NALAR TEOLOGIS THAIFUR ALI WAFA AL-MADURI DALAM FIRDAUS AL-NA‘IM BI TAUDIHI MA‘ANI AYAT AL-QUR’AN AL-KARIM
Abstract
This paper analyzes the interpretation of theological verses in tafsir Firdaws al-Na'im by Thaifur Ali Wafa al-Maduri. The author is a representation of Madurese religious authority because of his capacity as a pesantren cleric, mursyid tarekat, and structural NU figure in Sumenep. The research methods used in writing this article are library research and content analysis. By using critical discourse analysis, the results of this study show that the ideological tendency in Firdaws al-Na'im's interpretation can be seen from his interpretation of sensitive issues such as the theology of ru'yatullah, intercession, absolute will and justice of God. This tendency is due to the author's background as a local activist in Islamic boarding schools and traditional religious education that carries the ideology of Ahlussunnah wa al-Jama'ah. Thaifur Ali Wafa's scientific network that is connected to Middle Eastern scholars also strengthens this reason. This research is significant to portray how the intellectual relationship between Madurese Muslims and Middle Eastern Ulama has played an important role in bringing religious views and interpretations from the Middle East to the archipelago, including Madura.
Keywords: Tafsir, Ideology, Thaifur Ali Wafa, Firdaws al-Na'im
Abstrak: Tulisan ini menganalisis penafsiran ayat-ayat teologi dalam Firdaws al-Na‘im bi Tawdih Ma‘ani Ayat al-Qur’an al-Karim karya Thaifur Ali Wafa al-Maduri. Penulisnya adalah representasi dari otoritas keulamaan Madura karena kapasitasnya sebagai kiai pesantren, mursyid tarekat, dan tokoh NU Struktural di Sumenep. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah library research dan content analysis. Dengan menggunakan analisis wacana kritis, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecenderungan ideologis dalam tafsir Firdaws al-Na’i>m dapat dilihat dari penafsirannya tentang isu-isu sensitif seperti teologi ru’yatullah, syafaat, kehendak mutlak dan keadilan Tuhan. Kecenderungannya terhadap Teologi Sunni ini disebabkan oleh latar kehidupan penulisnya sebagai aktifis lokal Islam pesantren dan pendidikan agama tradisional yang mengusung ideologi Ahlussunnah wa al-Jama’ah. Jaringan keilmuan Thaifur Ali Wafa yang terhubung dengan Ulama Timur Tengah juga memperkuat alasan tersebut. Penelitian ini signifikan untuk memotret bagaimana hubungan intelektual antara Muslim Madura dan Ulama Timur Tengah telah memainkan peran penting dalam membawa pandangan dan interpretasi keagamaan dari Timur Tengah ke wilayah Nusantara, termasuk Madura.
Kata Kunci: Tafsir, Teologi, Thaifur ‘Ali Wafa, Firdaws al-Na‘im
Full Text:
PDFReferences
Akbar, Jamaluddin. “Epistemologi Kitab Tafsir Firdaws al-Na‘īm bi Tawd}īh} Ma‘ānī Āyāt al-Qur’ān al-Karīm. Karya Thaifur ‘Ali Wafa.” Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2018.
Baidan, Nashruddin Perkembangan Tafsir di Indonesia. Solo: Pustaka Mandiri, 2002.
_______, Nashruddin. Metode penafsiran al-Qur’an: kajian kritis terhadap ayat-ayat yang beredaksi mirip, 1 ed.. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.
_______, Nashruddin. Wawasan baru ilmu tafsir, 4 ed.. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2021.
Baid}a>wi> (al), Na>s}ir al-Di>n. Anwa>r al-Tanzi>l wa Asra>r al-Ta’wi>l . Bayru>t: Da>r Ih}ya>’ al-Tura>th al-‘Arabiy, 1418 H), 152.
Bizawie, Zainul Milal. Masterpiece Islam Nusantara Sanad dan Jejaring Ulama-Santri (1830-1945). Tangerang: Pustaka Compass, 2016.
Dhahabi> (al), Muh}ammad H{usayn. Penyimpangan-Penyimpangan dalam Penafsiran al-Qur’an. Terj. Maznun Husein, Cetakan ke-4. Jakarta: PT Grafindo Persada, 1996.
Gusmian, Islah. “Tafsir al-Qur’an Bahasa Jawa: Peneguhan Identitas, Ideologi, dan Politik”, Ṣuḥuf, Vol. 9, No. 1, Juni 2016.
Gusmian, Islah. “Bahasa dan Aksara Tafsir al-Qur’an di Indonesia dari Tradisi, Hierarki Hingga Kepentingan Pembaca,” TSAQAFAH 6, no. 1 (2010).
Hasanah, Uswatun. “Hak-hak Perempuan dalam Tafsīr Firdaws al-Na‘īm bi Tawḍīḥ Ma‘ānī Āyāt al-Qur’ān al-Karīm Karya KH. Thoifur ‘Ali Wafa.” Islamika Inside: Jurnal Keislaman dan Humaniora 5 (7 Juni 2019): 72–95.
