PENDIDIKAN RAMAH ANAK DALAM PERLINDUNGAN DAN PEMENUHAN HAK SANTRI (Studi Kasus: Pondok Pesantren Arafah Bitung)

Andi Darmawan Bongkang, Rukmina Gonibala, Adri Lundeto

Abstract


Penelitian ini mengangkat tema perlindungan dan pemenuhan hak anak berdasarkan kasus – kasus kekerasan yang terjadi pada santri di lingkungan pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan ramah anak dalam perlindungan dan pemenuhan hak santri di pondok pesantren Arafah Bitung, menjelaskan faktor – faktor penghambatnya, dan menemukan nilai-nilai pendidikan ramah anak yang relevan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan unsur pimpinan, pengasuh, dan santri pondok pesantren Arafah Bitung. Hasil penelitian mengungkap bahwa pendidikan ramah anak di pondok pesantren Arafah Bitung bertujuan untuk membentuk generasi yang kuat dalam keyakinan, ibadah, dan perilaku Islam, serta siap dalam berdakwah dan berinteraksi. Keterbatasan akses komunikasi, infrastruktur pendukung, dan kesesuaian jadwal kegiatan menjadi faktor penghambat dalam menerapkan pendidikan ramah anak di pondok pesantren Arafah Bitung. Nilai – nilai pendidikan ramah anak di pondok pesantren Arafah Bitung mencakup keadilan dan kesetaraan, keselamatan dan kesejahteraan, serta komunikasi dan partisipasi.


Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemahnya. Mushaf Al-Hadi, Jakarta: Maktabah al-Fatih, 2018.

Agustian, Dewi. Polisi tetapkan empat tersangka Kasus penganiayaan yang tewaskan santri Iqbal, https://surabaya.tribunnews.com, 2017. Diakses pada tanggal 15 September 2023

Anwar, Faisal dan Putry Julia, Analisis Strategi Pembinaan Kesehatan Mental Oleh Guru Pengasuh Sekolah Berasrama Di Aceh Besar Pada Masa Pandemi, Jurnal Edukasi: Bimbingan Konseling, Vol. 7, No. 1, 2021.

Arif, Mohammad. Urgenitas Pesantren Dalam Inovasi Pendidikan, (Kediri: IAIN Kediri Press , 2019

Arifin, M. Zainal. Tradisionalisme Sistem Pendidikan Pesantren Salafiyyah di Era Modernisasi (Studi Kasus di Pondok Pesantren Assya’roniyyah Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur), Lampung: Tesis UIN Raden Intan Lampung, 2018.

al-Dimasyqi, Imad al-Din Abi al-Fida Ismail Ibn Katsir. Tafsir Al-Qur’an Al Adzim al-Qahirah: Maktabat al-Shafa, 2002.

as-Suyuthi, Imam. Sebab-sebab Turunnya Ayat al-Qur’an, Jakarta: Qisthi Press, 2017.

Baqi, Muhammad Fu’ad Abdul. Shahih Bukhari Muslim (Al-Lu’Lu’ Wal Marjan), Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2017.

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Yogyakarta: Gajah Mada Press, 2001.

Burhanudin. Pemenuhan Hak-Hak Dasar Anak Dalam Perspektif Islam. ADLIYA: Jurnal Hukum dan Kemanusiaan, Vol. 8, No. 2, 2014.

Chaterine, Rahel Narda. “Data Komnas Perempuan Pesantren Urutan Kedua Lingkungan Pendidikan Dengan Kasus Kekerasan Seksual” kompas.com, 10 Desember 2021. Di akses pada tanggal 2 Juni 2023.

Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, 2015. “Panduan Sekolah Ramah Anak”, Di akses pada tanggal 2 Juni 2023.

Dewi, Vemmi Kesuma, dkk. Pendidikan Ramah Anak, Surabaya: Cipta Media Nusantara, 2021.

Dinas Kominfo Jawa Timur. “PEMPROV BERKOLABORASI WUJUDKAN PESANTREN RAMAH ANAK” KOMINFO.JATIMPROV.GO.ID, 14 Juli 2022. Di akses pada tanggal 2 Juni 2023.

Efendi, Hermawan. Cara Mempertahankan Nilai KeIslaman di Pondok Pesantren Al-Aziz Polaman Manisrenggo pada Masa Covid-19, Kediri: Prosiding Nasional Pascasarjana IAIN Kediri, Vol. 4, 2021.

Farhani. Pendidikan Islam Ramah Anak (Studi Perlindungan Anak dan Pemenuhan Hak Anak di Pondok Pesantren Darul Muttaqien), Jakarta: Tesis UIN Syarif Hidayatullah, 2021.

Fadhilah, Awaliya Nur dan Munjin, Kekerasan Dalam Pendidikan di Sekolah: Bentuk, Sebab, Dampak dan Solusi, Jurnal Kependidikan, Vol. 10, No. 2, 2022.

Fajrussalam, Hisny, dkk. Kekerasan Pada Anak Dalam Sudut Pandang Hukum Islam, Jurnal ilmiah Wahana Pendidikan, Vol. 9, No. 16, 2023.

Fitri, Riskal dan Syarifuddin Ondeng. Pesantren di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter, Al-Urwatul Wutsqa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 1, 2022.

Haris, Mohammad Akmal. Urgensi Digiatlisasi Pendidikan Pesantren di Era Society 5.0, Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2023.

Hasan, Subri. Pesantren: Kaderisasi Ulama dan Regenerasi Umat, LENTERNAL: Learning and Teaching Journal, 2022.

