OPTIMALISASI MANAJEMEN SARANA PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD ISLAM TERPADU HARAPAN BUNDA MANADO

Martina Nafratilofa Mooduto, Abdul Latif Samal, Ishak Wanto Talibo

Abstract


penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi manajemen sarana dan prasarana pendidikan yang efektif dalam meningkatkan mutu Pendidikan di SD IT Harapan Bunda Manado, serta menganalisis faktor penghambat dan solusi yang memengaruhi mutu Pendidikan di SD IT Harapan Bunda manado. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi pendukung data-data penelitian. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan narasumber utama dan narasumber pendukung, kemudian menganalisis data yang telah terkumpul dan melakukan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana di SD IT Harapan Bunda Manado meliputi perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan pengawasan. Optimalisasi manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SD IT Harapan Bunda Manado dengan melakukan pengadaan fasilitas pembelajaran serta penggunaan, penataan, pemeliharaan sarana dan prasarana secara optimal. Optimalisasi manajemen sarana dan prasarana yang dilaksanakan cukup optimal, karena masih terdapat kekurangan. Kelebihan dari optimalisasi manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran yaitu: 1) memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, 2) memudahkan peserta didik dalam memahami materi, 3) memudahkan dalam mengakses informasi pendidikan, 4) meningkatkan minat baca peserta didik, 5) menanamkan jiwa anti korupsi sejak dini, 6) memudahkan dalam ulangan, 7) mengembangkan bakat peserta didik, 8) memudahkan dalam pelaksanaan praktikum, 9) mengembangkan psikomotorik peserta didik, 10) lingkungan kelas maupun luar kelas yang selalu bersih, 11) suasana kelas yang selalu kondusif dan nyaman, dan 12) meminimalisir biaya perawatan. Adapun kekurangan dari optimalisasi manajemen sarana dan prasarana yaitu: ruang kelas yang belum memadai sehingga beberapa ruangan lain dipotimalkan untuk dijadikan ruang kelas dan belum tersedianya gudang penyimpanan sarana dan prasarana belajar sehingga penataannya masih tidak beraturan.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Ali Riyadi, Manajemen Mutu Pendidikan (Yogyakarta: IRCiSoD, 2006).

Ahmadi Rulam, Metodologi Penelitian Kualitatif (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014).

Alda Alexa, “Pengembangan Mutu Pendidikan Ditinjau dari Segi Sarana dan Prasarana PLPP,” Jurnal Sifa Pendidikan 1, no. 1 (2012).

Ariawan Sandy, Eko Suncaka, dan Maya Trisia Wardani, Administrasi Pendidikan (Yogyakarta: Sulur Pustaka, 2023).

Arif Rohman, Politik Ideologi Pendidikan (Yogyakarta: Laksbang Mediatama, 2019).

Ary Gunawan, Administrasi Sekolah: Administrasi Pendidikan Mikro (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1996).

Bafadal Ibrahim, Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar (Jakarta: Bumi Aksara, 2023).

Barnawi dan Arifin, Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah (Yogyakarta: Ar-Ruzza Media, 2012).

Choirul Fuad Yusuf, Budaya Sekolah dan Mutu Pendidikan (Jakarta: PT. Pena Citrasatria, 2008).

E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, cet. 7 (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004).

Faozan Tri Nugroho, “Pengertian Manajemen, Tujuan dan Fungsi yang Perlu Diketahui,” Bola.com (Januari 2021), diakses pada 6 Desember 2023.

George R. Terry dan Leslie W. Rue, Dasar-Dasar Manajemen (Jakarta: Bumi Aksara, 2010).

Hamzah B. Uno, Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2007).

H. A. R. Tilaar dan Rian Nugroho, Kebijakan Pendidikan (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2019).

John W. Creswell, Research Design, cet. IV (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014).

Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya.

Leny Marlina, “Tipe-Tipe Kepemimpinan dalam Manajemen Pendidikan,” Jurnal Ta’dib 18, no. 2 (2023).

Martinis Yamin dan Maisah, Manajemen Pembelajaran Kelas: Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Jakarta: GP Press, 2009).

Maryono, Menakar Kebijakan RSBI: Analisis Kritis Studi Implementasi (Yogyakarta: Magnum Pustaka, 2020).

Munjin, “Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan di Madrasah,” Jurnal Komunika 7, no. 2 (Juli–Desember 2013).

Muhammad Ainul Karim, Optimalisasi Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Menciptakan Kepuasan Konsumen di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso (Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Shiddiq Jember, 2022).

Nanang Fattah, Landasan Manajemen Pendidikan, cet. 3 (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000).

Nasrudin, “Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Pembelajaran di SD,” Jurnal Manajemen Pendidikan 13, no. 1 (Januari 2018).

Ngainun Naim dan Achmad Patoni, Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007).

Nur Zalin, Gerakan Menata Mutu Pendidikan (Jakarta: Ar-Ruzza Media, 2011).

Pius A. Partanto dan M. Dahlan Al Barry, Kamus Ilmiah Populer (Surabaya: Arkola, 1994).

Prim Maskoran Mutohar, Manajemen Mutu Sekolah: Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam.

Rahmayani, “Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Produktivitas Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan 18, no. 2 (Desember 2020).

Rina Fitria, Strategi Optimalisasi Peran Komite Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Malang I (Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2009).

Sobri, Pengelolaan Pendidikan (Yogyakarta: Multi Pressindo, 2009).

Sri Haryati, “Manajemen Biaya Pendidikan,” Jurnal Untidar, Universitas Tidar Magelang, 2019.

Sudiyono, Dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Pendidikan (Yogyakarta: FIP UNY, 2017).

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2011).

Suharsimi Arikunto dkk., Manajemen Pendidikan (Yogyakarta: Aditya Media, 2018).

Suparlan, Rancang Bangun Pendidikan Islam (Yogyakarta: Belukar, 2014).

Syafarudin, Efektivitas Kebijakan Pendidikan: Konsep, Strategi, dan Aplikasi Kebijakan Menuju Organisasi Sekolah Efektif (Jakarta: Rineka Cipta, 2018).

Uhar Suharsaputra, Metode Penelitian: Kualitatif dan Tindakan (Bandung: PT. Refika Aditama, 2012).

Ujamil Qomar, Manajemen Pendidikan Islam (Malang: Erlangga, 2007).

Vincent Gaspersz, Total Quality Management (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2001).

Zaini Hasan, “Manajemen Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an,” Jurnal Al-Fikrah 1, no. 1 (Januari–Juni 2013).




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jiep.v9i1.3386

Article Metrics

Abstract view : 169 times
PDF - 198 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
All publication by  JIEP: Journal of Islamic Education Policy' are licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License .