Implementasi Kinerja Komite Sekolah di Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Oba Utara Kota Tidore Kepulauan

Julkarnain Syawal, Mubin Noho

Abstract


Penelitian ini menjawab dua masalah yakni bagaimana pelaksanaan kinerja Komite Sekolah MTs di Kecamatan Oba Utara? Bagaimana kendala yang dihadapi Komite Sekolah MTs di Kecamatan Oba Utara dalam pelaksanaan kinerjanya? Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, data penelitian bersumber dari kepustakaan (bahan cetak) dan human resources yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kinerja komite madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Oba Utara belaum berjalan secara maksimal. Implementasi kinerja komite MTs di kecamatan Oba Utara umunya masih berada pada fungsi supporting agency, itu pun masih terbatas pada supporting dana serta sarana prasarana pendidikan. Kendala yang di hadapi oleh komite madrasah Tsanawiyah di kecamatan Oba Utara adalah minimnya sumberdaya manusia. Pengurus yang dipercayakan untuk mejadi komite sekolah ini pada umumnya belum memahami sesungguhnya peran dan fungsi komite sebagaimana tertuang dalam peraturan yang ditetapkan. Kepedulian pemerintah terhadap komite sekolah juga merupakan faktor yang menyebabkan minimnya sumber daya manusia pada pengurus komite sekolah. Faktor kedua yang menjadi kendala adalah ketersediaan waktu dan kesempatan pengurus komite dalam menjalankan tugas dan fungsi komite madrasah.


Full Text:

PDF

References


Al-alak, B. A. S. T. (2011). Gaining Competitive Advantage And Organizational Performance Through Customer Orientation, Innovation Differentiation And Market Differentiation. International Journal of Economics and Management Sciences, 1(5).

Barrera, F., & et.all. (2009). Decentralized Decision-Making in Schools The Theory and Evidence on School-Based Management. The International Bank for Reconstruction and Development.

Basic Education Capacity Trust Fund (BEC-TF). (2011). Meningkatkan Manajemen Berbasis Sekolah di Indonesia. Sektor Pembangunan Manusia Bank Dunia.

Daeng Pawero, A. M. V. (2018). Analisis Kritis Kebijakan Kurikulum Antara KBK, KTSP, dan K-13. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(1), 42. https://doi.org/10.30984/jii.v12i1.889

Hasbullah. (2010). Otonomi Pendidikan Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan. Rajawali Press.

M, J., & Echols, H. S. (2008). Kamus Inggris Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, L. J. (1995). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosdakarya.

Pawero, A. M. V. D. (2016). Strategi Internasionalisasi Perguruan Tinggi Swasta. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Pawero, A. M. V. D. (2017). Analisis Kritis Kebijakan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Dan Standar Isi Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Journal of Islamic Education Policy, 2(2), 166.

Sedarmayanti. (2011). Manajemen Sumberdaya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Refika Aditama.

Siagian, S. P. (2012). Fungsi-Fungsi Manajerial. Bumi Aksara.

Soeprijanto. (2010). Pengukuran Kinerja Guru Praktik Kejuruan. CV. Tursina.

Sudarmanto. (2009). Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Pustaka Pelajar.

Tilaar, H. A. R. (2009). Kekuasaan dan Pendidikan; Manajemen pendidikan Nasional Dalam Pusaran Kekuasaan. Rineka Cipta.

Tim Redaksi Sinar Grafika. (2007). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Sinar Grafika.

Umiraso, & Gojali, I. (2011). Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan; Menjual Mutu Pendidikan Dengan Pendekatan Quality Control bagi Pelaku Lembaga Pendidikan. Ircisod.

Wibowo. (2012). Manajemen Kinerja. Raja Grafindo Persada.

World Bank. (2013). Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di Indonesia. World Bank.




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v14i2.1185

Article Metrics

Abstract view : 877 times
PDF - 613 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)