IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH PENGGERAK

Andi Mukarramah Nagauleng, Dwi Wahyuni Maulana Luwawo

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui cara
mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti di SDIT Harapan Bunda Manado, di mulai dari
cara penerapan Kurikulum Merdeka yang terdiri dari persiapan guru, cara
pelaksanaan dan cara penilaian, kemudian factor pendukung serta factor
penghambat dalam menerapkan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengambil
objek SDIT Harapan Bunda Manado. Teknik pengumpulan data dilakukan
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini
yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru Pendidikan Agama Islam.
Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pembelajaran
Pendidikan Agama Islam terdiri dari 3 kegiatan yang pertama ada kegiatan
pendahuluan lalu kegiatan inti dan di tutup dengan kegiatan penutup. Kemudian
terdapat Adapun factor pendukung dari kurikulum Merdeka di SDIT Harapan
Bunda Manado yaitu Keunggulan SDIT Harapan Bunda Manado, Kegiatan
pertemuan ( Pamong ) yang diselenggarakan setiap pekannya, serta peningkatan
kreativitas guru. Adapun factor penghambat dalam penerapannya yaitu kurang
pelatihan yang dikhususkan untuk guru PAI, Kesibukan guru dikarenakan
padatnya kegiatan yang ada di SDIT Harapan Bunda Manado, Pembelajaran
terdiferensiasi yang kurang maksimal, serta beberapa guru yang mindsetnya
beelum berubah, komposisi guru yang masih kurang, kemampuaj siswa yang
berbeda-beda, serta kurangnya suport orang tua. dalam proses perencanaan


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Ana Widyastuti, Menjadi Sekolah Penggerak dan Guru Penggerak: MERDEKA

BELAJAR dan Implementasinya, Jakarta: PT Alex Media Komputindo,

Buchari Alma, Guru Profesional, Bandung: Alfabeta, 2014

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Jakarta: Balai Pustaka, 1998

E. Mulyasa. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosda

Karya, 2013

Haris Herdiansyah, Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Saleba Humanika,

John M. Echols dan Hassan Shadily, An English-Indonesian Dictionary, Jakarta:

PT. Gramedia, 1986

Khoirurrijal, dkk, Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, Malang: CV.

Literasi Nusantara Abadi, 2022

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja

Rosdakarya, 2016

M. Wina Sanjaya, M. Kurikulum Dan Pembelajaran (Teori & Praktek KTSP).

Jakarta: Kencana, 2008

Nurfuadi, Profesionalisme Guru, Purwokerto: Stain Press, 2012

S. Margono, Metode Penelitian Pendidikan, Rineka Cipta: Jakarta, 1997

Sudarwan Danim, Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru, Bandung: Alfabeta,

Sudirman N, Ilmu Pendidikan, Bandung: Remaja Karya, 2007

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek, Jakarta:

Rineka Cipta, 2010

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta,

Soemanto & Soetopo. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum Sebagai

Substansi Problem Administrasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara (1991).

Wina Sanjaya, M. Kurikulum Dan Pembelajaran (Teori & Praktek KTSP),

Jakarta: Kencana, 2008

Wahab dkk, Kompetensi Guru Agama Tersertifikasi, Semarang: Robar Bersama,

Zakiyah Drajat dkk, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2014

Aswinda, NP & Yessy Karista.. “Dampak Implementasi Kurikulum Sekolah

Penggerak Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 8

Pontianak”. JUWARA: Jurnal Wawasan dan Aksara. No. 2. (2022).

Darise, Gina Nurvina. Pendidikan Agama Islam Dalam Konteks Merdeka Belajar.

Jurnal Ilmiah PAI (FITK) IAIN Manado, No. 2 Vo. 2 (2021).

Fahrian Firdaus Syafi’i, “Merdeka Belajar; Sekolah Penggerak” dalam Prosiding

Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar dalam Menyambut

Era Masyarakat 5.0” Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 25

November 2021

Fauzi, A. Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak (Studi Kasus

Pada SMAN1 Pengaron Kabupaten Banjar). Jurnal Pahlawan, 18(2), 2022

Herman Sanusi, “Media Kurikulum Merdeka Belajar Suatu Kajian Sosiologi

Pendidikan dalam Menggugah Perspektif Masa Kini”, Jurnal Pemikiran

dan Pengembangan Pembelajaran, Vol 4, No 3 September-Desember

Idhartono, Amelia Rizky. Literasi Digital Pada Kurikulum Merdeka Belajar Bagi

Anak Tunagrahita. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 6 No. 1 (2022).

Jannah, Faridatul., dkk. Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar

Jurnal Al YAZIDIY: Ilmu Sosial, Humaniora dan Pendidikan, No 4

Vo. 2 (2022).

Kamal, S. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Upaya

Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi

Mipa SMA Negeri 8 Barabai. Jurnal Pembelajaran & Pendidik (JULAK),

Vol. 1 No.1, 2021. h. 92

Nur ahid, “Konsep Dan Teori Kurikulum Dalam Dunia Pendidikan”. Jurnal

Islamica Vol. 1, No. 2. (2006)

Pillawaty, Shinta Sri., dkk. (2023). Problematika Guru Pendidikan Agama Islam

Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Jurnal Prosiding Ilmu

Kependidikan UNIDA Gontor, Vol.1 (2023)

Rifa’I, Ahmad., dkk. “Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran

PAI Di Sekolah”. Jurnal Syntax Admiration, No.3 (2022).

Sarlin Patilima, “Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas

Pendidikan”, Jurnal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo tahun

Suesthi Rahayuningsih, Achmad Rijanto, “Upaya Peningkatan Kompetensi

Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran pada Program Sekolah

Penggerak di Nganjuk” Jurnal Abdi Masyarakat UMUS Vol.2, No.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jiep.v9i2.3379

Article Metrics

Abstract view : 43 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
All publication by  JIEP: Journal of Islamic Education Policy' are licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License .