Pemanfaatan Pembelajaran Aktif Learning Start With A Question dalam Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak pada Siswa Kelas XI di MAN Model Manado

Rahmawaty Alkatiri, Rahmatias Jusuf

Abstract


Penelitian ini diangkat atas dasar pemikiran yang menyatakan bahwa pemanfaatan pembelajaran aktif Learning Start With A Question dapat meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak  pada siswa kelas XI di MAN Model Manado. Pembelajaran aktif sangat penting diterapkan pada mata pelajaran aqidah akhlak karena mata pelajaran aqidah akhlak merupakan salah satu bidang studi yang membahas tentang ahlak atau sikap setiap individu.  Penelitian ini mendeskripsikan pemanfaatan pembelajaran aktif Learning Start With A Question dalam meningkatkan  hasil belajar akidah akhlak pada siswa kelas XI MAN Model Manado, dan hambatan serta solusi apa saja yang dapat dirumuskan dalam pemanfaatan pembelajaran aktif Learning Start With A Question.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dengan tujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran serta aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian yang diperoleh menyimpulkan bahwa Proses pemanfaatan pembelajaran aktif dengan Strategi Learning Start With A Questions dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan tingkat hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak berdasarkan data yang diperoleh di lapangan.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Dananjaya. 2013. Media Pembelajaran Aktif, Bandung: Nuansa Cendekia

Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif, Bandung: Yrama Widya

Direktorat Jendral Pendidikan Islam. 2007. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2.0 Tahun 2003 tentang Sisdiknas serta Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Departemen Agama RI

Kementerian Agama RI. 2012. Al-Qur’an dan Terjemahan, Jakarta: Sinergi Pustaka Indonesia

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: YRAMAWIDYA

Muslich, Masnur. 2007. KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangan, Jakarta: Sinar Grafika Offset

Nadlir, M. 2014. Seminar Pendidikan, Surabaya: UIN Sunan Ampel Press

Sadulloh, Uyo. 2011. Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung,: Alfabeta, 2011

Silberman, Mel. 2013. Pembelajaran Aktif 101 Strategi untuk Mengajar Secara Aktif, Jakarta: Indeks Permata Puri Media

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta

Tambak, Syahrani. 2014. Metode Ilmiah dan Inovatif Pendidikan Agama Islam, Jogjakarta: Graha Ilmu

Uno, Hamzah B. 2011. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif, Jakarta : Bumi Aksara

Wibisono, Dermawan.2014. Active Learning With Case Method, Jogjakarta : Andi




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v3i1.1849

Article Metrics

Abstract view : 399 times
PDF - 329 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization

Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)