IMPLEMENTASI MATA KULIAH AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN BAGI MAHASISWA NON-MUSLIM DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MANADO

Mutmainnah Septiani Al Marozy, Muh. Idris, Ardianto Ardianto

Abstract


Perguruan Tinggi Muhammadiyah -Aisyiyah mewajibkan seluruh mahasiswa untuk mengikuti mata kuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK), akan tetapi di Universitas Muhammadiyah Manado menurut data PDDikti Tahun 2022, ada lebih 30% mahasiswa non-Muslim dan Universitas Muhammadiyah Manado sendiri termasuk ke dalam delapan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) kategori Kampus Krismuha (Kristen Muhammadiyah Manado). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dan faktor yang menghambat proses mata kuliah Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) bagi mahasiswa non-Muslim di Universitas Muhammadiyah Manado. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-kualitatif. Data dalam penelitian ini, yaitu teks hasil wawancara dan hasil observasi. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Informan utama, yaitu Wakil Rektor Bidang AIK, Kepala Lembaga AIK, Dosen Pengampu Mata Kuliah AIK dan mahasiswa non-Muslim di Program Sarjana dan Diploma pada Fakultas Ilmu Kesehatan. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif model Miles & Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan pembelajaran AIK bagi mahasiswa non-Muslim, ialah tidak mewajibkan mahasiswa non-Muslim untuk mengikuti mata kuliah Al Islam dan Kemuhammadiyahan, yang muatan materinya membahas tentang teologis agama Islam, sedangkan mahasiswa non-Muslim wajib mengikuti mata kuliah yang muatan materinya sudah mencakup tentang Kemuhammadiyahan. Alasannya, Universitas Muhammadiyah Manado bersifat eksklusif dimana isu-isu keberagaman dan toleransi belum dikembangkan secara mendalam. Universitas Muhammadiyah Manado belum menetapkan standar baku kurikulum Mata Kuliah Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK).

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Zuchri, Metode Penelitian Kualitatif (Makassar: Syakir Media Press, 2021).

Afandi, “Banyak Yang Tidak Tahu, Berikut Ini Delapan ‘Kampus Kristen Muhammadiyah’,” Muhammadiyah.or.Id, 2023, diakses 24 Desember 2023, https://muhammadiyah.or.id/banyak-yang-tidak-tahu-berikut-ini-delapan-kampus-kristen-muhammadiyah/.

Ahmed, Muhammad, Khasanah Pendidikan Islam (Banjarmasin: Al-Washliyah Press, 2019).

Andri, Gunawan, Fakhrurrozi, Farihen, Ilham, Mundzir, dan lain-lain, Kemuhammadiyahan (Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, 2018).

Arifin, Syamsul, “Rekonstruksi Al-Islam-Kemuhammadiyahan (AIK) Perguruan Tinggi Muhammadiyah Sebagai Praksis Pendidikan Nilai,” Edukasi 13, no. 2 (2015): 201–21.

Arlini, Indah, dan Acep Mulyadi, “Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan Tentang Pendidikan Islam,” Turats 14, no. 2 (2022): 41–70, https://doi.org/10.33558/turats.v14i2.4465.

Azizah, Aik, “Konsep Pendidikan Islam Multikultural Menurut Muhammad Amin Abdullah,” Tesis (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2021).

Budi, S., dan Muzakki, M, “Penerapan Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Multikultural Di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong,” Journal Citizen Education Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan 2 (2020).

Diktilitbang, Majelis, Sebaran PTMA Di Indonesia Dan Malaysia per 06 Juli 2024, 2024.

Fachruddin, A.R., Mengenal & Menjadi Muhammadiyah (Malang: UMM Press, 2005).

Fiantika, Feny Rita, Metodologi Penelitian Kualitatif, ed. oleh Yuliatri Novita (Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi, 2022).

Fridiyanto, Faisal Riza, dan Firmansyah, Mengelola Multikulturalisme: Agama, Politik, Pendidikan, Sosial Dan Budaya (Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022).

Guhuhuku, Ferdi, “Agust Laya Sebut 30 Persen Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Manado Non Muslim,” Tribun Manado, 2023, diakses 24 November 2023, https://manado.tribunnews.com/2023/05/09/agust-laya-sebut-30-persen-mahasiswa-universitas-muhammadiyah-manado-non-muslim.

Hardani, Helmina Andriani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Ria Rahmatul Istiqomah, Roushandy Asri Fardani, dan lain-lain, Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2020).

Hazmi, Dhian Wahana Putra, Amri Gunasti, dan Abdul Jalil, Ideologi Muhammadiyah (Jember: PT. Jamus Baladewa Nusantara, 2020).

Hermawan dan Nasruddin, “Implementasi Kurikulum Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Perspektif Multikultural,” Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) 8, no. 2 (2022), https://doi.org/10.37729/jpse.v8i2.2511.

Huda, Nadya, “Implementasi Mata Kuliah Pendidikan Pancasila Terhadap Pendidikan Karakter Di Universitas Achmad Yani Banjarmasin,” Jurnal Pahlawan 17, no. 02 (2021).

Idris, Syarif, “Persepsi Mahasiswa Non Muslim Tentang Pembelajaran Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan (Studi Kasus Di Universitas Muhammadiyah Kupang),” Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 4, no. 2 (2020).

