Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Kegiatan Pramuka di MTs Negeri 1 Minahasa
Abstract
Penelitian ini membahas Impelementasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Kegiatan Pramuka di MTs Negeri 1 Minahasa. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Kegiatan Pramuka di MTs Negeri 1 Minahasa dan apa saja nilai-nilai Nilai- Nilai Pendidikan Agama Islam dalam kegiatan pramuka, peneliti menemukan beberapa bentuk Implementasi yang dilakukan oleh pihak sekolah dan pembina pramuka serta tujuan dari pelaskanaan kegiatan ini adalah untuk mengetahui bagaimana impelementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam kegiatan pramuka di MTs Negeri 1 Minahasa dan apa saja Nilai-Nilai Keagamaan dalam kegiatan pramuka tersebut.
Dengan lokasi penelitian yang dilaksanakan di MTs Negeri 1 Minahasa dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan menuliskan kesimpulan. Serta pengujian keabsahan data pada penelitian ini adalah triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi data.
Kesimpulan hasil penelitian menunjukan bahwa, nilai-nilai Pendidikan agama islam pada kegiatan pramuka yang ada di MTs Negeri 1 Minahasa yaitu Nilai Aqidah yaitu percaya dan yakin akan kuasa dan pertolongan Allah pada saat pelakasanaan kegiatan, Nilai Ibadah berdoa sebelum dan sesudah pelaksanaan kegiatan, memperbiaskaan sholat tepat waktu dan lima waktu, dan membaca Alqur’an sebelum mulainya kegiatan pramuka. Nilai Ahlaq yaitu menghormati sesama, saling membantu dan tolong menolong. Cara pengimplementasian nilai-nilai pendidikan agama islam pada kegiatan pramuka dengan berlandaskan dasa darma pramuka point pertama Takwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam, PraamukaFull Text:
PDFReferences
Aan Komariah dan Cepi Triatna, Visionary Leadership: Menuju sekolah efektif,
Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2005
Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: PT Al-Ma’arif, 2015.
Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, Jakarta : Penerbit Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, 2012.
Lukman Santoso Az, Panduan Pramuka Terlengkap, Jogjakarta: Buku Biru , 2014
M. Amin Abbas dkk, Pedoman Lengkap Gerakan Pramuka, Surabaya: Halim Jaya, 2007.
M. Athiyah al-Abrasyi, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 2012
Mahrus, Aqidah Jakarta sirektor Jenderal Pendidikan Islam Departemen RI, 2009.
Presiden RI No.238 Tahun 1961 tentang gerakan pramuka Istora Senayan: Tokoh kepanduan Indonesia
Rajab Dauri, “Islam Dan Nilai”Jurnal tentang Konsep Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam 2, 2021
Reza Syehma Bahtiar, Buku Ajar Pengembangan Kepramukaan, Surabaya: UWKS PRESS, 2018
Solechan Solechan and Etik Fatmawati, "Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di SMP PGRI Jogoroto–Jombang," Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman 10, no 2 2021 .
Sutarjo Adisusilo, Pembelajaran Nilai-Karakter: Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif, Jakarta: PT. Raga Grafindo Persada, 2017.
Syamasul Mizan, Filsafat Pendidikan Islam, Indramayu: Abduloh 2020.
Tri Sukitman, “Internalisasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran Upaya Menciptakan Sumber Daya Manusia Yang Berkarakter”, Jurnal JPSD, 2 No.2 Agustus 2016.
DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v5i1.3174
Article Metrics
Abstract view : 121 timesPDF - 72 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization
Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam
Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)