EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP MINAT BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN SKI SISWA KELAS 5 IN 1 MINAHASA

Khairunnisa Hadji Ali, Rafiud Ilmudinulloh

Abstract


Efektivitas media pembelajaran Quizizz terhadap minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Minahasa. Penelitian ini membahas tentang penggunaan dan pengujian media Quizizz terhadap minat belajar peserta didik, dalam pembelajaran SKI di kelas 5 MIN 1 Minahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media pempelajaran Quizizz efektif terhadap minat belajar dalam pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam  kelas 5 dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas Quizizz. Metode penelitian yang digunakan pada peelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan tekni pengumpulan data berupa angket. Hasil dari penelitian ini didasarkan dari hasil uji hipotesis korelasi sederhana dengan nilai signifikasi sebesar 0,001 < 0,05 dengan nilai kepercayaan 95%, maka Ho ditolak dan Hα diterima. Faktor – faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran melalui Quizizz dapat dilihat dari indikator – indikator yang telah dianalisis faktor dengan hasil dari 10 faktor yang ada terdapat  9  faktor  yang  efektif  dengan  nilai  factor loading  >  0.60.

Full Text:

PDF

References


Akbar, Rahmatullah, Weriana, Rusdy A Siroj, And M Win Afgani. 2023 “Experimental Reseacrch Dalam Metodologi Pendidikan.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.

Amsul, Khusnul Mawaddah, Irmayanti Irmayanti, Fitriani Fitriani, And Sudirman P. 2022 “Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Man 2 Sinjai.” Jtmt: Journal Tadris Matematika.

Kristanto, Vigih Hery. 2018 Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulids Ilmish (Kti). Pertama. Yogyakarta: Deepblublish.

Muliani, M, And D Darmawati. 2022 “Efektivitas Penggunaan Quizizz Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Pada Pembelajaran Daring Mahasiswa Di Kabupaten Pohuwato.” Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.

Mutmainnah, Annisa. 2022 “Efektivitas Pemanfaatan Platform Quizizz Sebagai Media Dalam Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 1 Bengkulu Utara.” Ghaitsa : Islamic Education Journal.

Novia, Lestari. 2020 Media Pembelajaran Berbasisi Multimedia Interaktif. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Pane, Saipul Ashari. 2023 “Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Belajar Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa.” Jurnal Riyadhah: Jurnal Pendidikan Islam. Priadana, Sidik. 2021 Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang: Pascal Books.

Purwianto, Adelia Fadillah, And Eni Fariyatul Fahyuni. 2021 “Pengaruh Aplikasi Quizizz Pai Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam.

Rahma, Fatikh Inayahtur. 2019 “Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah- Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Bagi Anak Sekolah Dasar).” Jurnal Studi Islam.

Sapriyah. 2019 “Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan.

Sugiyono. 2013 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Ke-19. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno. 2021 Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Tik Materi Topologi Jaringan Dengan Media Pembelajaran. Edited By Yayuk Umaya. Cetakan Pe. Malang: Ahli Media Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jiep.v9i2.3392

Article Metrics

Abstract view : 71 times
PDF - 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
All publication by  JIEP: Journal of Islamic Education Policy' are licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License .