Kurikulum Darurat Covid 19 di Kota Kotamobagu; Fenomena dan Realita Guru Madrasah

Rahmathias Jusuf, Asri Maaku

Abstract


Kebijakan belajar dari rumah melalui jaringan internet sebagai alternatif pencegahan penyebaran corona virus disease (COVID-19) menimbulkan tantangan baru bagi guru Madrasah di Kota Kotamobagu. Guru-guru sebisa mungkin menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran pada kurikulum darurat COVID-19 agar proses pembelajaran tetap terlaksana walaupun pembelajaran dilakukan secara online. Ruang belajar dipindahkan di rumah, siswa-siswi Madrasah harus menyadari dan merasa bahwa mereka sedang belajar. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan berbagai macam aplikasi seperti ruang guru, class room, zoom, google doc, google form, maupun melalui grup whatsapp. Jaringan internet yang belum merata di pelosok negeri menyebabkan tidak semua daerah dapat menikmati internet. Hal yang sama juga terjadi di Kota Kotamobagu, beberapa daerah mengalami kesulitan dalam mengakses jaringan internet, sehingga menyebabkan proses pembelajaran online tidak terlaksana dengan baik. Konsep Walking Class dan Parent’s assessment merupakan solusi alternatif dalam mengahadapi berbagai kendala yang terjadi pada proses pembelajaran jarak jauh yang dilakukan oleh Guru Madrasah di Kota Kotamobagu. Pada konsep Walking Class, Guru-guru madrasah mempersiapkan diri untuk mengunjungi siswa-siswi di rumahnya masing-masing demi terlaksananya peroses pembelajaran. Siswa-siswi yang mengalami kendala akan diajarkan langsung oleh guru di rumahnya tanpa harus membentuk sebuah kelompok belajar, siswa diajarkan secara mandiri, akan tetapi lamanya proses belajar di rumah tidak seperti saat belajar di sekolah.  Pada penerapan Parents Asessment, guru Madrasah bekerja sama dengan orang tua siswa dalam penilaian sikap siswa. Guru memberikan modul penilaian sikap dan catatan-catatan penanaman nilai-nilai akhlak yang harus dipenuhi oleh siswa selama proses pembelajaran online yang dilakukan dari rumah.

Keywords


Guru; Kurikulum; Covid 19

Full Text:

PDF

References


Adilistiono. 2010. Homeschooling Sebagai Alternatif Pendidikan. Ragam Jurnal pengembangan Humaniora, Vol 10 No 1. Politeknik Negeri Semarang.

Aji Fatma Dewi, Wahyu. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 1.

Anderson, Terry. 2008. The Theory and Practice of Online Learning 2nd edition. Edmonton: Athabasca University Press.

Carman, J.M. 2005. Blended Learning Design: Five key Ingridients, Learning Technical Report. Agilant. Google Scholar. Cole and Foster.

D. Kembara, Maulina. 2007. Panduan Lengkap Home Schooling. Bandung: Progressio.

Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrma Widya.

G Schwerdt Piopiunik, M. 2020. Skill, signals and employability: An experimental investigation. Europan Economic Review. 123:103374.

Hendarman. 2020. Menerapkan Program Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Dalam PJJ Blended. Kepala Pusat Penguatan Karakter. Serta Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2791 Tahun 2020 Tentang Panduan Kurikulum Darurat Pada Madrasah.

Keputusan Bersama 4 Menteri; Panduan Penyelenggara Pembelajaran Pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Corona Virus Disease (COVID 19).

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2791 Tahun 2020 Tentang Panduan Kurikulum Darurat Pada Madrasah

Kusnohadi. 2014. Pendidik Online: Perluasan Tugas Dari Kelas Konvensional Menuju Kelas Maya. Jurnal Teknodik Vol. 18 - Nomor 3.

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh, Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung: Alfabeta.

Nurhayati. 2018. Rancangan Model Pembelajaran Kelas Maya melalui Rumah Belajar sebagai Program Remedial. Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurul Arifa, Fieka. 2020. Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19, Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI Vol. XII, No. 7/I/Puslit.

Rahim, Abdan. 2014. Peran Madrasah Sebagai Pendidikan Islam Masa Kini. Studi Tradisi dan Perubahan. Jurnal At-Ta’dib UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Vol. 9, No. 2.

Rahma Putri, Vera. 2018. Memaksimalkan Kompetensi Guru Melalui Fitur Kelas Maya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Inovasi Pembelajaran Jaman Now. Jurnal International Conference on Education 2018 Teachers in the Digital Age, IAIN Batusangkar.

Rahman Assegaf, Abdur. 2007. Pendidikan Islam Di Indonesia. Yogyakarta: Suka Press.

Rahman, Bujang. 2014. Kemitraan Orang Tua Dengan Sekolah Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Progresif, Vol 4 No 2.

Setiawan, Yan. 2018. Pemanfaatan Kelas Maya Untuk Pembelajaran Daring. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) Pada Satuan Pendidikan, Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI. Jakarta 9 Maret 2020

Syaodih Sukmadinata, Nana. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

W. M. Barnard. 2004. Parent involvement in elementary school and educational attainment. Children and Youth Services Review, 26(1), 39–62. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2003.11.002

Yurianto, Ahmad. 2020. Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19).https://www.google.com/search?q=AHMAD+YURIANTO+PEDOMAN+PENCEGAHAN+COVID+19&oq=AHMAD+YURIANTO&aqs=chrome.0.69i59j69i57j46j0l5.5615j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/jii.v14i2.1188

Article Metrics

Abstract view : 9818 times
PDF - 5434 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by Jurnal Ilmiah Iqra' are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Iqra', ISSN 1693-5705 (Print), ISSN 2541-2108 (Online)