Strategi Pembelajaran Guru Al-Qur’an Hadis Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Baru Kelas X Madrasah Aliyah Alkhairaat Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Strategi pembelajaran Guru Al-qur’an Hadis dalam meningkatkan minat belajar peserta didik baru kelas X Madrasah Aliyah Alkhairaat Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Adapun peserta didik baru yang dimaksudkan di sini adalah peserta didik yang lulusan sekolah umum (SMP), Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran Guru Al-qur’an Hadis dalam meningkatkan minat belajar peserta didik baru, serta untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dari proses pembelajaran Al-qur’an Hadis dalam meningkatkan minat belajar peserta didik baru kelas X Madrasah Aliyah Alkhairaat Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.
Jenis dan pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif, serta penelitian yang dilakukan bertempat di madrasah Aliyah Alkhairaat Bintauna Kabupaten Bolaang mongondow Utara, penelitian yang dilakukan mulai dari tanggal 20 Februari 2023 sampai dengan tanggal 15 Maret 2023. Sumber data yang diambil dari madrasah Aliyah Alkhairaat Bintauna dan buku maupun jurnal, serta metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. kemudian istrumen penelitian, Teknik analisis data, dan uji keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan oleh Guru Al-qur’an Hadis dalam meningkatkan minat belajar bagi peserta didik baru adalah dengan menggunakan strategi ekspositori dan strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa, strategi ekspositori dalam pembelajarannya menekankan pada penyampaian materi secara verbal, serta penggunaan Metode ceramah. Kemudian juga menerapkan strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa serta menggunakan pendekatan yang berpusat pada peserta didik dan metode tanya jawab. Dalam penggunaan strategi pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar bagi peserta didik tentunya tidak luput dari faktor penghambat serta pendukung, Adapun yang termasuk dalam faktor penghambat adalah peserta didik yang tidak tahu membaca dan menulis Al-qur’an serta kurangnya media dan sumber belajar, kemudian yang termasuk pada faktor pendukung adalah pembelajaran yang terletak pada jam ketiga dan keempat pada setiap pertemuanya dan kemampuan guru dalam penyampaian materi serta kenyamanan peserta didik dalam pembelajaran yang didukung oleh ruang kelas yang luas. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Minat Belajar, Al-qur’an Hadis.
References
Arif, Zainal dkk, Pendidikan Berbasis Al-Qur’an, Sumatra Barat : Cv Insan Cendekia Mandiri, 2021.
Agustin, Nella. Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa. Yogyakarta : UAD Prss, 2021.
Agustianti Rifka, Metode Penelitian kuantitatif dan Kualitatif, Makassar : CV Tohar Media, 2022.
Ahmad, Rulam. Metode penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Ar-ruzz Media, 2016.
Anggito, Albi dkk. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat : CV Jejak, 2018.
Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif. Jakarta : Kencana, 2015.
Budiyanto, Mangun. Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta : Anggota IKPI, 2013.
Darmansyah, Strategi Pembelajaran, Padang : CV Rumah Kayu Pustaka Uatam, 2017.
Departemen Agama R.I, Al-Qur’an Dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan 2019, Juz 2130, Bandung ; Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, 2019.
Cowell, Nick dkk. Teknik Mengembangkan Guru Dan Siswa. Jakarta : PT Grasindo, 1995.
Chotimah Umi.Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran PPKn, Palembang : Bening Media Publishing, 2021.
Dahwadin, dkk. Motivasi Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jawa Tengah : CV Mangku Bumi Media, 2019.
Daulay, Haidar Putra. Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Jakarta : Kencana, 2016.
Farida Nugrahani, Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa, Solo : Cakra Books, 2014.
Hamka, Tafsir Al-azhar, [t.t.], 1988, h.8059.
Hamdayama, Jumanta. Metodologi pengajaran. Jakarta : PT Bumi Raya, 2016.
Hamdayama, Umanta. Jakarta : PT Bumi Raya, 2016.
Hamzah, Strategi pembelajaran, Sumatera Barat : CV Azka Pustaka, 2022.
Hapudin, Muhammad Soleh, Teori Belajar dan Pembelajaran Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif, Jakarta : Kencana, 2021.
Hasibuan, Sri Wahyuni dkk. Metodologi Penelitian Bidang Muamalah, Ekonomi Dan Bisnis.
Jawa Barat : Media Sains Indoneia, 2021.
Hasil Wawancara, guru Al-Qur’an Hadis, Madrasah Aliyah Al-khairat Bintauna, 2022.
Haudi. Strategi Pembelajaran. Sumatra barat : CV Insan Cendekia Mandiri, 2021.
Indra, Hasbi. Pendidikan Islam Tantangan Dan Peluang Di Era Globalisasi. Yogyakarta : CV Budi Utama, 2016.
Kaif, Sitti Hermayanti, Strategi Pembelajaran, Surabaya : Inoffast Publishing, 2022.
Kasman. Pengolaan Sekolah Unggul Konstruksi Pendidikan Masa depan. Sumatra Utara :
Madina Publisher, 2021.
