Peran Guru PAI Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Di SMK Nurul Falah Gedung Wani Timur

Ikhwan Aziz Abdullah, Rina Mida Hayati, Ressi Susanti

Abstract


Kinerja guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses belajar mengajar, maka seorang guru dapat memberikan motivasi kepada para siswanya. Sebagai motivator dalam meningkatkan kecerdasan spiritual karena itu siswa tidak hanya cerdas intelektual dan emosional tapi lebih apa yang diharap yakni cerdas spiritual yang akan menghantarkan mereka menjadi manusia yang bernilai dan bermakna dihadapan manusia terlebih dihadapan Allah Swt. Bagi Yayasan Pendidikan Agama seperti SMK Nurul Falah Gedung Wani Timur yang notabene sebagai Yayasan Pendidikan bernuansa Agama yang mempunyai muatan pendidikan Agama lebih banyak paham dari sekolah umum sangat diharapkan memberikan kontribusi dalam meningkatkan Akhlak Mulia bagi siswanya sehingga keinginan yang ingin dicapai cerdas secara spiritual akan bisa diraih. Melihat dari pada hal tersebut maka penelitian ini mempunyai rumusan dan tujuan yaitu bagaimana dan untuk mengetahui Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual terhadap siswa SMK Nurul Falah Gedung Wani Timur. Hasil penelitian ini yaitu peran guru untuk memberikan motivasi kepada peserta didik dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa. Pemberiannnya pun harus tepat. Cara guru PAI dalam memotivasi siswa dilakukan dengan berbagai cara dan dijalankan dengan baik oleh guru PAI di SMK Nurul Falah Gedung Wani Timur.

Kata kunci : Peran Guru PAI, Kecerdasan Emosional dan Spiritual

Full Text:

PDF 186-201

References


Agus Ngermanto, Quantom Quotient: Kecerdasan Quantum Cara Praktis Melejitkan IQ,EQ dan SQ yang Harmonis, (Bandung: Nuansa, 2015)

Akhmad Muhaimin Azzet, Mengembangkan Kecerdasan Bagi Anak. Katahati. Yogyakarta. 2017.

As. Hornby, Oxford Advanced Learnerˊs Dictionary of current English, (London: Oxford University Press, 1987)

Ary Ginanjar Agustian, ESQ Power, (Jakarta: Arga Wijaya Persada, 2001)

Barnawi dan Muhammad Arifin, Kinerja Guru Profesional, (Jogjakarta: Arruzz Media, 2017)

Hery Nugroho, Jurnal Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 3 Semarang, Semarang: UIN Walisongo, 2012

Kadar M.Yusuf, Tafsir Tarbawi Pesan-Pesan al-Qur‟an Tentang Pendidikan, (Jakarta: Amzah Bumi aksara, 2013)

Lexy Moleong, Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: PT.Remaja Rosda Karya, 2012

Mokh. Iman Firmansyah. Pendidikan agama islam : pengertian, tujuan, dasar, dan fungsi. Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim Vol. 17 No. 2 – 2019

Pra Survei di SMK Nurul Falah Gedung Wani Timur, 16 Agustus 2022

Sholehatiin & Sa’diyah dalam jurnal Kemampuan Manajerial Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memberdayakan Masjid Sebagai Sarana Mengembangkan Budaya Agama Di MTs Raudatul Jannah Wonokusomo Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020

Sri Indrastuti, Amries Tanjung, Manajemen Sumber Daya Manusia Stratejik, (Pekanbaru: UR Press, 2012)

Sudarto, Metodologi Penelitian Filsafat, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1997

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2018)

Sumiati. Peranan Guru Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Tarbawi Jurnal Pendidikan Islam. Volume 3 No.2, Juli-Desember 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v4i2.2711

Article Metrics

Abstract view : 284 times
PDF - 76 times 186-201 - 159 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization

Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)