Inovasi Pengembangan Kurikulum Berorientasi Continous Quality Improvement di Lembaga Pendidikan Islam

Hannah Mahfuzhah

Abstract

Abstract.,Education always develops with the flow of time. Education must always be up to date to meet the need for education that is relevant to the needs of the times, education developers must do various kinds of efforts, including improvements in the curriculum.Efforts to improve curriculum are a necessity. Education managers cannot turn a blind eye to the flow of globalization, inevitably they have to innovate the curriculum so that it is relevant to the times, flexible and not troublesome, effective to implement, and efficient in time, cost and energy.These efforts can be carried out by applying the concept of Continuous Quality Improvement by adopting the Deming concept, namely PDCA (Plan, Do, Check, Act and Analyze).In the PDCA cycle there is a continuous link, it means that improvements will always occur during quality improvement is still a priority and aspiration with education managers

 

Keyword: Continous Quality Improvement, Innovation, Education Curriculum.

 

Abstrak., Pendidikan selalu berkembang setiap waktu, sehingga diharuskan untuk selalu melakukan pembaruan. Untuk memenuhi kebutuhan sistem pendidikan yang relevan dengan kebutuhan zaman, pengembangan pendidikan harus melakukan berbagai upaya, salah satunya adalah peningkatan kurikulum.Upaya untuk meningkatkan kurikulum adalah suatu keharusan. Pemangku pendidikan tidak dapat menutup diri terhadap arus globalisasi yang mengharuskan adanya inovasi agar relevan dengan perkembangan zaman, pembaruan tersebut meliputi fleksibelitas, mudah dipahami, efektif , efisien baik waktu, biaya dan energi. Upaya ini dapat dilakukan dengan menerapkan konsep Continuous Quality Improvementdengan mengadopsi konsep Deming, yaitu PDCA (Plan, Do, Check, Act and Analyze). Dalam siklus PDCA terdapat hubungan yang berkelanjutan yang menunjukkan bahwa perbaikan akan selalu terjadi selama peningkatan kualitas dijadikan prioritas dan aspirasi oleh pemangku pendidikan.

Kata Kunci: Continous Quality Improvement,Inovasi, Kurikulum Pendidikan

Full Text:

PDF

References

Asmuni, A. (2013). Konsep Mutu dan Total Quality Manajement (TQM) Dalam Dunia Pendidikan. Ta’dib: Journal of Islamic Education (Jurnal Pendidikan Islam), 18(01), 16-42.

Azis, R. (2018). Implementasi Pengembangan Kurikulum. Inspiratif Pendidikan, 7(1), 44-50.

Baharun, H. (2016). Pendidikan Anak Dalam Keluarga; Telaah Epistemologis. PEDAGOGIK: JURNAL PENDIDIKAN, 3(2).

Baharun, H. (2017). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik (Konsep, Prinsip, Model, Pendekatan dan Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum PAI). Yogyakarta: Cantrik Pustaka.

Dardiri, A. (2011). Diversifikasi kompetensi lulusan pendidikan dan latihan vokasi untuk lebih kompetitif. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal teknologi, Kejuruan dan Pengajarannya, 34(1).

Darmadji, A. (2015). Pengembangan Madrasah Berbasis Manajemen Mutu Total Untuk Meningkatkan Moral Bangsa. El-Tarbawi, 8(1), 1-18.

Fatkhurrohman, A., & Subawa, S. (2016). Penerapan Kaizen Dalam Meningkatkan Efisiensi Dan Kualitas Produk Pada Bagian Banbury PT Bridgestone Tire Indonesia. Jurnal Administrasi Kantor Bina Insani, 4(1), 14-31.

Baharun, H. (2017). Zamroni. Manajemen Mutu Pendidikan: Ikhtiar Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Melalui Pendekatan Balanced Scorecard. Tulungagung: Akademia Pustaka.

Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Indriyanto, B. (2012). Pengembangan Kurikulum sebagai Intervensi Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(4), 440-453..

Mora, J. N. C. (2014). Continuous improvement strategy. European Scientific Journal, ESJ, 10 (34).

Kristiawan, M., Safitri, D., & Lestari, R. (2017). Manajemen Pendidikan.

Muslimin, N. (2016). Inovasi Kurikulum dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Multi Kasus di MTsN Watulimo). Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 43-61.

Akhwan, M. (2003). Peningkatan Dan Standarisasi Mutu Pendidikan. El-Tarbawi, 8, 36-45.

Priamiani, C. N., & Ariani, D. W. (2005). Total Quality Management dan Service Quality dalam Organisasi Pendidikan Tinggi.

Saifulloh, A. (2012). Konsep Continuous Quality Improvement (CQI) dalam Dunia Pendidikan. At-Ta'dib, 7(1).

Indonesia, R. (2002). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2003 Tentang Perlindungan Anak. Kementerian Pemberdayaan Perempuan, Republik Indonesia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.