Membawa Kabar Dalam Nyanyian Penguatan Moderasi Beragama Siswa Di MTs N 2 Kotamobagu
Abstract
Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Kotamobagu melakukan penguatan moderasi beragama melalui penghayatan dan penjiwaan siswa pada lagu-lagu daerah (O Ina Ni Keke dan Kotamobagu Motompia), lagu-lagu nasional (Garuda Pancasila dan Tanah Airku) dan lagu-lagu bernuansa Islami (Al-I’tirof). Peneliti merasa penting untuk menganalisis pengaruh lagu-lagu tersebut sebagai refleksi dan evaluasi terhadap efektivitas program penguatan moderasi beragama. Peneliti menggunakan metode kuantatif dengan pendekatan survey pada 30 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa mendengarkan lagu-lagu daerah (O Ina Ni Keke dan Kotamobagu Motompia), lagu-lagu nasional (Garuda Pancasila dan Tanah Airku) dan lagu-lagu bernuansa Islami (Al-I’tirof) memberikan pengaruh yang kuat dan positif serta signifikan terhadap penguatan moderasi beragama siswa MTs N 2 Kotamobagu. Lagu-lagu tersebut membawa kabar moderasi beragama yang memberikan kontribusi sebesar 67,7 %. Hal ini menjelaskan bahwa semakin efektif penghayatan dan penjiwaan siswa pada lagu-lagu daerah (O Ina Ni Keke dan Kotamobagu Motompia), lagu-lagu nasional (Garuda Pancasila dan Tanah Airku) dan lagu-lagu bernuansa Islami (Al-I’tirof) maka semakin meningkat pemahaman dan semangat moderasi beragama siswa di MTs N 2 Kotamobagu.
Kata kunci: Moderasi Beragama dan Lagu Moderasi
Full Text:
PDFReferences
Ardianto dan Kadir, Aplikasi Statistik dalam Penelitian dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS, Yogyakarta: Budi Utama, 2021
Aziz, Aceng Abdul dkk. Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, 2019
Dianto, Icol. Moderasi Beragama melalui Film Animasi: Peluang dan Tantangan pada Generasi Digital, Nalar: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam, Vol. 5, No 2, Tahun 2021
Ditjen Pendidikan Islam, Implementasi Moderasi Beragama pada Direktoral Jenderal Pendidikan Islam, Jakarta: Kementerian Agama RI, 2019
Fauzian, Rinda dkk. Penguatan Moderasi Beragama Berbasis Kearifan Lokal Dalam Upaya Membentuk Sikap Moderat Siswa Madrasah, AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies. Vol. VI, No. 1, Tahun 2021
Hairani, Debby Riana. Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Anak Usia Dini Di Tk Yomako Distrik Nimbokrang Kabupaten Jayapura Papua (Debby Riana Hairani), JKPPK – Vol. 1, No. 1, Tahun 2023
Hasan, Mustaqim. Prinsip Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa, Jurnal Mubtadiin, Vol. 7 No. 02, Tahun 2021
Izzah, Lailatul. Pengaruh Mendengarkan Musik Terhadap Mood Belajar Pada Mahasiswa Manajemen Dakwah Uin Suska Riau, Tahun 2016, h. 8 Lihat
J. A. Sloboda, Emotions in everyday listening to music.In: Music and emotion: Theory and research, Oxford University Press, 2001
Kementerian Agama RI, Moderatisme Islam Kumpulan Tulisan Para Penggerak Moderasi Beragama, Jakarta: Direktorat Urusan Agama Islam Dan Pembinaan Syariah Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama, 2019
Mislikhah, Nilai-Nilai Karakter Melalui Lagu Anak, Genius Indonesian Jaournal of Early Childhood Eucation, Vol. 2, No. 1 Tahun 2021
Musriadi, Penanaman Sikap Moderasi Beragama Melalui Nilai-Nilai Kearifan Lokal Yasisoppengi Sebagai Dakwah Bil Hikmah Perspektif Al-Qur’an, Al Karima: Jurnal Studi Ilmu Al Qur'an dan Tafsir, Vol 7. No. 1, Tahun 2023
Poltak Sinambela, Metodologi Penelitian Kuantitatif; Untuk Bidang Ilmu Administrasi, Kebijakan Public, Ekonomi, Sosiologi, Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014
Pramesti, Getut. Mudah dan Menyenangkan Mengolah Data dengan SPSS Statistika 26, Jakarta: Gramedia, 2021
Siswayanti, Novita dkk. Penguatan Moderasi Beragama Melalui Tradisi Ritual Keagamaan. Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama Tahun 2020
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2008
Sutrisno, Edy. Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan, Jurnal Bimas Islam Kementerian Agama Kabupaten Malang, Vol 12 No. 2 Tahun 2019
Suwarni, Fransiskus Visarlan. Komitmen Kebangsaan Mahasiswa STP Reinha Melalui Ritual Keagamaan Dalam Spirit Ayd 2017, JURNAL REINHA Vol. 12 No.2 Tahun 2021
DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v5i1.3173
Article Metrics
Abstract view : 75 timesPDF - 38 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization
Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam
Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)