Representasi Nilai Multikultural Dalam Teks Buku Ajar Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Tenga Kabupaten Minahasa Selatan
Abstract
Skripsi ini mengkaji tentang reprsentasi nilai-nilai multikultural dalam teks buku ajar pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Tenga Kabupaten Minahasa Selatan. Nilai-nilai yang dimaksud disini adalah nilai-nilai yang berhubungan dengan multikultural pada buku siswa kelas X, XII dan XII. Dimana nilai-nilai tersebut adalah nilai inklusif (terbuka), mendahulukan dialog, toleransi, kemanusiaan (terbuka), tolong-menolong, keadilan (demokratis), persamaan persaudaraan sebangsa maupun antar bangsa, berbaik sangka dan cinta tanah air.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh data primer dan data sekunder di lapangan. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyiapan data, dan penarikan kesimpulan.
Nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam buku ajar relevan dengan era kontemporer dan juga konteks Indonesia yang Berbhineka Tunggal Ika. Pada penerapannya nilai-nilai multikultural cenderung di praktekkan pada kehidupan sehari-hari diantaranya nilai toleransi. Dimana sikap saling toleransi ini sudah terlaksana oleh siswa dimana penerapanya pada saat melaksanakan kegiatan-kegiatan berupa ibadah sehingga kerukunan antar umat beragama bisa berjalan dengan baik. Sehingga representasi nilai-nilai multikultural sangat dirasakan dalam lingkungan pendidikan khususnya sekolah. Sedangkan dalam proses pembelajaran guru diwajibkan menggunakan berbagai metode yakni dengan cara penjelasan materi kemudian diskusi kelompok dan dalam proses berlangsung dimana guru lebih menggunakan komunikasi dua arah agar siswanya lebih aktif dalam belajar selain itu dengan adanya interaksi siswa dapat mengetahui karakter guru sehingga dalam pembelajaran siswa lebih mudah memahami apa yang disampaikan.
Kata kunci: Representasi, Nilai-nilai Multikultural
References
Ardianto dan Hadirman, Pesan Moderasi Islam dalam Bingkai Multikulturalisme, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Manado: Oktober, 2019
Huberman dan Milles, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press,
Moleong Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013
Moleong J Lexi. Metode penelitian Kualitatif Edisi Revisi cet. Ke36 ; Bandung 2017
Naim Ngainun & Achmad Sauqi, Pendidikan Multikultural Konsep dan Aplikasi, Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2011
Rusli Bin Almunauwar, Mukti Ali dan Tradisi Pemikiran Agama di Indonesia, iainmanado.ac.id, di akses pada tanggal 17 februari 2021 pukul 21:23 wita
Siradj Said Aqil, Islam Kebangsaan: Fiqh Demokratik Kaum Santri Jakarta: Pustaka Ciganjur, 1999
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, Bandung: Alfabeta, 2008
Suryana Yaya, Pendidikan Multikultural Suatu Upaya Penguatan Jati Diri Bangsa, Bandung: Pustaka Setia, 2015
DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v4i2.2709
Article Metrics
Abstract view : 170 timesPDF - 59 times 164-185 - 81 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization
Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam
Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)