PERAN DAYAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK DALAM MASYARAKAT ACEH

Muslem Muslem, Maulida Hayatina

Abstract


Abstract: The concept of character education becomes an offer to answer the phenomenon of immoral. Thus, the development of the concept of character education in accordance with regional characteristics is important to research. Dayah as the oldest Islamic educational institution in Aceh and with stories of success has proven successful in educated children's character. This study aims to find patterns of character formation for children in the Bustanul Ridha dayah, East Aceh Regency. This type of research is qualitative and used the phenomenological approach. The data collection techniques used interviews, observation and documentation. The results showed that the pattern of children's character formation used a comprehensive approach which was carried out through intracurricular and extracurricular learning. The strategy of character building puts forward the stages of moral (spiritual) inspiration compared to the stages of moral knowledge and moral feelings, and moral action in the concept of character education for children in the dayah.

 

Keywords: : Character Education, Aceh Dayah, Islamic Education Institute

 

Abstrak: Konsep pendidikan karakter lahir dan menjadi tawaran guna menjawab fonomena perilaku demoralisasi. Sehingga, pengembangan konsep pendidikan karakter yang sesuai dengan karakteristik kedaerahan menjadi penting untuk diteliti. Dayah sebagai sebuah lembaga pendidikan Islam tertua di Aceh dan secara stories of success telah membuktikan pembentukan karakter bagi anak-anak. Jadi, penelitian ini bertujuan untuk menemukan pola pembentukan karakter bagi anak di dayah Bustanul Ridha Kabupaten Aceh Timur. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Wawancara, observasi dan dokumentasi menjadi metode dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pembentukan karakter anak menggunakan pendekatan komprehensif yang dilakukan melalui pembelajaran intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Strategi pembentukan karakter mengedepankan tahapan penjiwaan moral (spiritual) dibandingkan tahapan pengetahuan moral, tindakan dan perasaan moral dalam konsep pendidikan karakter bagi anak di dayah.

 

Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Dayah Aceh, Lembaga Pendidikan Islam

 


Full Text:

PDF

References


Creswel JW. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. III. London: Vicki Knight; 2007.

Manshuri. Dinamika Sistem Pendidikan Islam di Dayah. J Ilm Didakt. 2013;XIII(2).

Nugroho P. Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Dan Kepribadian Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Melalui Pendekatan Humanis-Religius. Edukasia J Penelit Pendidik Islam. 2017;12(2):355. doi:10.21043/edukasia.v12i2.2491

Sufi R. Kedudukan Dan Peranaan Dayah Di Aceh Pada Masa Revolusi Kemerdekaan (1945-1949). Banda Aceh: Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional; 2000.

Hati ST. Model Pendidikan Karakter yang Baik di Sekolah Alam. J Ilmu Pendidik Sos Ijtimaiyah. 2017;1(2):1-32.

Sugiono. Metode Penelitian Pendiidkan; Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2009.

Lickona T. Mendidik Untuk Membentuk Karatker: Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan Tentang Sikap Hormat Dan Bertanggung Jawab. Jakarta: Bumi Aksara; 2012.

Hasanah U. Model-model Pendidikan Karakter di Sekolah. J Pendidik Islam Al-Tazkiyyah. 2016;7(1):18-34.

Wuri, Dkk. W. Implementasi Pendidikan Karakter Kemandirian di Muhammadiyah Bording School. J Cakrawala Pendidik. 2016;2:208-216.

Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter: Konsep Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana; 2012.

Wihyanti R dkk. Internalisasi Karakter Nasionalisme dalam Kediversitasan Etnis di Sekolah Dasar Islam. Edukasia J Penelit Pendidik Islam. 2018;13(1):79-104.

Budhiman A. Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter. www.repositori.kemdikbud.go.id. www.repositori.kemdikbud.go.id. Accessed July 5, 2021.

Ahmad, Abu Bakar, Pimpinan Dayah Bustanul Ridha, Wawancara, Selasa 02 Januari 2018.

---------, Pimpinan Dayah Bustanul Ridha, Wawancara, Selasa 13 Februari 2018.

Fakhruddin, Guru Dayah Bustanul Ridha, Wawancara, Kamis 04 Januari 2018.

---------, Guru Dayah Bustanul Ridha, Wawancara, Rabu 17 Januari 2018.

---------, Guru Dayah Bustanul Ridha, Wawancara, Rabu, 31 Januari 2018.

---------, Guru Dayah Bustanul Ridha, Wawancara, Selasa 13 Februari 2018.

---------, Guru Dayah Bustanul Ridha, Wawancara, Senin 15 Januari 2018.

---------, Guru Dayah Bustanul Ridha, Wawancara, Senin, 15 Januari 2018.

Mahlil, Guru Dayah Bustanul Ridha, Wawancara, Senin, 05 Februari 2018.

---------, Guru Dayah Bustanul Ridha, Wawancara, Senin, 29 Januari 2018.

Muhammad Arif, Santri Dayah Bustanul Ridha, Wawancara, Rabu 09 Januari 2018.

Muslem, Guru Dayah Bustanul Ridha, Wawancara, Selasa 13 Februari 2018.

Usman, Guru Dayah Bustanul Ridha, Wawancara, Senin, 15 Januari 2018.

Ruslan, Santri Dayah Bustanul Ridha, Wawancara, Kamis 10 Januari 2018.

Saiful, Warga Gampong Blang Mideun Kab. Aceh Timur, Wawancara, Senin 22 Januari 2018.

Catatan Observasi, Dayah Bustanul Ridha Kab. Aceh Timur, Selasa-Rabu, 02-03 Januari 2018.

---------, Lingkungan Dayah Bustanul Ridha Kab. Aceh Timur, Senin, 01 Januari 2018.

---------, Lingkungan di Dayah Bustanul Ridha Kab. Aceh Timur, Senin sampai Juma’t, 22 s/d 26 Januari 2018.

---------, Lingkungan di Dayah Bustanul Ridha Kab. Aceh Timur, Minggu dan Senin, 28-29 Januari 2018.

---------, Lingkungan di Dayah Bustanul Ridha Kab. Aceh Timur, Kamis, 01 Februari 2018.

---------, Lingkungan di Dayah Bustanul Ridha Kab. Aceh Timur, Selasa, 23 Januari 2018.

---------, Proses Pembelajaran di Dayah Bustanul Ridha Kab. Aceh Timur, Kamis, 04 Januari 2018.

---------, Proses Pembelajaran di Dayah Bustanul Ridha Kab. Aceh Timur, Rabu, 09 Januari 2018.

---------, Proses Pembelajaran di Dayah Bustanul Ridha Kab. Aceh Timur, Jum’at, 10 Januari 2018

---------, Proses Pembelajaran di Dayah Bustanul Ridha Kab. Aceh Timur, Kamis, 18 Januari 2018.

---------, Proses Pembelajaran di Dayah Bustanul Ridha Kab. Aceh Timur, Rabu, 17 Januari 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/ajip.v6i2.1632

Article Metrics

Abstract view : 426 times
PDF - 134 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aqlam: Journal of Islam and Plurality

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Rumah Jurnal IAIN Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by AQLAM: Journal of Islam and Plurality are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.