Kholik, Nur. Terobosan Baru Membentuk Manusia Berkarakter Di Abad 21, Jawa Barat :
Edu Publisher, 2020.
Al Kaff, Husein. Tafsir Qur’an, Tafsir Juz ‘Amma, Bandung : Al Habat, 2004.
Lestari, Inda Puji dkk. Model Pencegahan Kenakalan Remaja Dengan Pendidikan Agama Islam. Jawa Barat : Cv Adanu Abimata, 2021.
Lefudin, Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta : CV Budi Utama, 2017.
Mahfud. Pembelajaran Pendidikan Agama islam Berbasis Multientik. Yogyakarta : Cv Budi Utama, 2015.
Mahfud. Pembelajaran Pendidikan Agama islam Berbasis Multientik. Yogyakarta : Cv Budi Utama, 2015.
Mawati, Arin Tentrem dkk, Strategi Pembelajaran. Jakarta : Yayasan Kita Menulis, 2021.
Mukhtazar. Prosedur Penekitian Pendidikan, Yogyakarta : Absolute Media, 2020.
Munadi Yudhi, Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru, Jakarta : Referensi, 2013.
Nasution Nurliana, Augmented Reality dan Pembelajaran di Era Digital, Jawa Barat : CV Adanu Abimata, 2020.
Nursyaidah, dkk. Mengenali Minat Dan Bakat Siswa Melalui Tes Stfin. Medan : CV Merdeka Kreasi Group, 2021.
Nuryadin, Riyan dkk. Teologi Untuk Pendidikan Islam. Yogyakarta : K-Media, 2015.
Prayitno, Anggar Titis, Strategi, Pendekatan, Model Pembelajaran Cooperative Learning dalam Pembelajaran Matematika, Jawa Barat : CV Jejak, 2022.
Purba Alimin, Sreategi Belajar Mengajar Dalam Pendidikan, Malang : CV Literasi Nusantara Abadi, 2021.
Rahmawati, Tuti Fatma. Pembelajaran Untuk Menjaga Ketertarikan Siswa Di Masa Pandemi, Yogyakarta : UAD Press, 2021.
Rahmatullah, Ibnu Husen, Manajemen Pendidikan Madrasah Berbasis ibtidaiyah Berbasis Keunggulan Lokal, Jawa Tengah : PT Nasya Expanding Management, 2022.
Rachmawati, Rina dkk. Call For Tema 2 (Strategi Pembelajaran). Surabaya : CV Jakad Media Publishing, 2019.
Risnanosanti, dkk. Pengembangan Minat & Bakat Belajar Siswa. Malang : CV Literasi Nusantara Abadi, 2022.
Rukajat Ajat, Pendekatan Penelitian Kualitatif Yogyakarta : Deepublish, 2018.
Rusman, Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer : Mengembangkan profesionalisme Guru Abad 21, Bandung : Alfabeta, 2013.
Saleh, Abdul Rachman. Madrasah Dan Pendidikan Anak Bangsa. Jakarta : PT Raja Gravindo Persada, 2006.
Salim Haidir, Strategi Pembelajaran, Medan : Perdana Publishing, 2012, h.98.
Salsabila, Unik Hanifah. Pengantar Teknologi Dalam Lingkup Pendidikan Islam. Yogyakarta : Bintang Pustaka Madani, 2021.
Savira, Annisa Ni’ma dkk. Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan menggunakan Metode Ceramah Interaktif, Vol.1. No. 1. (2018).
Sudarmanto Eko, Model Pembelajaran Era Society 5.0, Cirebon: Insania, 2021.
Simatupang, Halim. Strategi belajar Mengajar Abad Ke-21. Surabaya : CV Cipta Media Edukasi, 2019.
Sinar. Metode Active Learning. Yogyakarta : Cv Budi Utama, 2018.
Siyanto, Sandu dkk. Dasar Metodologi Penelitian., Yogyakarta : Literasi Media Publishing, 2015.
Siyoto, Sandu. Dasar Metodologi Peneelitian. Yogyakarta : Literasi Media Publishing, 2015.
Sugiarto, Rahmat Morado. Tafsir Ar-rahmah Juz 30, Yogyakarta : Maghza Pustaka, 2017. Sutikno M. Sobary, Strategi Pembelajaran, Jawa Barat: CV Adanu Abimata, 2021.
Suseno, Trianto Ibnu Badar At-taubany Hadi. Desain Pengembangan Kurikulum 2013 Di Madrasah. Jakarta : Kencana, 2017.
Susila, Heni Rita, Strategi Belajar dan Pembelajaran, Aceh : Syiah Kuala University Press, 2021
Uno, Winda Anggriyani. Pengembangan Teknologi IPA Berbasis Multi Media Dalam Mrningkatkan Minat Belajar Siswa. Gorontalo : CV Cahaya Arsh Publisher & Printing,2022.
DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v4i2.2708
Article Metrics
Abstract view : 236 timesPDF - 72 times 153-163 - 103 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization
Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam
Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)