TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP OF PESANTREN TAHFIZD DARUL QURAN SURAKARTA LEADERS IN STRENGTHENING THE RELIGIOUS CHARACTER OF SANTRIWATI
Abstract
Abstract: Education at Islamic boarding schools not only functions as a transfer of religious knowledge, but also as a place for the formation of religious character. The transformational leadership of Islamic boarding school leaders plays a central role in the process of producing a generation that combines academic skills with strong moral and spiritual character. Transformational leadership does not only involve managerial aspects, but also focuses on building female students' character, morality and spirituality. This research aims to explore and understand the positive impact of transformational leadership of Islamic boarding school leaders in forming a religious generation at the Tahfizh Daarul Qur'an Islamic Boarding School, Surakarta. This research method uses descriptive qualitative. This research found that the transformational leadership of Islamic boarding school leaders in the idealized influence dimension in strengthening the religious character of female students was carried out with the strategy of nurturing with the heart and educating by example, holding muhadharah activities with the aim of forming the character of female students, memorizing the Qur'an which would then be carried out by reciting the Qur'an. an, providing formal education based on science and technology.
Key Words : Transformational Leadership, Islamic Boarding School Leader, Religious
Abstrak: Pendidikan di pesantren tidak hanya berfungsi sebagai transfer ilmu agama, tetapi juga sebagai tempat pembentukan karakter religius. Kepemimpinan transformasional pimpinan pesantren memainkan peran sentral dalam proses mencetak generasi yang memadukan kecakapan akademis dengan karakter moral dan spiritual yang kuat. Kepemimpinan transformasional tidak hanya melibatkan aspek manajerial, tetapi juga berfokus pada pembentukan karakter, moralitas, dan spiritualitas santriwati. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan memahami dampak positif kepemimpinan transformasional pimpinan pesantren dalam membentuk generasi religius di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Surakarta. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa kepemimpinan transformasional pimpinan pesantren dalam dimensi idealized influence dalam menguatkan karakter religius santriwati dilakukan dengan strategi mengasuh dengan hati dan mendidik dengan keteladanan, mengadakan kegiatan muhadharah dengan tujuan untuk membentuk karakter santriwati, hafal Qur’an yang selanjutnya akan dilakukan khatmil Qur’an, pemberian pendidikan formal berbasis sains dan teknologi.
Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional, Pimpinan Pesantren, Religius
Full Text:
PDFReferences
Abiyyu Naufal Malik, M. S. N. & E. N. (2023). Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Menengah Atas Pesantren Terpadu. 09(8), 316–327.
Aminoto, J. (2022). Gaya Kepemimpinan Dan Peran Kyai Dalam Mengembangkan Karakter Santri di Pondok Pesantren Daarul Ishlah Desa Sokawera Purbalingga. 19.
Anggraini, E. N. (2023). Peranan Pendidikan Formal Dilingkungan Pesantren Dapat Meningkatkan Kualitas Sumberdaya Manusia Di Pondok Pesantren Darul Falah Tulung Sari Eka Novia Anggraini. 5, 17–28.
Apriati, Y., Syihabuddin, S., Kosasih, A., & Henny, H. (2022). Penanaman Nilai Pendidikan Karakter Religius Anak Melalui Tradisi Bahalarat Di Desa Pamatang Panjang Kecamatan Seruyan Hilir Kabupaten Seruyan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2), 1566–1573. https://doi.org/10.36312/jime.v8i2.3262
AR, F. M., & Hendriyani, S. (2022). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Pondok Pesantren Kauman Padang Panjang Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Dan Mutu Pesantren. Menara Ilmu, 16(1), 8–16. https://doi.org/10.31869/mi.v16i1.3372
Artanto, D. (2022). Strategi Kepemimpinan Transformasional untuk Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Islam. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 12(2), 108–122. https://doi.org/10.30863/ajmpi.v12i2.2706
Baehaqi, M. L. (2019). Strategi Sekolah Berbasis Pesantren dalam Penguatan Karakter Disiplin Santri. Kontekstualita, 34(2), 41–55. https://doi.org/10.30631/34.2.4
Basri, H., Suhartini, A., & Nurhikmah, S. (2023). Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan Kegiatan Keagamaan di MA Miftahul Ulum Kabupaten Purwakarta. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 1521–1534. https://doi.org/10.3086 8/ei.v12i02.4269
Deswita, Y., Ritonga, M., & Wahyuni, S. (2022). Penguatan Karakter Religious Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Melalui Tahfizh Quran. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(7), 2413–2420. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/index
Fazal Muttaqin. (2021). Pembinaan Karakter Religius Santri di TPQ Al-Ansor Kelangdepok Pemalang. Skripsi UIN Walisongo Semarang, 1–97.
