Praktik Pendidikan Islam Salafi di Manado Dalam Membentuk Kesalehan Beragama

Arhanuddin Arhanuddin, Almunauwar Bin Rusli, Muhajirun Mokodompit

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang Praktik pendidikan Islam Salafi di Manado dalam membentuk kesalehan beragama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis serta mendeskripsikan upaya kaum Salafi dalam membentuk kesalehan beragama melalui pendidikan Islam yang dikelolah oleh lembaga pendidikannya. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis datanya dalam penelitian ini yakni melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam membentuk kesalehan beragama melalui pendidikan Islam,maka dalam praktik pendidikan yang dilakukan oleh Salafi lebih difokuskan pada pembentukan akidah dan ahklak yaitu dengan cara mulai mengenalkan Islam sejak dini yaitu dengan mulai mengajarkan nilai-nilai dasar dalam Islam. Hal ini diyakini dapat membentuk kebiasaan dan kepribadian para santri. Adapun metode yang digunakan adalah dengan memberikan peneladanan serta dengan senantiasa memberikan nasehat dan peringatan. Selain metode strategi yang digunakan oleh para pendidik dalam membentuk kesalehan beragama adalah dengan senantiasa memerintahkan para santri untuk mempraktikkan hal-hal yang telah dipelajari sertamengulang-ngulang kembali materi yang telah dipelajari.

Full Text:

PDF

References


Badaruddin Kemas, Filsafat Pendidikan Islam : Analisis Pemikiran Syed

Muhammad Al-Naquib al-attas, Cet 1; Yoyakarta: Pustaka Belajar 2007

Daradjat Zakia, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. 2; Jakarta: Bumi Aksara 1992

Denny Frederick M, Ritual Islam : Perspektif Teory, dalam Richard C. Martin

(editor), Pendekatan Kajian Islam Dalam Studi Agama, Cet.2 Surakarta :

Muhammadiyah University Press 2002

Djumransyah H.M dan Abdul Malik Karim Amrullah, Pendidikan Islam:

Menggali Tradisi Meneguhkan Tradisi, Malang : Uin Pres 2007

Khalimi, Ormas-ormas Islam,Sejarah, akar Teologi dan Politik, Cet. 1; Jakarta

:Gaung Persda Press 2010

Nizar, Samsul, Haji, Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis, Teoritis dan

Praktis, Cet. 1; Jakarta :Ciputat Press 2002

Pepinsky Thomas B, R. William Liddle dan Saiful Munjani, Kesalehan dan

Pilihan Politik :Memahami Kebangkitan Islam Politik Dari Perspektif

Indonesia, Jakarta : Prenada Media Grup, 2018

Sanaky Hujair AH, Pembaruan Pendidikan Islam : Paradigma, Tipologi dan

Pemetaan Menuju Masyarakat Madani Indonesia, Cet. 1; Yogyakarta :

Kaukaba Dipantara 2015

Saparudin, Pendidikan Islam di Tengah Diseminasi dan Kontestasi Ideologis

Gerakan Keagamaan di Lombok, dalam Greg Fealy dan Sally White

(editor), Mozaik KaJian Islam di Indonesia Jakarta: PT. Pustaka

Alvabet,2018

Sugiono, Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, Cet. 25;

Bandung : Alva Beta, 2010

Artikel :

Ahmad Saidiman, Husni Mubarak, dan Testriono (editor), Pembaharuan Tanpa

Apologia: Esai-Esai Tentang Ahmad Wahib, https://www.academia.edu

(diakses tanggal 20 Desember 2019)

https://m.republika.co.id/amp, (diakses 16 Desember 2019)

ZA Tabrani, Isu-Isu Kritis Dalam Pendidikan Islam Menurut Perspektif

Pedagogik Kritis, Jurnal Ilmiah Islam Futura, Vol. 13 No. 2 Februari 2014,

h. 262, https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php (diakses 23 Januari 2020)




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v1i1.1066

Article Metrics

Abstract view : 626 times
PDF - 523 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization

Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)