Manajemen Kurikulum dalam Perspektif Beauchamp: Acuan Pengembangan Jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan

Fifin Priandono

Abstract


ABSRACT., Management is part of a science and art which contains activities in planning, organizing, implementing, and controlling in completing all matters by utilizing all available resources through other people in order to achieve the goals previously set. The curriculum is something that has been planned in the context of children's learning. In the view and traditional thinking of the curriculum, the curriculum is formulated as a number of subjects that must be passed by students in the framework and purpose of obtaining a diploma. can be explained that the management of educational curriculum is a systematic effort by someone through the activities of planning, organizing, implementing and evaluating the curriculum aims to enable students to achieve learning objectives effectively and efficiently. The aim of national education is the goal to be achieved nationally, which is based on the philosophy of a country. The nature of this goal is ideal, comprehensive, intact and becomes the parent of the objectives that are under it.

Keyword: Management, Curriculum, Education

 

ABSTRAK., Manajemen adalah bagian dari sains dan seni yang berisi kegiatan dalam perencanaan, pengorganisasian, penerapan, dan pengendalian dalam menyelesaikan semua hal dengan memanfaatkan semua sumber daya yang tersedia melalui orang lain untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Kurikulum adalah sesuatu yang telah direncanakan dalam konteks pembelajaran anak-anak. Dalam pandangan dan pemikiran tradisional tentang kurikulum, kurikulum dirumuskan sebagai sejumlah mata pelajaran yang harus dilewati oleh siswa dalam kerangka dan tujuan memperoleh diploma. dapat dijelaskan bahwa manajemen kurikulum pendidikan merupakan upaya sistematis oleh seseorang melalui kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum yang bertujuan untuk memungkinkan siswa mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Tujuan pendidikan nasional adalah tujuan yang ingin dicapai secara nasional, yang didasarkan pada filosofi suatu negara. Sifat dari tujuan ini adalah ideal, komprehensif, utuh dan menjadi induk dari tujuan yang ada di bawahnya.

Kata kunci: Manajemen, Kurikulum, Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Abdullah. 2010. Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Agus Zaenal Fitri. 2013. Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam. Bandung: CV Alfabeta.

Qoriah, U. M., Bafadal, I., & Mustiningsih, M. (2018). MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN BERBASIS TAUHID DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 188-197.

Baharun, H. (2016). Manajemen Kinerja Dalam Meningkatkan Competitive Advantage Pada Lembaga Pendidikan Islam. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 5(2), 243-262.

Baharun, H. (2018). Peningkatan kompetensi guru melalui sistem kepemimpinan kepala madrasah. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 6(1), 1-26.

Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM, 7(1), 119-125.

Edison, Emron. 2016. “Manajemen Sumber Daya Manusia.” In Bandung: CV Alfabeta, 4.

Hasan Baharun, Dkk. 2017. Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktik. Cetakan I. ed. Zamroni. Yogyakarta: Pustaka Nurja.

Ma’arif, Mohamad Ahyar. 2014. “Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 1(1): 9–12.

Ma’arif, M. A. (2018). PARADIGMA BARU PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. PEDAGOGIK: JURNAL PENDIDIKAN, 5(1), 109-123.

MPR. 2003. 14 Chiropractic & Osteopathy Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Mulyasa, E. 2006. “Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Karakteristik Dan Implementasi.” : 40.

Mustari, M., & Rahman, M. T. (2014). Manajemen pendidikan.

Nasution, Sorimuda. 1995. “Kurikulum Dan Pengajaran.” : 135.

Qomari, R. (2008). Pengembangan instrumen evaluasi domain afektif. Insania, 13(1), 87-109.

Sudjana, N. (1989). Pembinaan dan pengembangan kurikulum di sekolah. Sinar Baru.

Suradnya, I. M. (2010). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dan Pelatihan Kepariwisataan Berkelanjutan. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 16(3)..




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/j.v3i2.866

Article Metrics

Abstract view : 2 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar logo