Kegiatan Ekstrakurikuler Sispala Bina Insani Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Di MAN Model 1 Plus Keterampilan Manado

Mastang Ambo Baba, Aditya Bachdar, Pratiwi Soelistya Subani

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Sispala Bina Insani dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan di MAN Model 1 Plus Keterampilan Manado. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk dan dampak penanaman karakter yang diperoleh dari setiap kegiatan Esktrakurikuler Sispala Bina Insani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk karakter peduli lingkungan dan mengetahui dampak penanaman karakter pada kegiatan Ekstrakurikuler Sispala Bina Insani MAN Model 1 Plus Keterampilan Manado.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan teknik pengumpulan data melalui: wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dan pemeriksaan keabsahan data menggunakan metode triangulasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) bentuk karakter peduli lingkungan Ekstrakurikuler Sispala Bina Insani memiliki beberapa tahapan, yaitu: Penanaman, memberikan penguatan pemahaman masalah lingkungan kepada peserta didik lalu menerapkannya dilingkungan sekolah maupun luar sekolah. Penumbuhan, adanya konsistensi pembinaan pada anggota. Pengembangan, adanya pendalaman materi serta diskusi antara pembina dan anggota pada kegiatan mingguan. Pemantapan, yang merupakan ruang gerak untuk menunjukkan karakter Sispala Bina Insani. 2) dampak yang diperoleh Sispala Bina Insani yaitu: Pengetahuan, Kesadaran, Kebersamaan, Disiplin, Prestasi, Peduli lingkungan. 

Kata kunci: Ekstrakurikuler, Sispala Bina Insani, Karakter Peduli Lingkungan


Full Text:

126-140

References


Abdillah Mujiono, Agama Ramah Lingkungan Perspektif Al-Quran, (Jakarta: Paramadina, 2001).

Abidin A. Mustika, Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan, Jurnal Kependidikan, Vol 12, No. 2 (Desember 2018).

Ardy Novan dan Wiyani, Konsep , Praktik, dan Strategi Membumikan Pendidikan Karakter di SD, (Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2013).

Dwi Purwanti, “Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya", Jurnal Riset Pedagogik (DWIJACENDEKIA), Vol (1), No. 2, 2017.

Ekawati Yuni, Elhayat Labiro, dkk, Studi Vegetasi Pada Habitat Tarsius, Jurnal Warta Rimba Vol 1 No. 1 (2013).

Fadhallah, Wawancara, (Jakarta Timur: UNJ Press, 2021)

Istianah, Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup Dalam Perspektif Hadis, Jurnal RIWAYAH, Vol. 1, No, 2, 2015.

Kementerian Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an Terjemah, (Bandung: Sygma Creative Media Corp, 2014).

Kementerian Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an Terjemah, (Bandung: Sygma Creative Media Corp, 2014).

Kementerian Lingkungan Hidup, Perilaku Masyarakat Peduli Lingkungan (Survei KLH)”, Penerbit Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia Jakarta..

Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter, (Jakarta: Badan Penelitian Pusat Kurikulum dan Perbukuan, 2011).

Komalasari Kokom, Didin Saripudin, Pendidikan Karakter, Konsep dan Aplikasi Living Values Education, (Bandung: PT. Refika Aditama, 2017).

Kurniasi Imas, Berlin Sani, Pendidikan Karakter, Internalisasi dan Metode Pembelajaran di Sekolah, (Yogyakarta: Kata Pen, 2017).

Lintang Y. A. Jalu, “Pecinta Alam Sebagai Bentuk Peran Pemuda Di Tengah Tantangan Kehidupan Kota”, Jurnal Studi Pemuda, Vol. 5, No. 2, 2016.

M. Obaid, Y, Religiusitas Lembaga Pendidikan Yang Berwawasan Lingkungan, Jurnal Al-Ta’dib, 6 (1) 2013.

M. Yaumi, Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar dan Implementasi, (Jakarta: Kencana, 2014).

Mariono, Materi Dasar Pendidikan Dan Pelatihan Mahasiswa Pecinta alam, (Jawa Timur: PT Kun Fayakun, 2018).

Moleong Lexi J, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017).

Muhaimin, Model Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran dalam Pendidikan Islam Kontemporer di Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi (Malang: UIN-Maliki Press, 2016).

Neolaka Amos, Gladies Mercya, Ilmu Pendidikan Lingkungan, (Jakarta: PT Kencana, 2022).

Oteng Sutrisno, Administrasi Pendidikan, Dasar Retorikauntuk Praktek Profesional, (Bandung: Angkasa, 2011).

Pambudi Rian Wahyu, “Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Ekstrakurikuler Pramuka Di SMP Negeri 1 Kabupaten Rembang”, (Skripsi, Program Studi Geografi, UIN Semarang, 2016)

Permana, Sandika Agung, “Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup Dalam Pandangan Islam Pada Organisasi Ikatan Pelajar Pecinta Alam Di MAN 1 Banjarnegar”, (Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Walisongo, 2021).

Prasetyo Ketut, Hariyanto, Pendidikan Lingkungan Indonesia Dasar Pedagogi dan Metodologi, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018).

Purwanti Dwi, Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya, Jurnal Riset Pedagogik (DWIJACENDEKIA), Vol (1), 2017.

Purwidianto, Pendidikan Lingkungan Hidup Dalam Perspektif Islam, Jurnal Uhamka, Vol, 8, (2), 2017.

Rahman Abdul, Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa, Visi, Misi, (Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa, 2004).

Rachman Maman, Konservasi Nilai dan Warisan Budaya, Indonesian Journal of Conservation, Vol 1 No.1 (2012),

Rosdiana, “ Implementasi Pendidikan Karakter Di Man Model Manado”. Jurnal “Al-Qalam” , Vol 20. No. 2, 2014.

Samal Abdul Latif, “Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah dan Perguruan Tinggi Melalui Pembelajaran Aktif”, Jurnal Pendidikan Islam Iqra’ Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Manado”, Vol 11, No. 1 (2018).

Shihab M. Quraish, Secercah Cahaya Ilahi: Hidup Bersama Al-Quran, (Bandung: Mizan, 2000)

Shihab M. Quraish, Tafsir Al- Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, (Jakarta: Lentera Hati, 2002).

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitaf, Kualitatif Dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2019)

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan praktek, (jakarta: Rineka Cipta, 2004).

Sulaeman Idik, Olahraga dan Rekreasi di Alam Terbuka, (Jakarta:PT Gramedia, 2003).

Supriadi, Hukum Lingkungan di Indonesia, (Jakarta: Sinar Grafika, 2006)

Sutoyo, Revolusi Paradigma Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup di Indonesia, Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol (1), 2016.

Suyanto, Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama, (Jakarta: DIK-TI, 2010).

Ulumiyah Maratul, Implementasi Karakter Peduli Lingkungan Di SMPN 1 Kepanjen Kabupaten Malang, (Skripsi, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2018).

Undang-undang Republik Indonesia No 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati Dan Ekosistemnya, Pasal 17 ayat (1).

Undang-Undang Republik Indonesia No. 4 Tahun 1982, Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, LN. No. 140, (oktober 2009).

Yudanthi Chika, Peran Guru Dalam Membina Karakter Peduli Lingkungan Pada Program Bebas Sampah Di Sekolah Dasar Alam Mahira Bengkulu, (Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Bengkulu, 2021)

Zubaedi, Design Pendidikan Karakter; Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2012).

Zulkarnain Wildan, Manajemen Layanan Khusus di Sekolah. (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2018).




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v4i2.2706

Article Metrics

Abstract view : 255 times
126-140 - 220 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization

Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)