Metode Membaca Dan Menghafal Al-Qur’an bagi Santri Kelas VII di Pondok Pesantren Arafah Bitung dan Pesantren LPI PKP Manado
Abstract
Skripsi ini meneliti tentang “Metode Membaca dan Menghafal Al-Qur’an Bagi Santri Kelas VII di Pondok Pesantren Arafah Bitung dan Pesantren LPI PKP Manado”. Tujuan penelitian mengetahui bagaimana metode membaca dan menghafal Al-Qur’an bagi santri kelas VII di Pondok Pesantren Arafah Bitung dan Pesantren LPI PKP Manado.
Metode penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif. Tekhnik pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen utama dalam pengumpulan data adalah penulis sendiri yang dilengkapi oleh dokumen wawancara, tape recorder, dan catatan lapangan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui langkah-langkah sebagai berikut : (1) reduksi data, (2) penyajian data dan, (3) penarikan kesimpulan. Kemudian untuk menguji apakah data yang diperoleh dalam penelitian itu sah dan benardilakukan uji keabsahan data dengan trigulasi data dan membercheck.
Dari langkah-langkah yang penulis tempuh, maka penulis dapatkan jawaban dari penelitian bahwa : Metode membaca dan menghafal Al-Qur’an yang diterapkan di Pondok Pesantren Arafah Bitung dan Pesantren LPI PKP Manado dapat berjalan dengan maksimal yang pelaksanaannya dilakukan oleh seluruh santri baik kelas VII sampai dengan kelas IX. Serta tantangan yang dihadapi dalam metode membaca dan menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Arafah Bitung dan Pesantren LPI PKP Manado adalah dari segi lulusan santri itu sendiri, ada yang lulusan madrasah dan ada juga santri yang lulusan sekolah dasar biasa.
Kata kunci: Membaca dan Menghafal Al-Qur’an, PesantrenFull Text:
PDFReferences
Farihah, I., & Nurani, I. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Skema Hidden Curriculum Di Mts Nurul Huda Medini Dem
Al-Hafidz, Ahsin W, Bimbingan Peraktis Al-qur’an, Jakarta : Bumi Aksara , 2015
Al-Kahil, Abdul Daim, Hafal Al-Qur’an Tanpa Nyantri, Sukoharjo : Pustaka Arafah, 2011.
Arwani, M. Ulinnuha , Thariqah Baca Tulis dan Menghafal Al-Qur’an “Yanbu’a” Jilid I, Kudus : Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an, 2004.
Ash-Shiddieqy, M. Hasby, Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Jakarta : Bulan Bintang, 2000.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka, 2005.
Direktur Jenderal Bimbingan Agama Islam, Metode-Metode Membaca Al-Qur’an di Sekolah Umum , Jakarta : Depag RI, 2000.
Gafur, Abd, Kajian Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dalam Perspektif Multiple Intellingences.
Kementrian Agama RI, Al-Qur’an dan terjemahnya, Jakarta: PT Sinergi Pustaka Indonesia, 2012.
Muhaimin, Dkk, Kawasan dan Wawasan Studi Islam , Jakarta : Kencana, 2005.
Munjahid, Strategi Menghafal Al-Qur’an 10 Bulan Khatam, ,Yogyakarta : Idea Press, 2007
Murjito, Imam, Pengantar Metode Qira’ati, Semarang : Raudhatul Mujawwidin, 2002.
Nawbuddin Abdu Rabb, dan Koswara H.A.E. , Metode Efektif Menghafal Al Qur’an, Jakarta: Tri Daya Inti, 1992
Sa’dulloh, 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an, Depok : GEMA INSANI, 2008.
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Edisi Pertama Cet Ke 2 Jakarta: Kencana, 2007.
Setiawan, Conny R., Metode Penelitian Kualitatif,Jakarta : PT. Grasindo, 2010.
Shihab, M. Quraish, Tafsir Al-Misbah, Jakarta : Lentera Hati, 2002.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), (Bandung: Alfabeta, 2016.
Supardi, Perbandingan Metode Membaca Al-Qur’an Bagi Para Pelajar Pemula di TK/TPA kelurahan Bareng Malang, Mataram : 2004
Supian, Ilmu-Ilmu al-Qur’an Praktis Tajwid Tahfizh dan Adab Tilawah al-Qur’an AlKarim, ditashih oleh Ust. Dzul Adzmi al-Hafiz, Jakarta: Gilang Persada(GP) Pers, 2012.
Tambak, Syahrini, Pendidikan Agama Islam Konsep Metode Pembelajaran PAI, Yogyakarta : Graha Ilmu, 2014.
W, Ahsin,Bimbingan Praktis Menghafal al-Qur’an, Jakarta : Bumi Aksara, 2000
ak. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(1), 213–234. http://doi.org/10.21043/EDUKASIA.V12I1.2347
DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v2i1.1711
Article Metrics
Abstract view : 457 timesPDF - 457 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization
Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam
Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)