Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran PQ4R Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) di MTs Negeri Unggulan Manado

Indah Wahyuni Darise, Husni Idris, Mutmainah Mutmainah

Abstract


 

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan prestasi belajar antara kelas yang menggunakan strategi belajar PQ4R dengan kelas yang tidak menggunakan strategi belajar PQ4R pada mata pelajaran SKI di MTs Negeri Unggulan Manado. Strategi PQ4R merupakan singkatan dari Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review, sedangkan prestasi belajar peserta didik adalah hasil yang dicapai peserta didik setelah melewati proses pembelajaran. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Negeri Unggulan Manado tahun ajaran 2014-2015 yang berjumlah 208 orang. Adapun untuk sampelnya, peneliti menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan masing-masing jumlah untuk tiap kelas 32 orang. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan tes hasil belajar. Data hasil penelitian terlebih dahulu diadakan pengujian normalitas data dengan menggunakan uji chi kuadrat (2). Dari hasil perhitungan, untuk kelas eksperimen diperoleh 2 hitung = 6,46 dan kelas kontrol diperoleh 2  = 5,146  dan harga 2 tabel =7,815 ternyata 2 hitung   < 2tabel.  Setelah data berdistribusi normal, maka dilanjutkan dengan homogenitas data diperoleh Fhitung = 1,038 dan Ftabel = 2,37 ternyata Fhitung < Ftabel. Setelah uji homogenitas, maka dilanjutkan dengan uji regresi yang menghasilkan persamaan 3,35+0,79X. Setelah uji regresi dilanjutkan dengan uji student (uji-t) maka diperoleh harga thitung = -1,994 dan harga ttabel = 1,671 ternyata thitung > ttabel, sehingga kesimpulannya strategi PQ4R mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik. 

Kata Kunci : Strategi Pembelajaran PQ4R, Prestasi belajar

 

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v9i1.598

Article Metrics

Abstract view : 171 times
PDF - 311 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)