IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH PENGGERAK
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui cara
mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti di SDIT Harapan Bunda Manado, di mulai dari
cara penerapan Kurikulum Merdeka yang terdiri dari persiapan guru, cara
pelaksanaan dan cara penilaian, kemudian factor pendukung serta factor
penghambat dalam menerapkan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengambil
objek SDIT Harapan Bunda Manado. Teknik pengumpulan data dilakukan
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini
yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru Pendidikan Agama Islam.
Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pembelajaran
Pendidikan Agama Islam terdiri dari 3 kegiatan yang pertama ada kegiatan
pendahuluan lalu kegiatan inti dan di tutup dengan kegiatan penutup. Kemudian
terdapat Adapun factor pendukung dari kurikulum Merdeka di SDIT Harapan
Bunda Manado yaitu Keunggulan SDIT Harapan Bunda Manado, Kegiatan
pertemuan ( Pamong ) yang diselenggarakan setiap pekannya, serta peningkatan
kreativitas guru. Adapun factor penghambat dalam penerapannya yaitu kurang
pelatihan yang dikhususkan untuk guru PAI, Kesibukan guru dikarenakan
padatnya kegiatan yang ada di SDIT Harapan Bunda Manado, Pembelajaran
terdiferensiasi yang kurang maksimal, serta beberapa guru yang mindsetnya
beelum berubah, komposisi guru yang masih kurang, kemampuaj siswa yang
berbeda-beda, serta kurangnya suport orang tua. dalam proses perencanaan
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Ana Widyastuti, Menjadi Sekolah Penggerak dan Guru Penggerak: MERDEKA
BELAJAR dan Implementasinya, Jakarta: PT Alex Media Komputindo,
Buchari Alma, Guru Profesional, Bandung: Alfabeta, 2014
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Jakarta: Balai Pustaka, 1998
E. Mulyasa. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosda
Karya, 2013
Haris Herdiansyah, Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Saleba Humanika,
John M. Echols dan Hassan Shadily, An English-Indonesian Dictionary, Jakarta:
PT. Gramedia, 1986
Khoirurrijal, dkk, Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, Malang: CV.
Literasi Nusantara Abadi, 2022
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja
Rosdakarya, 2016
M. Wina Sanjaya, M. Kurikulum Dan Pembelajaran (Teori & Praktek KTSP).
Jakarta: Kencana, 2008
Nurfuadi, Profesionalisme Guru, Purwokerto: Stain Press, 2012
S. Margono, Metode Penelitian Pendidikan, Rineka Cipta: Jakarta, 1997
Sudarwan Danim, Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru, Bandung: Alfabeta,
Sudirman N, Ilmu Pendidikan, Bandung: Remaja Karya, 2007
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek, Jakarta:
Rineka Cipta, 2010
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta,
Soemanto & Soetopo. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum Sebagai
Substansi Problem Administrasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara (1991).
Wina Sanjaya, M. Kurikulum Dan Pembelajaran (Teori & Praktek KTSP),
Jakarta: Kencana, 2008
Wahab dkk, Kompetensi Guru Agama Tersertifikasi, Semarang: Robar Bersama,
Zakiyah Drajat dkk, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2014
Aswinda, NP & Yessy Karista.. “Dampak Implementasi Kurikulum Sekolah
Penggerak Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 8
Pontianak”. JUWARA: Jurnal Wawasan dan Aksara. No. 2. (2022).
Darise, Gina Nurvina. Pendidikan Agama Islam Dalam Konteks Merdeka Belajar.
Jurnal Ilmiah PAI (FITK) IAIN Manado, No. 2 Vo. 2 (2021).
Fahrian Firdaus Syafi’i, “Merdeka Belajar; Sekolah Penggerak” dalam Prosiding
Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar dalam Menyambut
Era Masyarakat 5.0” Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 25
November 2021
Fauzi, A. Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak (Studi Kasus
Pada SMAN1 Pengaron Kabupaten Banjar). Jurnal Pahlawan, 18(2), 2022
Herman Sanusi, “Media Kurikulum Merdeka Belajar Suatu Kajian Sosiologi
Pendidikan dalam Menggugah Perspektif Masa Kini”, Jurnal Pemikiran
dan Pengembangan Pembelajaran, Vol 4, No 3 September-Desember
Idhartono, Amelia Rizky. Literasi Digital Pada Kurikulum Merdeka Belajar Bagi
Anak Tunagrahita. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 6 No. 1 (2022).
Jannah, Faridatul., dkk. Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar
Jurnal Al YAZIDIY: Ilmu Sosial, Humaniora dan Pendidikan, No 4
Vo. 2 (2022).
Kamal, S. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Upaya
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi
Mipa SMA Negeri 8 Barabai. Jurnal Pembelajaran & Pendidik (JULAK),
Vol. 1 No.1, 2021. h. 92
Nur ahid, “Konsep Dan Teori Kurikulum Dalam Dunia Pendidikan”. Jurnal
Islamica Vol. 1, No. 2. (2006)
Pillawaty, Shinta Sri., dkk. (2023). Problematika Guru Pendidikan Agama Islam
Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Jurnal Prosiding Ilmu
Kependidikan UNIDA Gontor, Vol.1 (2023)
Rifa’I, Ahmad., dkk. “Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran
PAI Di Sekolah”. Jurnal Syntax Admiration, No.3 (2022).
Sarlin Patilima, “Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas
Pendidikan”, Jurnal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo tahun
Suesthi Rahayuningsih, Achmad Rijanto, “Upaya Peningkatan Kompetensi
Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran pada Program Sekolah
Penggerak di Nganjuk” Jurnal Abdi Masyarakat UMUS Vol.2, No.
DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jiep.v9i2.3379
Article Metrics
Abstract view : 43 timesPDF - 36 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
All publication by
JIEP: Journal of Islamic Education Policy'
are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
.