Peran Kepala Madrasah Dalam Pencegahan Krisis Akhlak Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Mata Air Kota Padang

Ahmad Putra

Abstract


Berkembangnya zaman ke era digital turut memengaruhi akhlak dan perilaku setiap manusia, termasuk siswa. Pada akhirnya, penting sekali bila perbaikan akhlak menjadi hal utama dalam menjadikan siswa tetap konsisten dalam menjalankan perannya sebagai pelajar. Kepala madrasah memiliki wewenang dan tanggung jawab dalam menyelesaikan berbagai problematika yang dialami siswa sehingga dapat meminimalisasi krisis akhlak yang ditampilkan siswa. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui bagaimana peran kepala madrasah dalam mencegah krisis akhlak di sekolah. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif. Lokasi penelitian di MIS Mata Air Kota Padang. Subjek penelitian ini ialah kepala sekolah, siswa, dan guru. Hasil penelitian ini ialah terdapat beberapa bentuk penyimpangan yang dilakukan oleh siswa seperti bolos belajar, merokok di wc, tidak menghargai guru, tidak sopan ketika berbicara kepada guru, sering berkata kotor ketika berkomunikasi dengan teman sebaya, kedapatan membawa handphone, bergaya yang tidak pantas dan tidak patuh kepada kedua orangtua. Peran yang dilakukan oleh kepala madrasah terkait pencegahan krisis akhlak siswa ialah memberikan hukuman, menasehati, mengajarkan cara menjadi siswa yang baik, melalui cerita-cerita motivasi dan berdiskusi.

Keywords


Kepala Madrasah; Krisis Akhlak

Full Text:

PDF

References


Afrida. (2012). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa tentang Pelajaran Agama di SD Limus Nunggal 02 Cileungsi. Jakarta: FITK UIN Jakarta.

Aprilana, E. R., Kristiawan, M., & Hafulyon. (2016). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mewujudkan Pembelajaran Efektif Di Madrasah Ibtidaiyyah Rahmah El Yunusiyyah Diniyyah Puteri Padang Panjang. ELEMENTARY, 4(1), 1–22.

Baharun, H. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Sistem Kepemimpinan Kepala Madrasah. At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah, 6(1), 1–26.

Bahori, A., Madya, Ismail, S. Z., Khazarita, N., & Khalib, N. M. (2017). Keperluan Hukuman Alternatif Terhadap Penyelesaian Krisis Akhlak di Malaysia; Analisis Pendekatan Undang-Undang Syariah. In Prosiding Persidangan Antarabangsa Kelestarian Insan (pp. 1–10).

Daeng Pawero, A. M. V. (2018). Analisis Kritis Kebijakan Kurikulum Antara KBK, KTSP, dan K-13. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(1), 42. https://doi.org/10.30984/jii.v12i1.889

Ellong, T. D. E., & Pawero, A. M. D. (2018). Islamic Education Management for Millenial Generation; Quality and Competitivaness. In The 1st Annual Conference on Islamic Education Management (ACIEM). Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.

Fatah, N. (2006). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fatoni, M. (2017). Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Guru Di Mts Nurul Falah Talok Kresek Kabupaten Tangerang. Tarbawi, 3(2), 68–82.

Fauzi, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan Islam. Nidhomul Haq, 2(2), 53–64.

Fitrah, M. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 31–42.

Hadi, M., Djailani, A., & Ibrahim, S. (2014). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Min Buengcala Kecamatan Kuta Baro Kab Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 4(2), 40–48.

Jalal, F., & Supriadi, D. (2008). Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, L. J. (1995). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Mulyasa. (2006). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Madrasah. Jakarta: Bumi Aksara.

National Education Association. (2008). Changing Role of School Leadership. Retrieved February 20, 2020, from http://www.nea.org/assets/ docs/PB09_Leadership08.pdf

Pawero, A. M. (2017). Analisis Kritis Kebijakan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Dan Standar Isi Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Journal of Islamic Education Policy, 2(2). https://doi.org/10.30984/j.v2i2.700

Peterson, K. D., & Deal, T. E. (2011). The Shaping School Culture Feldbook. Hoboken.

Purwanto, N. (2005). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rahman, B. (2014). Kepemimpinan Multidimensi Kepala Madrasah Dari Perspektif Guru. ANALISIS: Jurnal Studi Keislaman, 14(2), 431–453.

Ramdhun, A. B. (2006). Ranjau Ranjau Pergaulan Bebas. Jakarta: Sanabil Pustaka.

Ruhiyat, M. Y. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Dan Supervisi Pengawas Madrasah Terhadap Kinerja Guru Untuk Mewujudkan Mutu Pendidikan Di Madrasah. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 11(1), 26–37.

Salim, A. (2013). Peran Kepala Madrasah Wanita Dalam Pengelolaan Penerimaan Siswa Baru Di Maarif Brajan Banjararum Kalibawang Kulon Progo. Literasi, 4(1), 71–88.

Soerjono Soekanto. (2009). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.

Soetopo, H., & Soemanto, W. (2002). Pengantar Operasional Administrasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Srimulyani, E. (2007). Muslim Women and Education in Indonesia: The pondok pesantren experience. Asia Pacifc Journal of Education, 27(1), 85–99.

Syam, Y. H. (2005). Mendidik Anak ala Muhammad. Yogyakarta: Penerbit Sketsa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v14i1.1048

Article Metrics

Abstract view : 2326 times
PDF - 936 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)