Kahar, Muhammad Syahrul, dan Daeng Pabalik, “Profil Pendidikan Karakter Mahasiswa Non Muslim Dalam Implementasi Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan,” Al-Hayat 2, no. 1 (2018), https://alhayat.or.id/index.php/alhayat/article/view/21.

Kemendikbud, BPBP, “Kamus Besar Bahasa Indonesia,” BPBP Kemendikbud, 2023.

KBBI (Jakarta: Pusat Bahasa, 2008).

Khairunnisa, R. Nazlia, dan I. A. Mahfi, “Mencapai Martabat Mulia Dengan Ilmu (Kajian Q.S Al-Mujadilah Ayat 11),” Jurnal Studi Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 5, no. 1 (2023): 215–46.

Kisah Dosen ITB AD Jakarta Mengajar AIK Multikultural Untuk Non Muslim,’ 2024, https://wartaptm.id/kisah-dosen-itb-ad-jakarta-mengajar-aik-multikultural-untuk-non-muslim/.

Madjid, Nurcholish, Masyarakat Religius (Jakarta: Paramadina, 1997).

Miles, Matthew, dan A. Michael Humberman, Qualitative Data Analysis (London: SAGE Publications, Inc., 1994).

Murdiyanto, Eko, Metode Penelitian Kualitatif (Teori Dan Aplikasi Disertai Contoh Proposal) (Yogyakarta: UPN ‘Veteran’ Yogyakarta Press, 2020).

Mu’thi, Abdul, Abdul Munir Mulkhan, dan Djoko Marihandono, K.H. Ahmad Dahlan (1868-1923) (Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).

Mu’ti, Abdul, dan Fajar Riza Ul Haq, Kristen Muhammadiyah: Mengelola Pluralitas Agama Dalam Pendidikan (Jakarta: Kompas, 2023).

Muttaqin, Ahmad, Budhi Akbar, Daniel Fernandez, Muhammad Samsuddin, Munawwar Khalil, Nawari Ismail, dan lain-lain, Standar Mutu AIK PTMA (Yogyakarta: Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, 2020).

Nurasmawati, dan Ristiliana, Pendidikan Multikultural (Pekanbaru: Asa Riau, 2021).

Nurhayati, St, Mahsyar Idris, dan M Al-Qadri Burga, Muhammadiyah Dalam Perspektif Sejarah, Organisasi Dan Sistem Nilai, ed. oleh M Al-Qadri Burga (Jogjakarta: Trustmedia Publishing, 2018).

Pajarianto, Hadi, dan Muhaemin, “Al-Islam Kemuhammadiyahan Bagi Non-Muslim: Studi Empirik Kebijakan Dan Model Pembelajaran Di Universitas Muhammadiyah Palopo,” Al-Qalam 26, no. 2 (2020), https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31969/alq.v26i2.853.

Pendidikan, Jurnal Pemikiran, dan Mutia A Prasong, “Pembelajaran AIK Multikultural Di STKIP Muhammadiyah Kalabahi Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur,” 29, no. 1 (2023): 139–43, https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i1.4330.

Purba, Isma Asmaria, dan Ponirin, “Perkembangan Amal Usaha Organisasi Muhammadiyah Di Bidang Pendidikan Dan Kesehatan,” Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA 1, no. 2 (2013): 101–11, http://ojs.uma.ac.id/index.php/jppuma.

RENSTRA Universitas Muhammadiyah Manado (Manado: Tim LPM Universitas Muhammadiyah Manado, 2022).

Rusydi, Rajiah, “Peran Muhammadiyah (Konsep Pendidikan, Usaha-Usaha Di Bidang Pendidikan, Dan Tokoh),” TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 2 (2017), https://doi.org/10.26618/jtw.v1i2.367.

Saleh, Sirajuddin, Analisis Data Kualitatif, ed. oleh Hamzah Upu, Pertama (Bandung: Pustaka Ramadhan, 2017).

Santina, R O, F Hayati, dan R Oktariana, “Analisis Peran Orangtua Dalam Mengatasi Perilaku Sibling Rivalry Anak Usia Dini,” Jurnal Ilmiah Mahasiswa 2, no. 1 (2021): 1–13, .

Syahrul, “Menanamkan Kemuhammadiyahan Pada Mahasiswa Non-Muslim Melalui Pendidikan Multikultural Di Universitas Muhammadiyah Kupang,” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 18, no. 2 (2020): 171–85, http://jurnaledukasikemenag.org.

Tahir, Gustia, “Muhammadiyah (Gerakan Sosial Keagamaan Dan Pendidikan),” Jurnal Adabiyah X (2010): 160–70.

Tafsir Qur’an Kemenag Surah Ali Imran Ayat 18’, Qur’an Kemenag, https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/3?from=18&to=18.

Ubadah, PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (Konsep, Pendekatan, Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran) (Palu: Pesantren Anwarul Qur’an, 2022).

Wahab, Mohammad Ihsan, dan lain-lain, “Pembelajaran AIK Multikultural Di Universitas Muhammadiyah Maumere,” Jurnal Paris Langkis 4, no. 2 (2024).




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jiep.v9i2.3389

Article Metrics

Abstract view : 90 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
All publication by  JIEP: Journal of Islamic Education Policy' are licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License .