Project Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak di MTs An-Nur Kalawat

Athiyyah Rosyadah Nurwidjaya Kamil, Mutmainah Mutmainah, Satriani Satriani

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang implementasi pembelajaran Akidah Akhlak berbasis project-based learning dalam meningkatkan hasil belajar di MTs An-Nur Kalawat. Tujuan dari penelitian yakni mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran PjBL pada mata pelajaran Akidah Akhlak dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.  Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di kelas VII dengan jumlah peserta didik sebanyak 24 orang pada semester 2 tahun pelajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan test bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik, diakhir siklus dilakukan penilaian menggunakan lembar hasil belajar serta lembar observasi untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi Asmaul Husna dan Akhlak Tercela Kepada Allah swt (Riya dan Nifaq). Teknik analisis data terbagi atas data kuantitatif yakni hasil belajar, dan data kualitatif yakni hasil observasi aktivitas guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada tahap pra siklus persentase ketuntasan belajar klasikal sebanyak 25% (6 orang), kemudian meningkat pada siklus I sebanyak 50% (12 orang) dan pada siklus II mencapai 92% (22 orang). Penerapan PjBL juga dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran seperti pemecahan masalah, kerjasama, kreatifitas, dan kemampuan untuk berbicara didepan orang banyak melalui kegiatan presentasi.

Kata kunci:     Project Based Learning, Akidah Akhlak, Hasil Belajar, Aktivitas Peserta didik


Full Text:

PDF 128-141

References


Juwanti, A.E., Salsabila, U.H., Putri, C.J., Nurany, A.L.D, Cholifah, F.N, “Project-Based Learning (PjBL) untuk PAI Selama Pembelajaran Daring,” Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi 3, no. 2, (November, 2020), h. 74.

Rachmania, Murni. Penerapan Model Project Based Learning Pendidikan Kewarganegaraan untuk Meningkatkan Akhlak Mulia Peserta Didik Kelas V MI Nurul Huda Palmerah Jakarta Barat”, Skripsi, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2022.

Rusman, Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Satriani, “Rancangan Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Berbasis Project Based Learning pada Madrasah Ibtidaiyah”, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4, no. 3, (2022), h. 3520.

Smaldino, S.E., dkk., Instrucsional Technology & Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar, Jakarta: Kencana, 2011.

Trianto, Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v5i2.3213

Article Metrics

Abstract view : 15 times
PDF - 3 times 128-141 - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 The Teacher of Civilization : Islamic Education Journal

Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)