yearbook 2012 (pp. 57–75). IOS Press.

Wong, C. Y. L., Millar, C. C. J. M., & Ju Choi, C. (2006). Singapore in transition: from technology to culture hub. Journal of Knowledge Management, 10(5), 79–91.

Yuberti, Y. (2015). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Akademika Jurnal Pemikiran Islam STAIN Jurai Siwo Metro Lampung.

Yusuf, S., & Nabeshima, K. (2007). How universities promote economic growth. World Bank Publications.

Zamista, A. A. (2022). Asesmen Online sebagai Asesmen Alternatif dalam Pembelajaran Era Digital: Penelitian Systematic Literature Review. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 27(2), 108–119.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.