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 4836 Tahun 2022 tentang Panduan Pendidikan Pesantren Ramah Anak

Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pedoman Pesantren Ramah Anak, Jakarta: 2019.

Kompri. Manajemen dan Kepemimpinan Pondok Pesantren, Jakarta: Prenada Media, 2018.

Kurniawansyah, Edy dan Dahlan. Penyebab Terjadinya Kekerasan Terhadap Anak (Studi Kasus di Kabupaten Sumbawa), Jurnal CIVICUS: Pendidikan Penelitian Pengabdian, Vol. 9, No. 2, 2021.

Lundeto, Adri. Digitalisasi Pesantren: Hilangnya Budaya Tradisionalis atau Sebuah Kemajuan?, Jurnal Education and Development, Vol. 9, no. 3, 2021.

--------------------. Pedagogi, Kekuatan dan Tantangan Bagi Transformasi Pendidikan Pesantren, AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, Vol. 3, No. 2, 2021.

--------------------. Perkembangan Pendidikan Islam di Era Globalisasi: Tantangan dan Peluang, Journal of Scientech Research and Development, Vol. 5, No. 2, 2023.

--------------------. Sistem Pendidikan Pesantren (Analisis Masalah dan Solusi), Malang: UM Press, 2012.

Lundeto, Adri dan Musdalifah Dachrud. Pesantren di Sulawesi Utara (Analisis Kritis Sistem Pendidikannya), Surabaya: Conference Proceedings Annual International Conference on Ismaic Studies (AICIS) XII, 2012.

Lundento, Adri, dkk. Tantangan dan Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Era Revolusi Industri 4.0, Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, Vol. 13, No. 3, 2021.

Manshuri, Hanif. Begini reka ulang kejadian tewasnya santri 13 tahun ditangan teman-temannya, https://surabaya.tribunnews.com, 2016. Diakses pada tanggal 15 September 2023

Margareta, Tri Sella dan Melinda Puspita Sari Jaya. Kekerasan Pada Anak Usia Dini (Study Kasus Pada Anak Umur 6-7 Tahun Di Kertapati), Jurnal Wahana Didaktika, Vol. 18, No. 2, 2020.

Pitoni, Ahmad Faisal. MODEL PENDIDIKAN KEMANDIRIAN PONDOK PESANTREN (Studi di Pondok Pesantren Terpadu Ushuluddin, Lampung Selatan), Lampung: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG, 2018.

Prasetiawan, Hardi. “ Peran Bimbingan Konseling Dalam Pendidikan Ramah Anak”, Jurnal CARE (Children Advisory, Research and Education), Vol.4, No.1, Juli 2016.

Qomar, Mujamil. Pesantren, dari Transformasi Metodologi Menuju Demolratisasi Institusi, Jakarta : Galora Aksara Pratama, 2014.

Ramdani, dkk. Peran Pesantren dalam Pembentukan Karakter Santri Pada Masa COVID-19, KINERJA: Journal of Economics and Business, Vol. 18, No. 3, 2021.

Rizqo, Kanavino Ahmad. Santri Kediri Tewas Di-Bully KemenPPPA: Alarm Keras Pesantren Keagamaan, https://news.detik.com, 2024. Diakses pada tanggal 14 Maret 2024

Saini, Mukhamat. Model Pengembangan Pesantren Ramah Anak Sebagai Upaya Deradikalisasi Keagamaan Sejak Dini (Studi Kasus Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang Jawa Timur), Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 02, No. 01, 2020.

Salam, Rufaidah. Penidikan di Pesantren dan Madrasah, IQRA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 1, No. 1, 2021.

Sary, Yessy Nur Endah. Fenomena Kekerasan Psikoogis Pada Anak Usia Dini Dalam Keluarga, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 7, No. 1, 2023.

Shihab, Quraish M. Tafsir Al-Misbah: Pesan, kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, Vol. 7, 2002.

Sholeh, Asrorun Ni’am. Panduan Sekolah Ramah Anak, Jakarta: Erlangga, 2016.

Subagyo, Joko. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004.

Sugiyarto, Santri sekap dan hajar teman hingga tewas ini latar belakangnya, https://surabaya.tribunnews.com, 2015. Diakses pada tanggal 15 September 2023

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2013.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2003.

Suprayogo, Imam dan Tobroni. Metodologi Penelitian Sosial-Agama, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2003.

Siregar, Muammar Kadafi. “Pondok Pesantren Antara Misi Melahirkan Ulama Dan Tarikan Modernisasi”, Jurnal Al-Thariqah, Vol. 3, No. 2, 2018.

Syafe’i, Imam. “Pondok Pesantren Lembaga Pendidikan Pembentuk Karakter”, Al Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam,Vol 8, No.1, 2017.

Tiara Shelavie, 6 fakta Kasus pengeroyokan Robby Alhalim Santri di Tanah Datar, tangkai sapu jadi barang bukti, https://surabaya.tribunnews.com, 2015. Diakses pada tanggal 15 September 2023

Tunru, Muh. Idris. Pembaruan Pendidikan Islam, Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2009.

---------------------, Pola Dasar Pendidikan Islam, IAIN Manado: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 2008.

Undang-Undang SISDIKNAS No.20 Tahun 2013 Tentang Pemenuhan Hak Pemenuhan.

Zuhriy, M. Syaifuddien. Budaya Pesantren dan Pendidikan Karakter Pada Pondok Pesantren Salaf. Jurnal Walisongo, Vol. 19, No. 2, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jiep.v9i2.3391

Article Metrics

Abstract view : 69 times
PDF - 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
All publication by  JIEP: Journal of Islamic Education Policy' are licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License .