Hidayah, Ni’matul. “Tafsir Firdaws Al-Naîm Karya Thaifur ‘Ali Wafa Dan Pertautan Terhadap Budaya Lokal Sumenep Madura.” Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2019.
Kathi>r, Abu> al-Fida>' Isma>'‘i>l ibn ‘Umar ibn. Tafsi>r al-Qur’a>n al-‘Az}i>m, Vol.1. Bayru>t: Da>r al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1419 H.
Khali>li> (al), Ah}mad bin H{amd. Jawa>hir al-Tafsi>r Anwa>r min Baya>n al-Tanzi>l, Vol. 3. Amma>n: Maktabah al-Istiqa>mah, 1984.
Mustaqim, Abdul. Dinamika Sejarah Tafsir Al-Qur’an. Yogyakarta: Ponpes LSQ Ar-Rahmah, 2012.
Mustaqim, Abdul. Epistemologi Tafsir Kontemporer. Yogyakarta: LKiS, 2010.
Madkour, Ibrahim. Alirann dan Teori Filsafat Islam, terj. Yudian Wahyudi Asmin dan Ahmad Hakim Mudzakhir. Jakarta: Bumi Aksara 1995. 190
Mustaqim, Abdul Dinamika Sejarah Tafsir Al-Qur’an. Yogyakarta: Ponpes LSQ Ar-Rahmah, 2012.
Ma’arif, Samsul The history of Madura: sejarah panjang Madura dari kerajaan, kolonialisme sampai kemerdekaan (Araska, 2015)
Najakhah, Vina Umdatun. “Paradigma Fiqh KH Thaifur ‘Ali Wafa Al-Maduri: Analisis Terhadap Ayat-Ayat Ahkam Dalam Tafsir Firdaws al-Na‘i>m Bi-Tawdhih Ma’ani Ayat al-Qur’an al-Karim.” Journal of Ushuluddin and Islamic Philosophy and Thought 1, no. 1 (12 Juni 2023): 60–79.
Nasution, Harun. Teologi Islam: Aliran-Aliran Sejarah Analisa Perbandingan. Jakarta: UI Press, 1986.
Nasution, Harun Teolologi Islam. Jakarta : UI Press, 1986.
Pribadi, Yanwar Islam, State and Society in Indonesia. New York: Routledge, 2018.
Rahman, Fazlur. Major Themes of the Qur’an. Chicago: Minneapolis, 1980.
Ra>zi> (al), Muh}}ammad Fakhr al-Di>n. Mafa>ti>h} al-Ghayb, Vol. 13. Bayrut: Dar al-Fikr, 1981.
Syahrur, Muhammad. al-Kita>b wa al-Qur’a>n; Qira>’ah Mu‘a>s}irah. Damaskus: Ahali li al-Nasyr wa al-Tauzi, 1992.
Shahrasta>ni> (al), Muh}ammad Ibn ‘Abd al-Kari>m. Al-Milal wa al-Nih}al. Bayru>t: Da>r al-Fikr 1979), 102.. Beirut:Dar al-Fikr 1979.
Subha>ny (al), Ja‘far, Al-Shafa‘ah fi al-Kita>b wa al-Sunnah. Bayru>t: Da>r al-Ad}wa>’, 2006.
T{abari> (al), Muh}ammad Ibn Jari>r Ibn Yazi>d bin Kathi>r bin Gha>lib al-A Abu> Ja‘far. Ja>mi‘ al-Baya>n ‘an Ta’wi>l al-Qur’a>n. Qa>hirah: Da>r H{ijr, 2001.
Wafa, Thaifur ‘Ali. Manar al-Wafa. t.k.:t.p.,t.th.
Wafa, Thaifur ‘Ali. Firdaws al-Na‘īm bi Tawd}īh} Ma‘ānī Āyāt al-Qur’ān al-Karīm. t.k.:t.p.,t.th.
Wahyudi dkk., Teologi Ash’ariyyah Dalam Tafsir Ulama Nusantara (Studi Ittijah I’tiqady dalam Tafsir Jami’ al-Bayan min Khulaṣah Suwar al-Qur’an Karya Muhammad bin Sulaiman), Jurnal Ushuluddin Vol. 28 No.1, January - June 2020.
Zamakhshari> (al), Mah}mu>d ibn ‘Umar. Al-Kashsha>f ‘an Haqa>iq al-Tanzi>l wa ‘Uyu>n al-Ta’wi>l fi> Wuju>h al-Ta’wi>l. Bayru>t: Da>r al-Ma‘rifah, 2009.
DOI: http://dx.doi.org/10.30984/ajip.v8i2.2690
Article Metrics
Abstract view : 556 timesPDF - 184 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Aqlam: Journal of Islam and Plurality

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rumah Jurnal IAIN Manado
Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.
All publication by AQLAM: Journal of Islam and Plurality are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.