Implementasi Model Pembelajaran Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Al-Khairaat Manado

Annisa Alfionita

Abstract


Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat dipahami bahwa model pembelajaran jigsaw yang digunakan berhasil membuat siswa aktif dalam kelas saat belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK AL-KHAIRAAT MANADO, meliputi pertama, guru membagi siswa dalam 5 kelompok setelah itu siswa disuruh memilih ketua kelompok setelah itu setiap ketua kelompok mengambil soal yang telah disiapkan guru dan setiap kelompok berdiskusi, setelah selesai salah satu berpindah kelompok yang lain untuk memahami soal berikutnya, kedua siswa harus berpikir agar bias menjelasakan soal yang telah diberikan oleh guru, setelah itu setiap kelompok mampu mempresentasikan hasil yang telah mereka dapatkan.


Full Text:

106-111

References


Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. (Jakarta: Kencana.2006)

Tim Pengembangan MKDP. Kurikulum dan Pembelajaran. (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. 2011)

Hawi, Akmal. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam.(Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.. 2013),

Semiawan, Conny. Metode Penelitian Kualitatif, (Jakarta : PT Gramedia. 2010)




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v4i1.2340

Article Metrics

Abstract view : 202 times
106-111 - 108 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization

Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)