Firman, Putera, R. A., Nopenae, I., & Tarigan, B. E. P. B. (2023). Pengaruh Pendidikan Pesantren terhadap Karakter Pemuda Akademisi di Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 12976–12985.
Fitri, R., & Ondeng, S. (2022). Pesantren Di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 42–54. https://journal.unismuh.a c.id/index.php/alurwatul
Jamalulel, H. A. (2018). Peran kepemimpinan karismatik kiai dalam pembentukan karakter santri di pondok pesantren darul muttaqien kabupaten bogor.
Jannah, R. T. (2022). Kepemimpinan Dalam Islam Sukatin,. 2(1), 72–85.
Jundullah, M., Nur, T., & Herdiana, Y. (2022). Pembinaan Karakter Santri melalui Latihan Pidato (Muhadhoroh) di Pondok Pesantren Modern Darussalam Bekasi. Islamika, 4(4), 516–527. https://doi.org/10.36088/islamika.v4i4.2043
Khamidah, D. (2021). Durotul Khamidah Institut Agama Islam Negeri.
Kurniawan, K., Putra, D. N., Zikri, A., & Mukhtar AH, N. (2020). Konsep Kepemimpinan Dalam Islam. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v2i1.2244
Kwirinus, D., Jando, A. M., Avi, G., Nino, M., & Ndua, Y. H. (2023). Model Kepemimpinan Situasional dan Transformasional Kepala Sekolah SMAK Yos Sudarso Batu. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 11(1), 59–69. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i1.9288
Laila, A. N. (2019). Fungsi Mut Ᾱba’ah Yaumiyah Dalam Membentuk Karakter Santri Di Pondok Pesantren Mahasiswi Asma Amanina Yogyakarta (Penanaman Nilai Disiplin, Religius, Kepedulian, dan Tanggung Jawab).
Mahfud, A., Prasetiya, B., & Santoso, S. A. (2022). Peran Pondok Pesantren Dalam Pembentukan Karakter Religius Anak Di Desa Mranggonlawang. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 19–28. https://doi.org/10.37286/ojs.v8i2.155
Mahfudh, M. (2022). Konstruksi Kepemimpinan Transformatif di Lembaga Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 3(2), 131–150. https://doi.org/10.33367/ijhass.v3i2.3005
Mochammad Salman Alfarizi. (2020). Peran Kiai Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Santri di Pondok Pesantren Kun Aliman Mojokerto.
Nahdiyah KY, N., & Maunah, B. (2021). Kepemimpinan Transformasional di Lembaga Pendidikan Islam. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 3(2), 76–84. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v3i2.925
Nurdiansyah, N. M., Arief, A., & Kahfi, A. H. (2021). Transformational Leadership In The Development Of A Quality Culture Of Madrasah (Research Problems at MTs and MA Pondok Pesantren Rafah Bogor). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02), 877–890. https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.1500
Ridwan, A. (2023). Kampung Qur ’ An Kecamatan Cimanggung.
Sari, A. A., Ajeng, S., Istina, G. I., Farhan, M., & Ikmal, H. (2022). Pengembangan Karakter Religius Siswa Melalui Sekolah Berbasis Pesantren di MA Ma’arif 7 Banjarwati. Jurnal Kajian Islam Al Kamal, 2(2), 451–467.
Soelistijanto, Widiastuti, E. H., Nuryanti, & Slamet. (2023). MANGGALI menyekolahkan anaknya , kesibukan mereka yang tidak lagi mempunyai cukup waktu bagi orang tua yang berkomitmen untuk menanamkan akhlak pada putra-putrinya . pengaruh-pengaruh negatif arus globalisasi di tengah-tengah kebudayaan kita . 3, 33–42.
Sridadi. (2022). Model Kepemimpinan Kiai Dalam Pembentukan Karakter Santri (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Islam Surakarta ). 22–26. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA
Ubaidila, S., Maunah, B., Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, U., & History, A. (2022). Online) 2579-7050 (Printer) V0l. Jurnal Agama Dan Perubahan Sosial ISSN, 6(1), 153–171. https://doi.org/10.30762/ask.v5i2.3842
Utami, D. P., Melliani, D., Maolana, F. N., & Hidayat, F. M. & A. (2021). Iklim Organisasi Kelurahan Dalam Perspektif Ekologi. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(2), 6.
Verawati Wote, A. Y., & Patalatu, J. S. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 465. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21782
DOI: http://dx.doi.org/10.30984/ajip.v8i2.2859
Article Metrics
Abstract view : 140 timesPDF - 85 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Aqlam: Journal of Islam and Plurality
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rumah Jurnal IAIN Manado
Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.
All publication by AQLAM: Journal of Islam and Plurality are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.