ULUL ALBAB DALAM AL-QUR’AN (TAFSIR TEMATIK)

ST Magfirah

Abstract


Abstract: Ulul albab in the Qur´an discusses people who use their minds to think and make remembrance of natural phenomena and the power of Allah swt. There are sixteen times the derivation of ulul albab verses in the Qur'an, therefore this study uses thematic interpretation studies. This study formulates how to understand the characteristics of ulul albab in the Qur´an?. This research method uses thematic analysis with a philosophical and exgesic approach. This research is a literature review conducted by collecting data and analyzing data according to primary and secondary sources. The results of this study conclude that the concept of ulul albab in the Qur'an is someone who has broad insight and has sharpness in analyzing a problem, and ulul albab is referred to as someone who has the advantage of always getting closer to Allah by remembering (z\ikr) and think (tafakkur).

Keywords: Ulul Albab, Thematic Exegesis, The Holy al-Qur´an, Z|ikr, Tafakku>r.

 

Abstrak: Ulul albab dalam Al-Qur´an membahas tentang orang-orang yang menggunakan akal untuk berpikir dan berzikir terhadap fenomena alam dan kekuasaan Allah swt. Terdapat enam belas kali derivasi ayat-ayat ulul albab dalam Al-Qur´an oleh sebabnya penelitian ini menggunakan kajian tafsir tematik. Penelitian ini merumuskan bagaimana memahami karakteristik ulul albab dalam al-Qur´an?. Metode penelitian ini menggunakan analisis tematik dengan pendekatan filosofis dan eksegesis Penelitian ini bersifat kajian pustaka yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data dan menelaah data sesuai dengan sumber primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa konsep ulul albab dalam Al-Qur´an menggambarkan seseorang yang memiliki wawasan yang luas dan mempunyai ketajaman dalam menganalisis suatu permasalahan, serta selalu mendekatkan diri kepada Allah dengan cara mengingat (z\ikr) dan memikirkan (tafakkur).

 

Kata Kunci: Ulul Albab, Tafsir Tematik, al-Qur´an, Zikir, Tafakkur.

Full Text:

PDF

References


Al-Qard}awi, Yusuf. Al-Qur´an Berbicara Tentang Akal dan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Gema Insani, 2004.

Creswell, John W. QualitativeInquiry and Research Design, Choosingamong Five Traditions. Cet. II; Amerika: SAGE Publication, 1998.

M. Dawam Rahardjo, Ensiklopedi al-Qur´an, Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-Konsep Kunci, (Jakarta: Paramadina, 2002.

Manzur, Ibn. Lisa>n al-Arabi>. Mesir: Da>r Mas}riyah wa al-Ta´lif wa al-Tarjamah, 1993.

Miles, Matthew B dan A. Michael Huberman, Qualitative Data Analysis (Ed. II; California: SAGE Publication, 1994.

Al-Qut}b, Sayyid. Fi Z{ila>l al-Qur´an. Mesir: Dar al-Masyriq, 1965.

Masluh Ardabili, Ulul Albab dalam Al-Qur´an (Studi Komparatif Tafsir Marah Labid dan al-Manar), S1-UIN Raden Intan, Lampung, 2020. Dapat diakses http://repository.radenintan.ac.id.

Usup Romli, “Konsep Pendidikan Tauhid dalam Perspektif al-Qur´an”, Universitas Pendidikan Indonesia, 2015. Diakses dari http://repository.upi.edu/17525/5/T_PAI_1204869_chapter3.pdf.

Imaniar Mahmuda, ‘Konsep Ulul Albab dalam Kajian Tafsir Tematik’, dalam jurnal Qolamuna, 3.2 (2018), h. 219-234. Dapat diakses https://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/qolamuna/article/view/113/80.

Dwi Hidayatul Firdaus, ‘Ulul Albab Perspektif al-Qur'an (Kajian Maudlu'iy dan Integrasi Agama dan Sains)’, h. 97-114. dalam Ats-Tsaqofi Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 3.1 (2021). Dapat diakses http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tsaqofi/article/view/4405.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/ajip.v6i2.1650

Article Metrics

Abstract view : 1186 times
PDF - 6904 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aqlam: Journal of Islam and Plurality

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Rumah Jurnal IAIN Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by AQLAM: Journal of Islam and Plurality are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.