Strategi Guru Pendidikan Agama Dalam Menghadapi Perbedaan Daya Serap Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 2 Pineleng

Fadilla Salsabila, Arhanuddin Arhanuddin, Abrari Ilham

Abstract


Penelitian ini membahas tentang “Strategi Guru Pendidikan Agama Dalam Menghadapi Perbedaan Daya Serap Belajar Peserta Didik Di Smp Negeri 2 Pineleng”. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui model pembelajaran yang digunakan oleh guru pendidikan agama Islam dan pendidikan agama Kristen dalam menghadapi perbedaan daya serap belajar peserta didik di smp negeri 2 Pineleng. (2) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perbedaan daya serap belajar peserta didik. Jenis penelitian yaitu Kualtitatif. Adapun jenis dan sumber data penelitian adalah data primer yakni Kepala Sekolah, Guru Mata pelajaran PAI berjumlah 1 orang dan Guru PAK berjumlah 1 orang, dan Peserta didik kelas VIIIB beragama Islam berjumlah 5 orang dan Peserta didik beragama Kristen berjumlah 5 orang jadi keseluruhan peserta didik berjumlah 10 orang, dan data sekunder berupa dokumentasi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengatakan bahwa model pembelajaran yang digunakan Guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Pineleng meliputi berbasis ceramah, Kooperatif, Inkuiri, Pembelajaran berbasis masalah dan pembelejaran berbasis proyek. Sedangkan guru pendidikan Agama Kristen menggunakan model pembelajaran berbasis ceramah, berbasis masalah, kooperatif, inkuiri. Guru pendidikan Agama memiih model pembelajaran sesuai dengan tingkat daya serap belajar peserta didik, pengelompokkan peserta didik sesuai dengan kemampuannya. Adapun sebagian besar peserta didik beragama Islam di kelas VIIIB tergolong peserta didik yang cerdas dan sedang. Sedangkan sisanya tergolong peserta didik yang tingkat daya serapnya lambat. Begitupun peserta didik yang beragama Kristen, didominasi oleh peserta didik yang tergolong cerdas dan sebagian kecil peserta didik tergolong lambat. Faktor yang melatarbelakangi perbedaan daya serap belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Pineleng yakni faktor Minat, Motivasi, Kecerdasan, Lingkungan keluarga Lingkungan Belajar dan Media Pembelajaran sangat berpengaruh dalam daya serap belajar peserta didik.

Kata kunci: Strategi, Model pembelajaran, Daya Serap, Guru, Peserta Didik


Full Text:

PDF 174-187

References


Ali, Ismun. “Pembelajaran Kooperatif Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam”. Jurnal Mubtadiin 7, no. 1, 2021.

Anggraini, Putri Dewi, dan Siti Sri Wulandari. “Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa”. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 9, no. 2, 2020.

Ahmad. "Model Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir kritis Siswa SD". Jurnal Pendidikan Tambusai 4, 2020.

Ardianti, Resti, dkk. “Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana”. Diffraction 3, no. 1, 2022.

Assegaff, Asrani, dkk. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (Pbl)”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1, no. 1, 2016.

Belo, Yosia. “Pendidikan Agama Kristen Dalam Matius 28:19-20”. Jurnal Luxnos 5, no. 2, 2019.

Dahar, Ratna. Teori-Teori Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1989.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2014.

Efendi, K Seken, dan L P Artini. “Tipe Think Pair and Share Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Ditinjau Dari Tingkat”. e-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha 2, no. 4, 2013.

Fathurrohman. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.

Fauziyah, Dewi. “Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Pasar”. Disertasi, Universitas Negeri Surabaya, 2004




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jpai.v5i2.3216

Article Metrics

Abstract view : 9 times
PDF - 6 times 174-187 - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 The Teacher of Civilization : Islamic Education Journal

Tim Jurnal Pendidikan Agama Islam

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Pendidikan Agama Islam are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Agama Islam : The Teacher of Civilization, ISSN 2471-2149 (Online), ISSN 2809-7513 (Print)