Peran Organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah Dalam Membentuk Sikap Moderasi Beragama Siswa Madrasah Aliyah Tanamon Kecamatan Sinonsayang Kabupaten Minahasa Selatan
Abstract
Jurnal ini membahas bagaimana Peran Organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah Dalam Membentuk Sikap Moderasi Beragama Siswa Madrasah Aliyah Tanamon Kecamatan Sinonsayang Kabupaten Minahasa Selatan.
Dalam penelitian ini ada tiga rumusan masalah yaitu : (1) Bagaimana tingkat keaktifan siswa Madrasah Aliyah Tanamon dalam organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah? (2) Bagaimana sikap moderasi beragama siswa yang mengikuti organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah ? (3) Bagaimana peran organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah terhadap sikap moderasi beragama siswa ?.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum siswa Madrash Aliyah Tanamon berperan aktif dalam mengikuti organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah. Hal ini disebabkan karena sebagian besar siswa Madrasah Aliyah Tanamon merupakan lulusan dari MTs Muhammadiyah Tanamon yang salah satu program wajibnya ialah mengikuti pengkaderan Ikatan Pelajar Muhammadiyah. Selain itu, siswa lainnya yang berasal dari lulusan SMP sekitar mengikuti pengkaderan Ikatan Pelajar Muhammadiyah setelah bersekolah di Madrasah Aliyah Tanamon. Organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah Minahasa Selatan memberikan peran yang sangat penting dalam menumbuhkan pemahaman dan perilaku bermoderasi siswa. Organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah Minahasa Selatan malakukan kegiatan-kegiatan seperti kajian-kajian, kegiatan yang bergerak pada bagian sosial, dan menumbuhkan semangat wawasan kebangsaan siswa.
Kata kunci: Organisasi, pelajar, Muhammadiyah, moderasi agama
Full Text:
PDFReferences
Ibnu ‘Asyur. (1984). at-Tahrir Wa at-Tanwir. Tunis: ad-Dar Tunisiyyah.
LaPSI PP IPM . (2016) IDEOLOGI GERAKAN Ikatan Pelajar Muhammadiyah. Yogyakarta. Lembaga Pengembangan Sumberdaya Insani (LaPSI) IPM.
Nata, Abudin. 2016. Islam Rahmatan li al-‘Alamin sebagai Model Pendidikan Islam Memasuki Asean Community (Kuliah Tamu Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang)
Shihab, Muhammad Quraish. (2001) Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur'an. Jakarta. Lentera Hati.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cet Ke-25. Bandung. Alfabeta.
Tim Penyusun Kementrian Agama RI. (2019). Moderasi Beragama Cet. Pertama. Jakarta. Kementerian Agama RI.
https://ipm.or.id/sejarah/. Diakses tanggal 11 Februari 2019
DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v2i1.1710
Article Metrics
Abstract view : 1385 timesPDF - 712 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization
Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam
Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)